Keindahan dan Khasiat Batu Akik Merah Delima, Antara Mitos dan Fakta

Keindahan dan Khasiat Batu Akik Merah Delima, Antara Mitos dan Fakta

Batu akik sebagai salah satu kekayaan asli negeri sendiri menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sosial budaya masyarakat tanah air. Dengan demam #batu akik yang hampir menjalar seantero nusantara, banyaknya pemakai batu akik sebenarnya seharusnya bukan hal yang luar biasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana regulasi yang jelas mengenai peraturan penambangan batu akik agar tidak merusak lingkungan sekitar.

Salah satu batu akik yang sejak dahulu sampai sekarang menjadi incaran para kolektor adalah batu akik merah delima. Bahkan bukan hanya kolektor saja yang ingin memiliki batu akik ini, mereka yang menyukai dunia mistis juga begitu menginginkannya. Lalu apa dan bagaimana khasiat atau keindahan sebenarnya yang diberikan oleh batu akik merah delima tersebut, simak penjelasan di bawah ini.

Asal Muasal Batu Akik Merah Delima

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa batu akik merah delima benar-benar menjadi magnet bagi penggila batu mulia. Namun tidak mudah untuk bisa mendapatkan batu yang asli. Batu akik merah delima dalam kisahnya memang sering dihubungkan dengan dunia mistis atau dunia gaib. Jadi, bukan sembarang orang bisa mendapatkannya atau memilikinya. Konon kabarnya, pada zaman dahulu untuk mendapatkan batu akik merah delima bukanlah hal yang mudah karena harus melewati beberapa ritual khusus.

Masyarakat zaman dulu, terutama masyarakat Jawa sebagian besar mempercayai bahwa batu akik merah delima adalah jelmaan dari bangsa jin atau gaib yang menjadi sebuah batu cincin. Dalam cerita yang berkembang di masyarakat, bahwa hanya orang dengan jiwa yang bersih yang bisa memiliki atau mendapatkan batu akik merah delima tersebut. Selain itu, batu jenis ini juga tidak bisa diperjualbelikan. Kalau dipindah tangankan, maka harus diberikan secara suka rela karena jika diperjualbelikan batu akik merah delima bisa hilang begitu saja.

Artikel lain: Mengenal Batu Akik Kalimaya (Black Opal), Kilau Indah Dari Banten

Ciri Batu Akik Merah Delima Asli

Ada beberapa ciri khusus dan ciri umum terkait dengan bagaimana menentukan atau mencari batu akik merah delima yang asli. Saat ini bahkan ada beberapa kalangan pecinta batu akik yang percaya bahwa jika ingin membeli ataupun memiliki batu akik merah delima jika si batu tersebut tidak menghendaki, maka hal itu tidak akan pernah terjadi.

Orang Jawa sering mengatakan bahwa ingin memiliki batu merah delima adalah “jodoh-jodohan”. Artinya jika memang orang tersebut berjodoh, meskipun tidak membeli maka batu akik merah delima pasti akan ditangannya.

Untuk ciri-ciri dasar batu akik merah delima, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin membelinya. Berikut ini diantaranya.

Ciri Umum / Dasar Batu Akik Merah Delima

  • Batu akik merah delima memiliki serat batu yang terlihat dari luar
  • Batu merah delima jika Anda pegang akan terasa berat
  • Apabila batu akik ini disentuh, maka lebih dingin bila dibandingkan dengan kaca atau bahan sintetis yang lain

Ciri Khusus Batu Akik Merah Delima

  • Batu akik ini umumnya memiliki ukuran yang tidak besar, kecil saja. Kurang lebih seukuran biji delima.
  • Memiliki warna merah yang jelas tanpa adanya gelembung atau kristalisasi di dalamnya.
  • Coba Anda masukkan ke dalam sebuah gelas dengan air, jika warna bisa berubah menjadi merah maka kemungkinan batu tersebut asli.
  • Batu akik merah delima konon kabarnya bisa menyala
  • Sedikit ekstrim untuk menguji khasiat kekebalannya, batu akik merah delima yang dimasukkan kdalam gelas air, lalu tembaklah gelas tersebut, jika gelas tersebut tidak pecah maka bisa dipastikan batu akik tersebut asli.
  • Bisa di cek dengan beberapa media untuk melakukan tes keasliannya, ada beberapa orang dengan keahlian khusus dan terpercaya bisa melakukan pengetesan.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Batu Akik Bacan, Si Cantik Dari Maluku Utara

Harga Batu Akik Merah Delima

Karena begitu sulitnya mendapatkan batu akik merah delima, maka harganyapun menjadi melambung tinggi. Batu akik merah delima yang benar-benar asli dan sudah melalui beberapa tes keaslian jika itu memang ada, harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Untuk saat ini, sangat sulit mendapatkan batu akik merah delima yang asli karena jika ada orang yang memiliki batu mulia tersebut, umumnya tidak bersedia menjualanya.

3 KOMENTAR

  1. Sepertinya penulis tdk pernah melihat apalagi memegang md..hanya sekedar ” katanya”….seluruh pencari md hanya omdo..bicara ratusan milyar bahkan trilyun…giliran test gak bw duit se sen pun…ada yg berani? Di adu jg boleh…bila minat sms ke 081355043338

  2. Tapi hati-hati dengan batu akik, dia bukan termasuk batu mulia seperti emas dan perak yang harganya terjaga. Tapi kalau batu akik harganya hanya mengikuti trend saja…karena sekarang permintaan sedang tinggi, jadinya harga naik, tapi nanti kalau sudah permintaan turun harganya juga turun, dan saya anggap kita tidak bisa investasi ke batu akik.

  3. Buset, cuman batu harganya sampe 2M. Ga kebayang deh. Kalo batu kerikil bisa segitu juga nggak yah, kebetulan aku jual batu kerikil nih di blogku :D

Tinggalkan Balasan