Jualo ~ Sesumbar Kalahkan OLX, Inilah Strategi yang Bakal Diusungnya

ecommerce Jualo

Image dari Jualo.com

Jika Anda selama ini mengenal OLX sebagai situs #ecommerce jual beli barang bekas, kini Anda memiliki pilihan lain untuk membeli barang bekas. Pasalnya saat ini ada marketplace bernama Jualo yang menyediakan dan memperjualbelikan aneka barang bekas.

Sebenarnya situs Jualo ini sudah ada sejak Januari 2014. Namun sejak situs jual beli barang bekas yang baru ini mendapatkan pendanaan seri A dari NSI Ventures, Jualo mulai makin dikenal dan percaya diri untuk bisa menguasai pasar Indonesia. Bahkan kepercayaan diri Jualo ini telah mentarget pencapaian untuk bisa menyusul pesaingnya yaitu OLX dalam waktu 18 bulan.

Lalu seperti apakah pendanaan yang didapat ecommerce Jualo sehingga kemudian membuat berani menantang OLX? Dan bagaimana strategi Julao untuk menghadapi OLX ini? Berikut ulasannya.

Pendanaan dari NSI Ventures untuk Jualo

Sebelum memperoleh pendanaan ini Jualo sendiri telah mencatatkan statistik yang baik dan efektif. Sebab tanpa pengeluaran yang signifikan, pihak Jualo telah mampu mendatangkan lebih dari 2.000.000 user aktif tiap bulan, dan lebih dari 500.000 iklan aktif. Jumlah penjual di Jualo sendiri telah mencapai 500 ribu penjual.

Pada Senin (25/1/2016) kemarin Jualo makin percaya diri untuk menapaki bisnisnya karena mereka telah mendapatkan pendanaan dari NSI Ventures. Investasi multi juta dollar ini nantinya menurut founder Jualo yaitu Chaim Fetter akan digunakan untuk memperluas bisnis, merekrut sumber daya manusia atau staf, meningkatkan kepuasan pelanggan serta mendorong Jualo ke posisi utama di bidangnya. Saking percaya dirinya Julao bahkan berani menarget bisa menyaingi dan sekaligus melewati pesaingnya OLX dalam waktu 18 bulan ke depan.




Artikel lain: The Brand Buffet ~ Marketplace Barang Bekas Dengan Kualitas Premium

Strategi Jualo untuk Pikat Pengunjung

Berbeda dengan pesaingnya OLX yang hanya memfokuskan diri pada barang bekas, Jualo juga memperbolehkan penggunanya untuk menjual barang baru. Namun porsi barang baru sendiri hanya sekitar 10 persen dari total produk yang mereka tawarkan yang selebihnya adalah barang bekas. Meski demikian strategi pertama dari Jualo ini dianggap dan diyakini akan mampu untuk memikat para pengunjung dan menantang OLX.

Selain itu Julao juga memiliki strategi lain yaitu fitur mengamankan transaksi. Dengan adanya fitur ini maka para penggunanya akan terjaga dan terlindungi dari berbagai penipuan. Beberapa fitur pengamanan transaksi yang dimiliki Jualo adalah Geo Search, Escrow (rekening bersama), Seller Verification dan Resolution Center.

Andalkan Fitur Keamanan Transaksi

Fitur Geo search sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari barang sesuai dengan lokasi terdekat dari posisinya saat ini. Untuk lebih mengamankan transaksi, maka fitur Geo Search ini juga didukung dengan fitur Escrow (rekening bersama).

Seperti kita tahu rekening bersama (rekber) telah menjadi senjata ampuh bagi para pemilik ecommerce untuk mengamankan uang pembeli. Jadi sebelum barang benar-benar diterima pembeli, uang yang disetor ke #marketplace tidak akan ditransfer ke penjual.




Tak hanya sekedar mengamankan uang pembeli, konsumen di sini juga bisa melakukan komplain dengan fitur resolution center jika barang yang diterima ada kerusakan, cacat, atau tidak sesuai dengan deskripsi yang ada. Dalam waktu maksimal tiga hari, konsumen bisa melakukan klaim dan komplain pada Jualo. Dengan fitur ini maka uang bisa kembali dan barangnya dikirim balik ke penjual.

Terakhir, fitur keamanan transaksi dalam Jualo adalah fitur seller verification. Dengan adanya fitur ini maka penjual yang akan mendaftar di Jualo diharuskan untuk mengupload KTP dan NPWP. Setelah di verifikasi, maka penjual bisa menjadi penjual dengan status terverikasi yang akan mendapat kepercayaan dari konsumen. Dari status penjual terverfikasi ini akhirnya penjual juga akan merasa aman untuk membeli produk-produk dari seorang penjual.

Baca juga: EcoCash ~ Mudahnya Menyulap Barang Elektronik Bekas Menjadi Uang

Produk Terlaris di Ecommerce Jualo

Di antara beragam barang bekas yang dijual saat ini properti menjadi kategori produk yang paling laris. Setelah properti ada produk mobil, handphone dan fashion yang juga populer dan menjadi favorit pembeli. Pembeli yang ada sendiri umumnya berusia 30 ke atas.

Di Jualo tak hanya metode jual beli yang bisa dilakukan, namun metode barter juga cukup menjadi favorit di kalangan pengguna usia muda. Dari metode barter ini, produk handphone menjadi produk terpopuler yang dilakukan kalangan muda.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Selamat siang min,
    bagaimana caranya agar kami bisa diliput oleh maxmanroe atau bisakah kami mengirim press release ke maxmanroe? Terima kasih

    • Kirim brief bisnisnya ke email saja pak

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud