Kampung Durian ~ Manis Legit Keuntungan Bisnis Kuliner Olahan Durian

kampung durian

Image dari Kampungdurian.com

Buah durian memang telah menjadi salah satu ikon yang mendunia dari negara Indonesia. Bagaimana tidak, buah yang mungkin untuk sebagian orang terkesan sangat aneh bahkan tak sedap dimakan tersebut, nyatanya mempunyai penggila yang sangat antusias dari seluruh kalangan utamanya di Indonesia. Inilah yang juga mengundang banyak orang untuk terjun menekuni bisnis olahan kuliner durian.

Mulai diolah sebagai campuran minuman, hingga bahan baku untuk pembuatan kue basah, semua bisa dilakukan dengan menggunakan daging durian. Memanfaatkan peluang untuk berbisnis olahan durian salah satunya juga telah dikecap oleh seorang pengusaha asal Medan bernama Subakti. Pria yang sebelumnya telah mempunyai usaha di bidang MLM dan kursus komputer ini akhirnya banting setir setelah melihat besarnya peluang untuk berbisnis olahan durian.

Mengangkat nama brand Kampung Durian, berikut ini ulasan lengkapnya.

Awal Mula Berdirinya Bisnis Kampung Durian

Pada awalnya Subakti memang tidak langsung menekuni dunia olah kuliner sebagai mata pencahariannya. Kala itu dirinya sudah mempunyai basis bisnis yang cukup berjalan dengan baik yakni di bidang MLM serta kursus dan service komputer. Bisnis yang telah dijalankan selama 7 tahun tersebut, akhirnya dia hentikan dengan beberapa alasan. Menurut keterangan dari ayah dua anak ini, ia meninggalkan bisnis yang telah Ia geluti selama bertahun-tahun karena alasan keyakinan. Dan yang kedua tentu karena melihat besarnya potensi dari buah durian yang memang sudah banyak diolah sebagai bahan dasar produk kuliner.

Ketika pindah ke Medan, tepatnya di wilayah Deli Serdang, Subakti mulai mencoba untuk menggali potensi lokal yang bisa dimanfaatkan menjadi ladang bisnis. Karena melihat kota Medan memang khas dengan produk buah duriannya, akhirnya Subakti juga kepincut untuk menekuni pengolahan buah berduri yang satu ini.




Artikel lain: Uno Ice Cream ~ Bisnis Suskes Es Krim Durian Asli dengan Filosofi Kekeluargaan dan Silaturahmi

Bermula dengan modal hasil penjualan semua asset dari bisnis yang terdahulu, Subakti mulai mengembangkan bisnis pengolahan durian dengan fokus produk yakni pancake durian dan produk durian beku. Berlabel nama Kampung Durian, padat awal bulan Januari 2015, tamatan SMK jurusan teknik otomotif ini resmi mulai menjalankan bisnisnya.

Produk yang Ditawarkan Kampung Durian

Setelah mengembangkan beberapa menu yang akan dijual, akhirnya Subekti menetapkan produk pancake durian dan juga durian segar yang dikemas dalam kondisi beku sebagai produk utama. Untuk pancake durian sendiri, Kampung Durian menyajikan produk pancake durian yang mengutamakan kualitas isi durian itu sendiri dan juga ketahanan produk. Rasa durian Medan yang khas dipadu dengan lembutnya kulit pancake, membuat produk Kampung Durian mempunyai banyak penggemar bahkan hingga ke seluruh Indonesia.

Tidak hanya pancake durian yang menjadi produk andalan, kampung Durian juga menjual produk daging durian segar yang dikemas dalam kondisi beku. Daging durian segar ini banyak dipesan untuk pengolahan lanjutan produk kuliner lain, mulai dari minuman, roti, masakan hingga beragam kuliner lain. Selain itu selain 2 produk di atas, ada juga durian kupas dan keripik durian.

Perkembangan Bisnis Kampung Durian

Setelah pertama-tama mengembangkan produk secara manual, menjual dari satu orang ke orang lain, akhirnya produk dari Kampung Durian bisa dikenal tidak hanya di kawasan lokal Medan namun hingga ke beberapa kota di Sumatera. Inilah awal perkembangan bisnis Kampung Durian yang kini telah mempunyai jaringan supplier dan #reseller di seluruh Indonesia.




Keputusan untuk membuka program reseller memang menjadi salah satu batu loncatan penting bagi Subakti sebagai pemilik dan pengembang Kampung Durian. Konsep reseller sendiri bisa di jalankan tidak hanya bagi mereka yang mempunyai bisnis berbasis kuliner, namun juga yang baru ingin mencoba #bisnis kuliner. Hingga saat ini sudah tak kurang dari 70 reseller bergabung dengan Kampung Durian yang berasal dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Franchise Sop Durian Durio – Manisnya Bisnis Kuliner Buah Khas Indonesia

Menghadapi Masalah Bisnis

Meski sudah terbilang berjalan cukup lancar dengan bisnis yang dikelolanya, nyatanya Subakti tidak bisa terlepas dari yang namanya masalah bisnis. Menurutnya salah satu masalah terbesar yang harus dihadapi dalam pengelolaan bisnis produk durian ini adalah masalah penyediaan bahan baku.

Durian yang merupakan buah musiman, tentu tidak bisa di jamin ketersediaannya sepanjang tahun. Untuk menghadapi masalah tersebut, Kampung Durian selalu melakukan proses stok agar bahan baku durian bisa terjaga. Meski begitu, untuk masalah harga tetap fluktuatif tergantung dengan kondisi harga durian di pasaran.

Dibantu dengan 9 orang karyawan, Kampung Durian sudah bisa memproduksi tak kurang dari 200 box pancake durian yang siap di antarkan ke seluruh Indonesia. Dari hasil tersebut, omset yang berhasil di raup oleh pengembang Kampung Durian bisa mencapai Rp300 juta perbulan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud