17+ Karakter Positif Orang Indonesia yang Semakin Luntur

Karakter Positif Orang Indonesia

Ada banyak karakter positif orang Indonesia yang selama ini menjadi kelebihannya. Sayangnya, belakangan ini saya melihat cukup banyak orang Indonesia yang sudah mulai kehilangan karakter positif itu, atau setidaknya mulai berkurang karena pengaruh dari luar.

Sebenarnya semua ras di dunia ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, khususnya orang Indonesia. Indonesia terdiri dari berbagai suku dan kepercayaan sehingga banyak sekali karakter positif yang sebenarnya melekat pada orang-orang kita sejak dulu.

Melalui artikel ini, saya ingin mengingatkan kembali beberapa karakter positif orang Indonesia yang menjadi kelebihannya sejak dulu.

Karakter Positif Orang Indonesia yang Mulai Luntur

1. Orang Indonesia itu Religius

Sejak dulu orang Indonesia dikenal dengan sikap dan perilaku yang patuh terhadap ajaran agama yang mereka anut. Dan rata-rata orang Indonesia di jaman dulu sangat toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan selalu hidup berdampingan dengan rukun antar sesama pemeluk agama yang berbeda.

Saat ini saya melihat karakter positif orang Indonesia yang satu ini sudah semakin samar. Memang semakin banyak orang yang ‘terlihat’ religius tapi lebih kepada rasa fanatisme terhadap agama saja. Dalam hal pelaksanaan ajaran agama, kita justru mengalami kemunduran.

2. Orang Indonesia itu Jujur

Bapak saya pernah bercerita bahwa orang-orang di jamannya dia adalah generasi terbaik dan paling jujur dalam hampir segala hal. Saya sempat mendebat hal itu karena tidak bisa dibuktikan dan tidak bisa jadi tolak ukur dengan orang-orang jaman sekarang karena sudah beda jaman.




Namun, melihat fakta bahwa aksi korupsi di Indonesia tidak ada habis-habisnya, mungkin pernyataan Bapak saya ada benarnya juga. Walaupun tidak sepenuhnya akurat karena tidak ada data empiris.

Saat ini kejujuran sudah menjadi sesuatu yang sangat mahal harganya, tapi bagi sebagian orang dianggap tidak berharga. Kalau emas dianggap berharga oleh semua orang dan harganya semakin mahal, bagi sebagian orang kejujuran di jaman now itu tidak berarti dan bisa ‘dibeli’ dengan harga diskon.

Artikel lain: Mencari Uang Online Dengan Menyebar Hoax dan Fitnah, Berminat?

3. Orang Indonesia Punya Sikap Toleransi

Poin ini masih sangat berhubungan dengan poin 1, kaitannya dengan agama. Dulu, pada umumnya orang Indonesia terkenal punya sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya.

Sekarang, sikap toleransi dan menghargai perbedaan ini terlihat semakin memudar. Jangankan berbeda agama dan suku, berbeda pendapat dan pandangan politik saja bisa menjadi pertengkaran sengit di masyarakat.

Saya melihat sikap toleransi yang dulu melekat pada orang-orang Indonesia sudah semakin terkikis oleh pengaruh paham dari luar.

4. Orang Indonesia itu Disiplin

Mungkin Anda merasa aneh dengan poin #4 ini, apa iya orang Indonesia disiplin? Dalam hal kedisiplinan, sebaiknya kita jangan membandingkan orang Indonesia jaman sekarang dengan orang Indonesia jaman dulu. Pasti beda jauh.




Dulu, pada umumnya orang Indonesia bertindak dan berperilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Jaman now, jangankan tertib pada peraturan, membuang sampah saja masih sembarangan.

5. Orang Indonesia itu Pekerja Keras

Orang jaman dulu harus berupaya sungguh-sungguh dalam menghadapi dan mengatasi hambatan hidup, baik itu dalam belajar maupun dalam bekerja. Walaupun tidak banyak yang bisa menjadi orang terkaya di Indonesia, tapi semua orang sukses di jaman now adalah hasil tempahan dan kerja keras di jaman old.

Walaupun saat ini masih banyak orang Indonesia memiliki karakter pekerja keras, tapi yang paling menonjol saya lihat di masyarakat adalah orang-orang yang mudah mengeluh dan suka berdemo. Alih-alih mau belajar dan bekerja keras menghadapi tantangan dan perubahan, sebagian besar orang Indonesia lebih memilih protes dan berdemo terus menerus.

6. Orang Indonesia itu Kreatif

Banyak orang Indonesia yang punya daya cipta dan gagasan yang luar biasa. Itulah sebabnya kita bisa melihat berbagai perubahan di negara tercinta ini, baik itu ke arah yang baik maupun ke arah yang tidak baik.

Saya mengakui bahwa sampai saat ini orang Indonesia itu masih memiliki kreativitas tinggi. Kita bisa melihat banyak anak muda jaman sekarang yang kreatif dalam memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk bisnis.

Karakter orang Indonesia yang satu ini mungkin tidak luntur, namun saya melihat masih perlu ditingkatkan agar bisa bersaing dengan negara lain.

7. Orang Indonesia itu Mandiri

Apa itu mandiri? Bukan Bank Mandiri ya, tapi sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas dan tanggungjawab.

Karakter positif orang Indonesia yang satu ini sepertinya sudah semakin luntur saat ini. Tidak hanya di jajaran pemerintahan, tapi juga ke masyarakat secara umum.

Contohnya bisa kita lihat dari situasi di Indonesia yang terkini dan masih fresh dimana seorang kepala daerah membutuhkan banyak sekali anggota tim untuk membantunya. Bahkan jumlahnya lebih banyak dari tim pembantu presiden. Ini menjadi indikasi bahwa seseorang tidak punya sikap mandiri dan tidak punya kapabilitas dalam pekerjaannya.

8. Orang Indonesia itu Demokratis

Pada umumnya orang Indonesia punya sikap demokratis, makanya kita sering melihat aksi demonstrasi di Indonesia. Kita tahu bahwa demonstrasi adalah salah satu bentuk nyata dari demokrasi itu sendiri.

Namun, tidak sedikit juga lho orang Indonesia yang menolak demokrasi. Seperti kita ketahui, beberapa waktu lalu pemerintah melarang sebuah organisasi politik. Banyak orang menganggap sikap pemerintah ini adalah bentuk pengekangan dalam kebebasan untuk berpendapat dan berkelompok yang juga merupakan cita-cita demokrasi itu sendiri.

Jika kita mau lebih teliti memperhatikan, ternyata organisasi yang dimaksud tersebut punya agenda ingin mengganti idiologi negara Indonesia. Inilah yang menjadi alasan pelarangan tersebut karena dianggap berbahaya.

Selain itu, organisasi politik tersebut juga menganggap bahwa sistem demokrasi adalah thagut. Jadi, tentu saja organisasi tersebut tidak cocok dengan Indonesia yang memang punya sikap demokratis.

9. Orang Indonesia itu Punya Rasa Ingin Tahu Besar

Pernah dengar pepatah “Rumput tetangga lebih hijau”? Ini salah satu bukti bahwa orang Indonesia itu terkenal dengan rasa ingin tahunya (bukan rasa ingin tempenya). Istilah kerennya KEPO, rata-rata orang Indonesia punya Kepo.

Mari kita melihat sisi positif dari kepo. Dengan kepo, sikap dan tindakan kita selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam tentang sesuatu yang dilihat, didengar, dan dipelajari.

Kalau dibilang luntur rasanya tidak ya, karena kepo adalah lifestyle bagi sebagian orang Indonesia. Mungkin lebih tepatnya orang Indonesia lebih sering kepo terhadap sesuatu yang kurang bermanfaat, misalnya kepo tentang gaji teman, kepo urusan rumah tangga orang lain, dan kepo lainnya.

10. Orang Indonesia itu Punya Semangat Kebangsaan

Apa itu semangat kebangsaan? Semangat kebangsaan adalah cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Kalau kita mau jujur pada diri sendiri, semangat kebangsaan pada diri orang-orang Indonesia saat ini sudah semakin luntur. Tak terhitung lagi banyaknya tindakan radikal di Indonesia karena mementingkan keinginan diri sendiri dan kelompok.

Jangan hanya menyalahkan Jonru, Denny Siregar, atau Permadi Arya, dengan segala opini dan ide-ide mereka yang menimbulkan riak dan perdebatan di media sosial. Pada dasarnya semua orang yang terlibat dalam perdebatan politik dan agama adalah mereka yang lebih mementingkan diri sendiri dan kelompoknya.

11. Orang Indonesia itu Cinta Tanah Air

Apa pengertian cinta tanah air? Cinta tanah air adalah cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Masih berhubungan dengan poin #10. Sebagian orang Indonesia sudah kehilangan rasa cinta tanah air dan lebih memilih untuk berdebat, berdemo, menyebar hoax, demi kepentingan kelompok mereka.

12. Menghargai Prestasi Orang Lain

Prestasi yang dihargai akan menciptakan pribadi yang memiliki rasa bangga dan mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan menghargai dan menghormati keberhasilan seseorang juga akan membuat orang lain termotivasi untuk berprestasi dan bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

Saya melihat, masyarakat Indonesia saat ini terlalu sibuk dengan urusan dan kepentingan sendiri sehingga terkesan tidak menghargai prestasi seseorang. Saya tidak perlu memberikan contoh sikap masyarakat Indonesia yang tidak lagi menghargai prestasi seseorang, kita bisa melihatnya dari berbagai berita di media mainstream dan media sosial.

13. Orang Indonesia itu Bersahabat dan Komunikatif

Pada dasarnya rata-rata orang Indonesia itu punya karakter bersahabat. Semua suku bangsa di Indonesia punya caranya sendiri dalam berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain. Namun pada umumnya orang Indonesia itu punya karakter friendly dan komunikatif.

Namun, jika Anda melihat berbagai peristiwa yang terjadi di DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu, maka Anda akan setuju dengan saya bahwa sebagian orang Indonesia itu sudah tidak bersahabat lagi. Penyampaian pendapat dengan cara kekerasan, teriakan, dan ancaman bunuh, bukan lagi hal yang baru.

Jadi, masihkah orang Indonesia bisa bersahabat dan komunikatif?

14. Orang Indonesia itu Cinta Damai

Apa pengertian cinta damai? Cinta damai adalah sikap, perkataan, dan perbuatan yang menyebabkan orang lain merasa aman dan nyaman atas kehadiran dirinya.

Kalau boleh saya berpendapat, sekarang ini banyak orang Indonesia yang sudah tidak cinta damai. Menurut saya cinta damai itu tidak hanya diucapkan dengan lantang, tapi juga harus dilakukan dengan tindakan nyata, walaupun dengan tindakan kecil.

Saya tanya Anda, jika ada orang yang bernyanyi dan berteriak ‘bunuh, bunuh, bunuh si Dodol, bunuh si Dodol sekarang juga’. Apakah itu tanda bahwa mereka cinta damai? Jawab dalam hati saja.

15. Orang Indonesia itu Gemar Membaca

Anda pasti pernah mendengar pepatah ‘Buku adalah jendela dunia’, artinya dengan membaca buku maka kita akan memiliki banyak pengetahuan. Dengan membaca berbagai bacaan, hal ini akan memberikan kebajikan pada diri seseorang.

Apakah Anda suka membaca buku atau artikel di berbagai situs online? Rata-rata orang Indonesia memang suka membaca, tapi sebagian orang hanya membaca saja tanpa berpikir dengan nalar yang baik.

Saya tidak heran kenapa banyak orang Indonesia yang sangat mudah percaya hoax. Mereka bisa membaca tulisan dengan baik, tapi tidak bisa menggunakan nalarnya sebagaimana mestinya.

16. Orang Indonesia itu Perduli Lingkungan

Apa pengertian perduli lingkungan? Perduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Menurut saya orang Indonesia belum bisa dibilang masyarakat yang perduli lingkungan selama para pendaki gunung masih membuang sampah sembarangan, selama masyarakat masih buang sampah di sungai/kali/pantai, selama masih ada pembakaran hutan, selama masih ada pabrik yang buang limbah di sungai, dan lainnya.

17. Orang Indonesia itu Perduli Sosial

Apa pengertian perduli sosial? Perduli sosial adalah sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. Perduli sosial itu tidak hanya di dalam negeri saja, tapi juga perduli pada masyarakat dunia yang mengalami kesusahan.

Sebagai contoh nyata, kita bisa melihat bentuk keperdulian sosial masyarakat Indonesia terhadap saudara-saudara kita yang masih berada di bawah garis kemiskinan di berbagai tempat. Bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana alam di wilayah lain juga merupakan bentuk kepedulian sosial melalui tindakan nyata.

Kita juga bisa melihat sikap perduli sosial yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan memberikan dukungan dan bantuan kepada negara lain, misalnya Palestina dan Rohingya yang mengalami kesusahan.

Jadi, pada dasarnya karakter positif orang Indonesia yang satu ini masih sangat terlihat hingga saat ini.

18. Orang Indonesia itu Bertanggungjawab

Apa itu bertanggungjawab? Bertanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara, dan Tuhan yang Maha Esa.

Karakter positif orang Indonesia yang satu ini rasanya hanya dimiliki sebagian orang saja. Masyarakat kita sangat sulit melakukan tanggungjawab meski untuk hal-hal yang sepele, misalnya membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok di tempat umum, dan lainnya.

Padahal tanggungjawab untuk hal-hal kecil tersebut bisa memberikan dampak yang besar lho.

Baca juga: Kami Orang Indonesia, Gaji Pas-Pasan Tapi Gaya Hidup Selangit & Kami Bangga

Di atas tadi adalah beberapa karakter positif orang Indonesia yang semakin luntur sekarang ini. Beruntung bagi Anda yang masih memilikinya, Anda bisa membuat Indonesia semakin baik dan berjaya melalui tindakan-tindakan kecil yang Anda lakukan.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Orang jaman now itu berubah karena perkembangan zaman yang berisi teknologi” yang semakin maju makanya kita harus pandai” membagi waktu kita untuk beraktifitas dan berisitirahat bila sudah waktunya

  2. yang paling nampak adalah kepedulian sosial, kejujuran, dan toleransi…

  3. Nice blog and inspiratif. saya kenal site ini dari mastimon, dan ternyata setelah saya baca baca site ini sangat menarik mas, apakah ini di kerjakan team atau individual

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud