Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace Bagi Penjual Online

Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace Bagi Penjual Online

marketplace

Bagi pebisnis online yang berkecimpung dalam dunia juel beli, istilah marketplace tentu tidak asing lagi. Dalam bisnis #ecommerce, marketplace adalah salah satu tempat usaha dengan potensi yang sangat luar biasa. Tak ubahnya sebuah pasar di dunia nyata, marketplace menawarkan berbagai produk baik barang atau jasa dengan produsen yang berbeda-beda.

Keberadaan marketplace ini sangat dibutuhkan bagi pebisnis online untuk mendongkrak penjualan produk nya. Dengan menganalisa lebih jauh kelebihan dan kekurangan marketplace selanjutnya Anda bisa menentukan langkah yang tepat untuk bertarung dalam sebuah marketplace. Simak kelebihan dan kekurangan marketplace di bawah ini.

Kelebihan Marketplace

1. Tempat Berkumpulnya Pembeli

Sebagai pasar, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sana, demikian pula juga pasti banyak pembeli yang bersliweran. Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi penjual, karena tidak perlu repot – repot mendatangkan pengunjung atau calon konsumen. Tinggal memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan mereka dengan baik.

Artikel lain: Tips Cara Jualan di Marketplace, Mari Bersaing di Keramaian

2. Banyak Pedagang, Bisa Tukar Informasi

Selain pembeli, keberadaan pedagang yang banyak juga bisa Anda manfaatkan dengan saling sharing. Bina hubungan baik dengan masing – masing pedagang agar bisa berbagi tentang apapun berkait dengan bisnis. Baik hambatan, rintangan atau apapun itu yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

3. Rekening Bersama Untuk Keamanan

Biasanya dalam menjaga keamanan dalam bertransaksi online, pihak marketplace akan menyediakan rekening bersama. Rekening bersama sangat bermanfaat baik bagi pembeli maupun pedagang. Keadaan yang lebih terjamin bisa membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.

4. Promosi Gratis Dari marketplace

Biasanya marketplace menawarkan banyak promosi untuk klien mereka. Ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk lebih mengenalkan produk Anda ke konsumen. Lebih hemat karena promo dilakukan oleh pihak marketplace sendiri. Jadi jika Anda ingin memasuki sebuah marketplace, salah satu kriteria yang penting adalah seberapa besar promo yang dilakukan dari manajemen marketplace tersebut.

5. Banyaknya Produk yang Tersedia

Banyaknya produk yang tersedia bisa membuat konsumen semakin tertarik karena bisa memilih berbagai macam jenis produk. Sehingga bisa membuat konsumen menjadi semakin betah berbelanja dalam marketplace. Tentu saja menjadikan peluang produk Anda terjual semakin besar.

Kekurangan Marketplace

1. Persaingan Terbuka Antar Penjual

Persaingan antara masing – masing penjual yang ada dalam sebuah marketplace bisa sangat merugikan jika tidak Anda manage dengan baik. Saling menjatuhkan dan bahkan saling serang secara langsung bisa saja terjadi. Perselisihan ini akan merugikan penjual sendiri. Namun jika masing – masing penjual bisa bersaing dengan sehat, tentu yang paling diuntungkan adalah pembeli.

2. Iklan Dari Penjual Lain Sering Masuk

Dengan produk yang mungkin sama, iklan dari penjual yang tidak bertanggung jawab kadang sering masuk. Dan secara tidak langsung hal ini menjadi masalah bagi produk yang kita jual di marketplace. Tidak semuanya, namun kebanyakan penjual yang tak bertanggung jawab akan beriklan tanpa permisi. Dalama hal ini sebuah regulasi dari marketplace diharapkan perannya.

Tidak bisa dibiarkan saja ketika hal tersebut terjadi. Harus ada pihak yang bisa mengatur tentang bagaimana etika dalam beriklan di sebuah marketplace.

Baca juga: Mencermati Perbedaan Toko Online dan Marketplace

3. Keberlangsungan Website yang Tidak Terjamin

Karena marketplace bukan penjual atau pembeli yang mengatur, maka jaminan masa depan dari sebuah marketplace tidak bisa kita tentukan. Keberlangsungan sebuah situs pun juga di luar dari kuasa kita. Jadi ketika Anda akan masuk pada sebuah marketplace, pilih yang benar – benar terpercaya dan memiliki potensi besar ke depannya.

4. Fitur Searching Tidak Tertarget Pada Produk Kita Saja

Marketplace sebagai sebuah pasar bersama, tentu banyak penjual yang memiliki satu produk yang sama. Nah, dalam fitur searching yang ada dalam sebuah marketplace, tidaka akan mengarah pada produk kita saja namun produk yang sama dari penjual yang lain tentu akan muncul juga. Di sini jika produk kita tidak bisa bersaing dengan yang lain, maka tentu konsumen tidak akan pernah memilih produk kita. Karena konsumen akan diberi kebebasan memilih pada beberapa produk yang sama dari berbagai penjual.

1 KOMENTAR

  1. yang namanya bisnis baik itu penjaja barang atau penyedia jasa sekalipun pasti akan ada bentroknya.ibaratkan saja ” mangkok dengan sendok” meski serasi tetapi acap kali berbenturan juga. justru dengan adanya marketplace seperti ini kita telah banyak di bantu oleh perantara transaksi antara pembeli ataupun si empunya barang atau jasa.well positif thinking & faktor rezeki aja sih yang mempengaruhi semua ini….

Tinggalkan Balasan