Beranda Affiliate Kelebihan dan Keuntungan Affiliate Amazon.com

Kelebihan dan Keuntungan Affiliate Amazon.com

Amazon.com adalah toko online terbesar di dunia yang menyediakan berbagai jenis produk, mulai dari buku, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, games, gadget, dan lain-lain. Toko online ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington, Amerika serikat. Selain Amerika ternyata Amazon store tersebar cukup luas ke seluruh dunia, seperti Italia, Jerman, Inggris, Canada, Spanyol, China, dan Jepang. Pihak Amazon.com memberikan kesempatan publisher yang memiliki website atau blog untuk mendapatkan penghasilan dari websitenya tersebut dengan menawarkan program affiliate (Associates Amazon), dan semua publisher di seluruh dunia bisa mengikuti program ini.

Untuk menjadi affiliate Amazon.com atau sebagai penjual produk-produk Amazon.com kita harus mendaftar terlebih dahulu (gratis), untuk pendaftarannya Anda bisa mengunjungi situs affiliate program Amazon.com. Komisi yang didapatkan oleh publisher setiap kali ada penjualan dari link affiliasinya adalah 4% – 8,5% dari total harga barang yang dijual, semakin banyak produk terjual maka persentase besaran komisi akan semakin banyak, lumayan bukan?

Ada beberapa keuntungan ikut dalam program affiliate Amazon.com, yaitu:

1. Amazon.com memiliki banyak sekali member yang sering berbelanja secara online, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari program affiliate Amazon.com sangat besar.

2. Produk yang dijual sangat banyak, kita sebagai publisher tidak akan kehabisan ide dalam memilih jenis produk yang mau dipromosikan karena pilihan produknya sangat banyak, boleh dibilang hampir semua produk dapat dibeli melalui Amazon.com.

3. Detail produk yang dijual juga sangat lengkap sehingga memudahkan kita untuk menganalisa produk mana saja yang paling laris dipasar dan produk mana yang mendapat rating kurang baik dari pembeli.

4. Amazon.com sangat dipercaya oleh customernya. Apabila barang yang dibeli rusak karena proses pengiriman atau tidak sesuai dengan deskripsi barang maka customer dapat melakukan return atau minta penggantian barang yang sama. Inilah yang membuat Amazon.com sangat dipercaya oleh customernya karena menyediakan jaminan 30 hari bagi pembeli.

5. Tidak ada biaya untuk bergabung dengan Amazon.com dan mereka tidak menerapkan sistem waralaba pada publishernya. Karena itu publisher tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mendaftar ataupun pencairan komisinya.

6. Customer dapat melakukan semua transaksi secara online, kapan saja dimana saja. Ini membuat potensi jumlah pembeli semakin banyak, dan komisi amazon pun semakin banyak :D

7. Publisher tidak perlu pusing dengan proses penyediaan dan pengiriman barang karena semuanya sudah dilakukan oleh pihak Amazon.com.

8. Publisher dapat memilih barang apa saja yang akan dipromosikan, dan pihak Amazon.com sudah menyediakan banner, link, widget, yang bisa membantu proses promosi yang dilakukan.

9. Amazon.com menyediakan laporan penjualan dengan lengkap disertai dengan komisi yang telah didapatkan oleh publishernya.

10. Kemungkinan terjadinya cross selling, ketika seorang customer masuk ke Amazon.com melalui link promosi di website kita dan tidak jadi membeli barang tersebut malah membeli barang lain, kita sebagai publihser tetap mendapatkan komisi sesuai dengan persentase dan harga barang yang dibeli.

Internet marketer Indonesia sangat banyak yang mengikuti program affiliasi Amazon.com dan tidak sedikit orang yang memiliki penghasilan yang lumayan besar.  Saya sendiri sudah menjadi publisher Amazon.com sejak tahun 2010 dan saya menerima komisi Amazon.com setiap bulannya walaupun jumlahnya tidak sebesar para master amazon.com yang lain hehehe :).

Pembayaran komisi dari Amazon.com bisa dikirim melalui Direct Payment, Cek, dan AGC (Amazon Gift Cards). Saya pribadi pernah menggunakan layanan pengiriman earning dengan cek, tapi proses nya sangat lama. Cek yang dikirim ke rumah saya dari Amerika ke Indonesia ternyata butuh waktu kurang lebih 1 bulan, dan proses pencairan cek itu sendiri memakan waktu 40 hari dan kena biaya $30 dari bank lokal untuk setiap ceknya huhuhu :(

Akhirnya saya menggunakan jasa Direct Deposit dari seorang teman yang berdomisili di Amerika Serikat. Proses pencairan earning Amazon saya arahkan ke rekening bank Amerika milik teman saya, lalu dia kemudian mengirimkan uang tersebut ke rekening bank lokal milik saya. Tentunya ada biaya, tapi biaya yang diberikan temen saya itu sangat murah dan proses pencairannya menjadi sangat mudah dan cepat. Anda tertarik bergabung dalam program affiliate Amazon.com? Silahkan mendaftar di situsnya affiliate-program.amazon.com.

82 KOMENTAR

  1. didin kurniadin

    saya udah hampir satu tahun lebih bergabung dan berbagai cara saya lakukan ko gak ada satupun produk yang saya tawarkan terjual itu gimana ya mas?
    mohon saran dan bantuannya :)

  2. love poems for her

    keren penjelasannya. semakin mengerti nih tentang dunia bisnis online sangat menarik gan.

  3. bagaimana dengan perbaindingan bisnis yang sejenis mungkin bisa memberikan komparasi atau perbandingan agar kita lebih jelas

  4. rianti solikhah

    sangat bagus reviewnya. bisa mengerti tentang amazon

  5. cara membuat logo

    produknya buat orang-orang bule doang apa ada buat broduk buat orang indo juga?

  6. akan saya coba pasang affiliate dari amazon mudah2an dapat penghasilan , yg jadi pertanyaan apa benar klo yg ikut affiliate kita di bayar?
    soal nya saya belum merasakan nya.. mksh

  7. Thx banget infonya
    tapi apa perlu nginstall yang lain-lain untuk masang di web?
    thx sebelumnya

    • Ya perlu, tergantung kebutuhan. Kalau pakai platform wordpress biasanya perlu instal plugins pendukung.

  8. saya sebelumnya sih mau daftar jadi associates tapi sayang masukkan pin nya susah banget….
    sebenernya saya sudah mencoba ketika robot amazon berhenti ngomong ane masukin tu pinnya tapi dia bilang not match padahal udah sesuai di layar.
    yang ke dua udah ane coba pake suara eh not match lagi..
    ane coba pake suara lagi lebih jelas….eh not match lagi
    udah pake berbagai macam jawaban suara ane akhiri tanda # eh not match lagi..
    walaupun di hold lagi ane jabanin nunggu 1 jam coba lagi teteeeeep aja sama…kwkwkwkwkw
    cape dehh amazoooon…..
    bisa kasih sarannya mas…trims

  9. Wah, sangat menjanjikan ya,..
    tapi, reviw produknya kayaknya harus dalam bahasa inggris…

    • Ada beberapa bahasa yang didukung oleh Amazon, diantaranya Bahasa Inggris (UK/US), Italia, Jepang, Jerman, Spanyol. Sayangnya belum ada Amazon Indonesia, pasti banyak yang akan tertarik bergabung :)

  10. sy sudah gabung lama tp belum pernah melaukan penarikan. baru $64 …
    bagaimana cara untuk menarik pembeli ke blok kita?

    • Melalui search engine, pasang iklan facebook, dan lain-lain. Banyak kog caranya :)

  11. emang kudu punya website ya gan? cz cara daftar jadi affiliate nya ada langkah2 mengisi “your profile website”

    kalau promo affiliate lewat youtube gitu emang gak bisa ya gan?

  12. Bused dah susah banget yah kalau ndak ada teman d luar negri nyairinnya harus gift card tapi susah lage hehe

  13. Terima kasih atas infonya.

    Saya sudah joint juga dg amazone. sudah ada beberapa US $ di account saya tapi belum bisa dicairkan. Habis jumlahnya belum cukup.

    Wah tapi kalau kena potongan 30 US $ itu ya repot juga.

    Bagaimana dg amazone gift card, bagaimana cara menggunakannya. Apakah kena potongan juga?

    • Saya pernah pakai cek, lama banget nyampe. Selama ini pake Direct Deposit. Kalau pakai AGC (amazon gift card) minimal $10, ga kena potongan. Biasanya AGC dijual ke orang yang mau belanja di amazon atau digunakan sendiri untuk berbelanja

  14. Pakai PayPal bisa ndak? untuk pembayarannya

    • @Ardiana Adjie: Amazon tidak menyediakan fasilitas pembayaran dengan paypal. Ada 3 opsi pembayaran: direct deposit, cek, dan Amazon gift card

  15. makasih mas tntg infonya,, saya sudah punya blog dan ikut program afiliansi amazon,, tapi sampai skarang blum ada barang yang laku,, alias belum bisa mendapatkan duit.. mhon kritiknya mas,, silahkan kunjungi blogsaya shoes-online1.blogspot.com

    makasih

  16. yandardi lesmana

    duh mas,, serasa semangatnya membara lagi nih :p
    mas ane mau tanya,, menurut mas selain visitor emang mau beli, apa ada hal lain yg bisa bikin visitor tertarik buat masuk ke web kita n beli produk yg ada di web kita,,
    soalnya ane dari dulu gapernah earning mas :(
    ane skarang lagi gabung di moreniche mas..
    makasih ya mas, sedikitnya ane aga menggebu lagi nih spiritnya :D

  17. Halo mas Maxmanroe, salam kenal. Saya baru saja daftar affiliate Amazon karena info Anda ini. Thanks ya. Tentu saja sama sekali belum dapat duit, tapi saya semangat mencobanya. Saya tempelkan saja banner Amazon ke blog saya…ya syukur2 ada yang membeli. hehe

    • Sama-sama mas Maryono,
      Tapi saya perhatikan blognya menggunakan bahasa Indonesia ya, sedangkan produk Amazon kebanyakan untuk orang luar negeri, Amerika, Kanada, Inggris, Italia, Jerman, Jepang.

      Sedangkan orang Indonesia sangat jarang yang berbelanja melalui Amazon, jadi menurut saya tidak efektif mas :)

      • pake web bahasa inggris??pake bahasa indonesia aja sussah merangkai kata mas, but..makasih mas infonya… ^_^

  18. waaahhhhh,,,, aku juga nii,,, belum pernah earning dari amazon.

    Sukses selalu aja buat om marikxon :)

  19. Bagaimana cara membuat artikel untuk jualan barang Amazon? Pake WP robot dan sebangsanya sekarang kena webspam warning dari Google. WP robot jadi sia-sia deh.

    • Biasanya mengacu pada produk desc di Amazon mas. Kalo jago bahasa Inggris tinggal di-rewrite aja. Tp kalau sulit ya nyewa jasa penulis konten bahasa Inggris. Wp-robot dan sejenisnya memang sudah sulit mas, gampang kena banned search engine hehehe.

  20. Kalo ga bisa direct payment ya coba pake cek aja mas hehehe. Kalo soal pencairan sih menurut saya ga sulit, yang sulit itu promosinya, gimana biar orang bule beli dari web affiliasi amazon.com punya kita :)

  21. Mungkin caranya yang salah mas Ori. Untuk web affiliate Amazon ga perlu trafik yang sangat banyak seperti web utk google adsense, yg penting adalah visitor yg memang mau beli :)

Tinggalkan Balasan