John McAfee ~ Programmer dan Penemu Antivirus Komputer McAfee yang Kontroversial

John McAfee

Sebagai seorang programmer, dunia komputer dengan segala lika-likunya seharusnya menjadi hal yang sangat wajib ditekuni sebagai aktivitas sehari-hari.

Namun hal ini tidak berlaku bagi John McAfee. Penemu dan pendiri antivirus McAfee yang terkenal ini memiliki perilaku di luar kebiasaan para programmer. Pria kelahiran Inggris 69 tahun yang lalu ini adalah sosok eksentrik yang hidupnya penuh dengan kontroversial diluar profesinya sebagai programmer.

Penampilannya yang lebih bisa dikenali sebagai rocker ini sangat sering berurusan dengan pihak berwajib dan hukum. Bagaimana tidak beberapa kasus seperti kasus narkotika hingga tersangkut kasus pembunuhan pernah dituduhkan padanya. Lalu seperti apakah kehidupan miliarder tamatan jurusan matematika serta doktoral di Roanoke College ini? Berikut ulasannya.

Jejak Karir John McAfee

Sebelum mendirikan bisnisnya, John McAfee sempat bekerja dibeberapa instansi dan perusahaan. Seperti misalnya menjadi programmer di NASA pada tahun 1968-1970 dan Unaic dengan bekerja sebagai desainer perangkat lunak. Setelah bekerja di dua instansi itu, John kemudian berkerja di Xerox sebagai arsitek sistem operasi .

Pada tahun 1978 Jon McAfee juga sempat bergabung dengan Computer Sciences Corporation sebagai konsultan perangkat lunak. Setelah itu karirnya semakin cemerlang saat dirinya bergabung di perusahaan dirgantara asal AS Lockheed sebagai desainer perangkat lunak.




Artikel lain: Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware, dan Worm

Tertarik Membuat Penangkal Virus

Ketika bekerja di Lockheed inilah John menemui ketertarikannya untuk membuat #sofware penangkal virus. Saat itu John menerima sebuah salinan virus komputer bernama Pakistani Brain atau (c) Brain yang merupakan sebuah boot virus yang menyerang sistem File Allocation Table DOS.

Virus berbahaya yang muncul pada tahun 1986 ini diketahui dibuat oleh Basid dan Amjad Farooq Alvi. Dari adanya virus inilah John McAfee kemudian terdorong untuk membuat software #antivirus yang bisa menangkalnya.

Mendirikan Perusahaan McAfee Associates

Saat John berhasil menciptakan software itu, ia kemudian mendirikan perusahaan yang diberi nama McAfee Associates pada tahun 1987. Perusahaan yang didirikan John saat itu cukup populer karena menjadi pionir dalam pendistribusian piranti lunak antivirus dengan menggunakan model bisnis shareware. Karena ingin berkonsentrasi membesarkan McAfee Associates, maka para tahun 1989, John memutuskan untuk keluar dari Lockheed.

Setelah keluar dari Lockheed, John fokus membesarkan McAfee Associates. Dan hasilnya tak sia-sia, pada tahun 1990-an, perusahaan John sukses menjadi industri antivirus yang bernilai miliaran dolar per tahun. Perusahaan McAfee sendiri mencapai masa kejayaannya pada tahun 1992.




Namun sayang pada tahun 1994, McAfee mengundurkan diri dan menjual semua saham miliknya. Dan akhirnya McAfee Associates pun dimerger dengan perusahaan Network General sebagai pemilik barunya.

Kehidupan Yang Nyentrik dan Penuh Kontroversi

Meski tercatat sebagai seorang miliarder, John dikenal sebagai pribadi yang nyentrik dan penuh dengan kontroversial.

Saat para miliarder memilih hidup mewah di perkotaan, maka John lebih memilih untuk tinggal di suatu pedalaman Belize, sebuah negara di Kepulauan Karibia. Dengan senjata yang dimilikinya, ia seringkali terlihat keluar masuk hutan tanpa tujuan yang jelas. Selain kehidupan yang berbeda, John juga dikenal sebagai pribadi yang penuh kontroversi.

John seringkali berurusan dengan hukum, misalkan saat rumahnya di Belize digerebek polisi atas tuduhan pembuatan obat terlarang. Pada November 2012 lalu, John menjadi buronan polisi atas tuduhan pembunuhan yang menewaskan ekspatriat Amerika Serikat bernama Gegrory Faull yang merupakan tetangganya sendiri. Selain kasus narkotika dan pembunuhan, penemu antivirus ini juga diketahui melakukan praktek menyimpang seperti ‘ibadah’ pagan atau memuja berhala serta memelihara kultur seks menyimpang di perusahaannya.

Baca juga: Gordon Moore, Merajai Teknologi Dunia Lewat Intel Corp

Film Tentang John McAfee

Kehidupan John yang nyentrik dan penuh kontroversi ini teryata menarik minat perusahaan film Warner Bros untuk membuat film tentang John McAfee. Menurut Warner Bros, John sebagai pendiri perusahaan antivirus McAfee merupakan sosok yang menarik untuk dihadirkan ke layar lebar.

Untuk mensukseskan filmnya, Warner Bros pun mendekati dua penulis sekaligus yaitu Scott Alexander dan Larry Karaszewski untuk menuliskan skenario cerita John yang kabarnya sumbernya akan diambil dari artikel majalah Wired yang berjudul “John McAfee’s Last Stand”.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud