Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Rekan Kerja, Perhatikan

Sebagai karyawan, Anda tentu harus mengerti beberapa hal negatif yang berpotensi mengganggu rekan kerja Anda yang lain. Jangan sampai perilaku Anda ini mencitrakan diri Anda sebagai seorang karyawan yang negatif.

Ada banyak kebiasaan negatif yang mungkin saja sepele, namun sangat mengganggu rekan kerja yang lain. Ketika kebiasaan negatif ini Anda biarkan, maka tentu saja akan memperburuk situasi kerja Anda dengan teman yang lain.

Dan, ujung-ujungnya tentu akan membuat Anda atau justru teman kerja Anda yang lain menjadi tidak nyaman dalam bekerja. Apa sajakah kebiasaan negatif itu, simak di bawah ini.

  1. Terlalu Bersikap Profesional



Sikap profesional tentu sangat dibutuhkan ketika bekerja, namun akan menjadi menyebalkan ketika Anda bersikap berlebihan. Cobalah jadi pribadi yang santai namun serius, sekedar bercanda sebelum memulai kerja di kantor tidak akan mempengaruhi kerja Anda.

Jangan menjadi orang yang terlalu kaku dalam menjalankan pekerjaan karena jika demikian, Anda akan menjadi orang yang menyebalkan di mata rekan kerja yang lain. Disiplin dan profesional dalam bekerja adalah tuntutan, namun ketika sudah berlebihan, itu menjadi sangat memuakkan.

Bekerja tanpa sedikitpun bersenda gurau dengan rekan kerja di kantor justru akan memperburuk hubungan Anda dengan rekan kerja yang lain yang pada akhirnya akan mengganggu kenyamanan rekan yang lain.

Artikel lain: 4 Tips Cerdas Menghadapi Atasan Bertempramen Tinggi

  1. Menjadi Pribadi yang Emosional

Mungkin sikap temperamental dan mudah emosi ini adalah sifat bawaan sejak lahir. Namun demikian Anda perlu juga memperbaiki diri sebisa mungkin agar menjadi orang yang tidak mudah emosi, apalagi ketika berada di kantor.

Sikap emosional bisa beragam, tidak hanya mudah marah, mudah menangis, terlalu mudah histeris juga termasuk sifat emosional. Coba bayangkan, jika Anda tiba-tiba histeris di tempat kerja hanya gara-gara membaca pesan dari orang lain. Bukankah itu sangat mengganggu bagi rekan kerja yang lain.

Untuk itu, mulai dari sekarang Anda harus bisa mengontrol diri Anda sendiri, ingatlah posisi Anda di kantor. Anda tidak sedang hidup sendiri di kantor, ada orang lain yang bisa saja terganggu dengan aktifitas Anda.

  1. Bermain Ponsel Setiap Waktu

Ingat, Anda sedang bekerja dan Anda dituntut untuk profesional dalam bekerja. Jadi, jangan hanya bermain ponsel saja ketika Anda sedang bekerja di kantor. Selain Anda tidak profesional, teman kerja Anda juga akan merasa terganggu dengan apa yang Anda lakukan.

Meskipun mungkin apa yang Anda lakukan tersebut tidak secara langsung mengganggu rekan kerja Anda yang lain. Apalagi jika Anda sedang berdiskusi atau membicarakan pekerjaan dengan tim kerja Anda, lalu Anda hanya memperhatikan ponsel Anda saja, tentu ini tidak etis.

Sebijaknya jika memang itu keperluan yang sangat mendesak untuk menggunakan ponsel, Anda minta maaf terlebih dahulu kepada teman bicara atau diskusi Anda untuk menggunakan ponsel.

  1. Keseringan Menggosip di Tempat Kerja

Sulit memang menghindari bergosip ketika beraktifitas di kantor. Namun setidaknya janganlah menjadi biang gosip atau terlalu sering bergosip.

Jangan sampai aktifitas gosip Anda akan mengganggu kinerja kalian di tempat kerja. Selain itu, gosip juga bisa mempengaruhi hubungan Anda dengan rekan kerja yang lain. Sedikit banyak tentu ini sangat buruk untuk komunikasi kerja antar teman yang lain.

Ketika komunikasi terganggu, maka kinerja Anda dalam tim kerja tentu akan menurun karena mungkin hanya hel sepele.

  1. Berlagak Menjadi Bos Atau Atasan

Ini buruk sekali, jangan sampai Anda berlaku selayaknya atasan atau bos. Karena kelakuan Anda ini pasti akan menimbulkan kebencian dari rekan kerja Anda yang lain.

Contoh kecil misalnya, Anda menyuruh atau memaksa teman kerja Anda untuk melakukan sesuatu, meskipun itu hal kecil. Anda sama sekali tidak memiliki hak untuk memerintah teman kerja Anda yang lain.

Tentu saja teman Anda akan membenci Anda atau justru melawan Anda ketika Anda perintah, karena Anda memang tidak memiliki hak untuk memerintah.

Artikel lain: Berkompetisi di Lingkungan Kerja Tanpa Berkonflik, Ini Caranya

  1. Selalu Menyalahkan Orang Lain

Meskipun mungkin sekali waktu teman Anda melakukan kesalahan, namun jangan selalu menyalahkan rekan kerja Anda. Sedikit-sedikit Anda menyalahkan, bahkan kesalahan yang bukan dilakukannya Anda timpakan kepadanya, itu tidak benar.

Ada baiknya jika rekan kerja Anda sedang melakukan kesalahan, Anda memberi tahu dan mengingatkan dengan cara yang lebih komunikatif. Ingat, mengingatkan tidak sama dengan menyalahkan, mengingatkan didasari dengan itikad baik, sedangkan menyalahakan sebaliknya, maka Anda perlu memahami hal itu.

Biasanya ketika Anda menyalahkan, bukan mengingatkan, akan berdampak pada buruknya komunikasi. Namun ketika Anda mengingatkan, maka komunikasi Anda dengan rekan kerja akan tetap bagus.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Dulu saya punya teman kerja yang lagaknya sepwrti atasan. Selalu mau ngatur orang lain, tapi saya liat ada sisi positif dati orang tersebut. Dia sangat tanggap, punya inisiatif membantu, dan punya ide bagus untuk penyelesaian masalah.

    Selalu ada plus minus dari seseorang sih menurut saya.

  2. Saya sering ngalaminya mas, terlebih yang sok jadi atasan, ngebentak dan slalu nyalahin saya, jadi depresi… tapi alhamdulillah sekarang udah berhenti sih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud