Kabar Gembira! Bandung Teknopolis Sediakan Kantor Gratis Bagi Startup Lokal

Image dari Centrotech.co

Image dari Centrotech.co

Setelah lama saya tak terdengar kabar tentang Bandung Teknolopolis, kini muncul kabar menggembirakan bagi para startup terkait proyek besar di daerah Gedebage tersebut. Pada hari Rabu (8 Juli 2015) kemarin, wali kota Bandung Ridwan Kamil yang juga sekaligus sebagai pencetus dan sukseskor Bandung Teknopolis menyatakan bahwa Bandung Teknolopis akan memberikan kontrak gratis bagi para #startup yang mau berkantor di sana. Ini tentu kabar yang sangat menggembirakan bagi para startup yang mau serius menjalankan bisnis berbasis teknologi.

Untuk mewujudkan Bandung Teknopolis, Pemerintah Kota Bandung dikabarkan membutuhkan biaya fantastis hingga mencapai 100 triliun dengan waktu pengerjaan sampai 10 tahun. Selain mengandalkan APBD, pemkot juga melibatkan delapan pengembang swasta untuk mewujudkan megaproyek tersebut. Lalu seperti apakah kabar program kantor gratis di Bandung Teknopolis ini? Berikut ulasannya.

Menilik Konsep Bandung Teknopolis

Bandung Teknopolis adalah sebuah wilayah modern baru yang memiliki konsep di mana tempat kerja, tempat tinggal dan tempat rekreasi berada dalam satu area. Berada di daerah Gedebage, Bandung Timur, keberadaan Bandung Teknopolis yang merupakan gagasan Sang wali kota Ridwan Kamil akan dipresentasikan sebagai daerah layaknya Silicon Valley di Amerika Serikat yang kental dengan aktivitas teknologi.

Proyek yang masih berjalan dan dikelola oleh delapan stakeholder ini, nantinya akan berwujud beberapa zona seperti pusat riset, zona startup, serta kantor-kantor yang melengkapi standar kota mandiri, seperti hunian, pusat komersial, dll.

Meski terkesan kental dengan suasana kota, Bandung Teknopolis juga akan dijadikan kawasan lingkungan hidup yang asri dan nyaman. Selain pepohonan yang rindang, rencananya di sana akan ada dua danau besar dengan luas masing-masing mencapai 30 Hektare untuk pencegahan banjir dan persediaan air minum, khususnya di wilayah Bandung timur.




Artikel lain: 11 Investor Potensial Bagi Startup Teknologi di Indonesia

Bagaimana dengan peruntukan atau penggunaan Bandung teknopolis sendiri? Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung menyatakan bahwa salah satu tujuan didirikannya Bandung Teknopolis adalah untuk mengembangkan ekosistem perusahaan rintisan digital (startup). Di sana nantinya akan dibangun Sebuah gedung khusus untuk area perkantoran startup yang modern dan canggih.

Gratis Selama Tiga tahun

Untuk para pengembang startup sendiri, Ridwan menjanjikan kontrak gratis selama tiga tahun saat proyek Bandung Teknlopolis ini telah rampung nanti. Menurut Ridwan, para pengembang startup yang umumnya kaum muda ini memang harus diberikan kemudahan dan ruang yang luas untuk mengembangkan gagasan teknologi kreatifnya melalui startup.

Dengan kemudahan dan keleluasaan ini Ridwan berharap bahwa pengembang startup bisa bekerja dengan serius dan maksimal sehingga menciptakan #teknologi yang berguna dan bermanfaat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. “Kreativitas dan inovasi anak muda memang harus didukung penuh untuk tahap awalan, nantinya setelah menuai untung, baru akan kita perlakukan layaknya bisnis, ” tambah Ridwan.

Siapkan Akses Menuju Bandung Teknopolis

Untuk menunjang keefektivitasan Bandung Teknopolis yang direncanakan mulai beroperasi tahun depan, rencananya di sana akan dilengkapi dengan berbagai akses. Salah satu akses tersebut adalah tol dari Jakarta yang menuju langsung ke Bandung Teknolopolis yang akan segera dibuka.




Selain itu, akses kereta cepat dari stasiun Cawang, Jakarta, ke stasiun di Teknopolis juga tengah dipersiapkan. Nantinya dengan kereta super cepat itu, penumpang akan bisa sampai di Silicon Valley khas Indonesia ini dengan waktu hanya 30 menit.

Kawasan Berbasis Teknologi yang Humanis

Dalam proyek yang menempati lahan seluas 800 hektar tersebut, Ridwan menyatakan bahwa Bandung Teknopolis akan dijadikan sebagai kawasan berbasis teknologi yang kondusif dan humanis untuk berbisnis, bermain, nongkrong dan belajar. Kawasan yang ditujukan untuk pengembangan perusahaan digital ini diharapkan akan menjadi tempat yang nyaman bagi semua kategori industri digital dari perusahan kecil (startup) hingga perusahaan digital yang telah mencapai kejayaannya.

Baca juga: Mendirikan Startup Teknologi Ala Silicon Valley

Mereka antara startup dan industri digital besar diharapkan bisa berkolaborasi di kawasan Bandung teknopolis ini. Nantinya di Bandung Teknolopolis anak-anak muda bisa membuat perjanjian dengan investor di kafe.

Asyik dan serunya kehidupan di Bandung teknopolis ini memang sudah dikonsepkan oleh perancang Bandung Teknopolis yang akan menjadikan kawasan semua industri teknologi lokal maupaun internasional berkumpul menjadi satu.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Bandung emang keren dan kreatif..

  2. Wah keren banget nih kalau bisa terlaksana. Tapi proyek semacam ini banyak pro kontranya apalagi terkait isu lingkungan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud