Keindahan Batu Biduri Bulan, Ini Jenis dan Khasiatnya

Keindahan-Batu-Biduri-Bulan

Beraneka ragamnya batu akik yang ada di Indonesia menuntut semua pengusaha maupun kolektor batu akik harus pandai-pandai memilih batu dengan kualitas yang bagus. Setiap #batu akik yang hadir selalu membawa kekhasan dengan kualitas yang berbeda-beda. Jenis dan khasiatnya pun juga sangat banyak dan hampir kesemuanya berbeda satu dengan yang lain.

Batu Biduri Bulan adalah salah satu jenis batu akik yang menjadi fenomena dengan ragam jenis yang bisa memikat para kolektor batu cincin. Batu Biduri Bulan atau di dunia internasional sering disebut dengan moonstones ini di Indonesia sudah dikenal sejak lama keindahannya. Biduri sendiri dalam artinya sering disebut sebagai batu mulia. Seperti batu mulia pada umumnya, batu biduri bulan asli dari alam membutuhkan waktu yang lama bahkan sampai ratusan tahun untuk terproduksi dengan hasil yang indah.

Kualitas Keindahan Batu Biduri Bulan

Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap batu akik maupun batu mulia tentu memiliki kualitas keindahannya masing – masing. Indikator yang digunakannya pun juga berbeda-beda, ada yang diukur dengan banyaknya warna yang terpancar, ada juga yang dilihat dari serat yang ada pada batu akik itu sendiri.

Demikian halnya dengan batu biduri bulan, dalam melihat kualitas keindahannya juga bisa diukur atau di lihat dari beberapa faktor. Di bawah ini adalah beberapa faktor untuk melihat seberapa indah sebuah batu biduri bulan:

#1. Keindahan batu biduri bulan bisa Anda lihat dari kebeningan dan kebersihan batu mulia tersebut. Misalnya bisa Anda terpakan pada batu permata jenis blue flash moonstone, jika batu tersebut tidak menampakkan serat atau kotoran meskipun dilihat dari loop 10x, maka tentu akan sangat menambah keindahan efek blue-nya.

#2. Kerapihan dan kuatnya pancaran Luster pada batu biduri bulan. Rapihnya garis sinar putih pada batu cincin jenis ini juga menjadi sebuah ukuran untuk menilai kualitas keindahannya. Ketajaman kilauan dari batu permata ini juga menjadi acuan untuk menilai keindahan dari sebuah batu biduri bulan. Pancaran kilau sinar putih yang rapi, bening dan bersihnya kristal menjadi nilai exclusive pada batu biduri bulan.

#3. Ukuran serta kerapihan potongan pada batu biduri bulan. Ukuran dengan takaran yang tepat bisa memperindah dan mempercantik batu biduri bulan. Selain itu faktor bentuk potongan yang tepat juga bisa menghasilkan sebuah keindahan yang maksimal dari batu biduri bulan.

Artikel lain: 6 Jenis Batu Akik Kecubung Yang Paling Diburu Kolektor Batu Mulia

Ini Jenis Batu Biduri Bulan

Secara garis besar, batu biduri bulan bisa digolongkan menjadi tiga jenis. Ada jenis batu biduri bulan polos, blue flash dan ada juga jenis cat eye. Perhatikan detail klasifikasinya di bawah ini:

1. Jenis Batu Biduri Bulan Polos

Batu biduri bulan polos bukan batu akik yang tidak memiliki warna, namun warna nya cenderung polos saja tanpa ada efek apapun. Biasanya, masyarakat sering menyebut batu biduri bulan polos ini padu batu biduri dengan kandungan warna bening seperti kaca, pada warna air beras, oranye, coklat dan abu-abu.

2. Jenis Batu Biduri Bulan Blue Flash

Biduri bulan jenis ini memiliki efek sinar berwarna biru yang ada di dalam batu akik tersebut. Keindahannya bisa disaksikan langsung oleh mata telanjang.




3. Jenis Batu Biduri Cat Eye

Sama-sama memiliki efek sinar seperti biduri bulan blue flash, namun biduri bulan cat eye efek sinar yang dihasilkan adalah seperti sebuah garis lurus ke bawah menyerupai mata seekor kucing.

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Batu Akik Asli, Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu

Khasiat Yg Dipercaya Pada Batu Biduri Bulan

Sejak jaman dahulu batu biduri bulan memang dianggap memiliki tuah magis yang kental. Bahkan di India, batu ini dianggap sebagai batu yang suci. Batu ini juga dipercayai sebagai lambang kebijaksanaan serta kasih sayang. Jadi bagi siapa saja yang memakainya bisa menjadi lebih bijaksana dan juga mudah disayangi oleh orang lain.

Lebih dari itu, ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa batu ini adalah batu ajaib sebagai batu mimpi. Sebagian masyarakat di suatu negara meyakini bahwa siapa saja yang memakai batu ini akan mimpi indah di dalam tidurnya.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud