Kandadinda Souvenir ~ Bisnis Aneka Souvenir Unik Khas Yogyakarta

kandadinda souvenir

Souvenir adalah sebuah produk yang akan selalu dicari konsumen untuk melengkapi acara yang digelarnya. Besarnya permintaan pasar dari usaha ini membuat bisnis pembuatan souvenir memiliki peluang yang cerah dan cemerlang. Apalagi jika Anda memang memiliki kreativitas dan hobi membuat aneka kerajinan. Sudah pasti modal dasar Anda menjalankan usaha souvenir ini akan semakin kuat.

Salah satu pelaku bisnis souvenir yang telah sukses menjalankan usahanya adalah Yulia Mustika Anissawati dengan produknya bernama Kandadinda Souvenir. Lalu seperti apakah bisnis souvenir milik wanita 31 tahun yang kini telah beromzet Rp 50 juta per bulan ini? Berikut ulasannya.

Inspirasi dan Awal Usaha

Inspirasi Yulia untuk menjalankan usaha souvenir ini berasal dari kebiasaannya membantu sahabat-sahabatnya yang berada di luar daerah untuk mendapatkan souvenir pernikahan berupa kerajinan khas jogja. Dari sinilah ia melihat bahwa souvenir pernikahan ini memiliki prospek yang menguntungkan jika ia bisniskan.

Maka pada tahun 2009, Yulia mulai tergerak untuk memanfaatkan kebiasan tersebut menjadi sebuah peluang usaha. Dengan modal awal sekitar Rp 500.000 Yulia mulai menjalankan Kandadinda Souvenir.

Artikel lain: Crayon’s Craft and Co, Bisnis Kreativitas Kerajinan Tangan Replika dan Miniatur

Jalankan Kandadinda Souvenir Dengan Sistem Online

Meski pada awal usahanya Yulia tidak mempunyai showroom yang layak, namun dukungan teman-temannya, Yulia menjalankan usahanya dengan penuh semangat dan percaya diri. Dengan sample produk yang dimilikinya, Yulia menjalankan Kandadinda Souvenir dengan #pemasaran online. Pada awal-awal usaha, wanita 31 tahun ini harus berjuang ekstra keras karena ia harus membagi waktunya dengan pekerjaannya di salah satu perusahaan swasta di Yogya.

Melihat perkembangan usaha souvenirnya yang lumayan menguntungkan, pada tahun 2010 Yulia memutuskan untuk resign dari perusahaan untuk serius mengelola Kandadinda. Dengan bekal ilmu dari teman-teman bisnis serta kegiatan seminar bisnis yang sering ia datangi, Yulia pun mulai mengembangkan bisnisnya tidak hanya pada souvenir pernikahan, namun juga melayani produk kebutuhan ulang tahun, acara aqiqah, 7 bulanan, hingga peringatan 1.000 hari kematian.

Hambatan Usaha

Dalam merintis dan membangun Kandadinda, Yulia tak mengelak bahwa ia juga menemui beberapa kendala, hambatan dan rintangan.  Beberapa kendala yang dialami Yulia dalam menjalankan Kandadinda itu antara lain mundurnya waktu jadi barang pesenan dikarenakan suatu hal, atau bisa juga mundurnya kedatangan barang dari agen pengiriman. Namun dengan teknik komunikasi yang baik dan pikiran positif yang dijalankan Yulia, semua kendala dan hambatan dapat diselesaikan dengan baik.

Perkembangan Kandadinda Souvenir

Setelah 5 tahun berjalan, bisnis Yulia di bawah Kandadinda Souvenir sudah merambah layanan usaha lain seperti pemesanan souvenir pernikahan namun juga mulai mengerjakan pesanan undangan pernikahan serta jasa pembuatan mahar uang. Selain perluasan usaha, Kandadinda Souvenir saat ini juga melayani customer dari Sabang sampai Merauke. Dalam menjalankan Kandadinda sekarang Yulia telah dibantu oleh 3 orang karyawan office, 4 orang tenaga produksi, serta 6 orang pekerja freelance yang merupakan ibu-ibu rumah tangga.

Orderan atau permintaan pesanan pada produk Kandadinda sendiri kini telah menjangkau customer di seluruh wilayah Indonesia dan juga pasar luar negeri seperti Malaysia dan Brunei Darusslaam dalam beberapa kali orderan. Dengan tiga buah usaha yang dijalankan Yulia di bawah bendera Kandadinda Souvenir saat ini bisnis Yulia tersebut telah berkembang dengan mendatangkan omzet hingga Rp 50 juta dalam sebulan.




Baca juga: Arshend Leather ~ Gelang Kulit Asli Indonesia Yang Telah Mendunia

Rencana Kedepan

Meski telah sukses, Yulia masih ingin terus mengembangkan Kandadinda dan bisnisnya. Perluasan usaha yang sedang direncanakan ke depan oleh Yulia sendiri nantinya adalah one stop wedding shop atau wedding organizer.

Untuk bisnis tersebut, Yulia coba akan mengawalinya terlebih dahulu dengan membuka cabang di kota Yogyakarta. Saat ini Kandadinda sendiri telah menjalankan program reseller, jadi para pelaku bisnis yang ingin bekerjasama dengan kami bisa melakukan kerjasama dengan menjadi agen #reseller kami.

Menurut Yulia, kunci terpenting dan yang menjadikannya sukses dalam menjalankan Kandadinda adalah tekun dan telaten dalam menjalani usaha, bertanggung jawab terhadap segala resiko bisnis, tidak mudah menyerah, bekerja keras dan bekerja cerdas. Serta yang paling utama adalah menjadi pelaku bisnis yang amanah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud