Beranda Tokoh Jim Geovedi ~ Hacker Pengendali Satelit Asal Indonesia Dengan Reputasi Dunia

Jim Geovedi ~ Hacker Pengendali Satelit Asal Indonesia Dengan Reputasi Dunia

Image dari beritaintrik.com
Image dari beritaintrik.com

Bicara soal hacker atau peretas memang selalu membuat kita gregetan sekaligus juga penasaran. Saya sendiri salah satu orang yang merasakan hal ini saat membahas hal ini. Rasa gregetan ini muncul karena mereka seringkali membuat banyak orang kebigungan dengan dampak dari hal-hal dikerjakannya di dunia digital.

Sedangkan rasa penasaran disebabkan karena saya tak habis pikir bagaimana mereka bisa melakukannya. Jika Anda orang yang memiliki perasaan yang sama dengan saya maka saat ini Anda bisa merasakan hal lain saat mendengar kata hacker yaitu bangga. Bangga?

Kenapa demikian? Ini karena negara kita Indonesia telah memiliki seorang hacker yang diakui dunia. Dia adalah Jim Geovedi. Kita memang perlu bangga dengan sosok Jim karena dia menggunakan ilmunya untuk hal yang baik dan telah menorehkan banyak prestasi yang membuat decak kagum dunia.

#Hacking atau orangnya yang dinamakan hacker memang tidak selamanya terkait dengan peretasan yang berdampak negatif. Namun jika ilmu ini digunakan untuk hal yang baik, maka peretasan ini pun akan bisa bermanfaat untuk orang banyak. Inilah yang dilakukan oleh Geovedi yang menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang positif. Lalu siapakah Jim Geovedi ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Perkenalan Jim Geovedi Dengan Dunia Digital

Awal pertama kali perkenalan Geovedi dengan dunia digital terjadi saat ia lulus SMA tahun 1998-1999. Saat itu Geovedi bertemu dengan seorang pendeta dan memperkenalkannya dengan komputer dan #internet.

Sebelum itu Geovedi menjalani kehidupan jalanan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis. Sejak mulai berkenalan dengan komputer dan internet itulah Geovedi mulai belajar secara otodidak dan menelusuri ruang obrolan para peretas ternama dunia.

Artikel lain: Juny Maimun, Hacker Yang Mempelopori Situs Indowebster

Mendirikan Noosc Global

Dengan pengetahuannya yang semakin bertambah, Geovedi kemudian mendirikan C2PRO Consulting, perusahaan konsultan TI umum untuk lembaga pemerintahan pada tahun 2001. Selain C2PRO, pria kelahiran Bandar Lampung, 28 Juni 1979 ini pada tahun 2004 juga mendirikan dan mengoperasikan perusahaan konsultan keamanan TI Bellua Asia Pacific yang kemudian berubah nama menjadi Xynexis International.

Setelah itu pada tahun yang sama kemudian Geovedi juga mendirikan perusahaan jasa keamanan Noosc Global. Keahliannya yang semakin mumpuni ini kemudian membuat dirinya diminta menjadi pembicara di Kuala Lumpur tentang bahaya sistem tersebut bahkan ketika sistem telekomunikasi nirkabel baru masuk Indonesia tahun 2003.

Mampu Mengendalikan Satelit

Keahliannya semakin membuat dunia terpana saat Geovedi mampu meretas dan mengendalikan dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Saat itu kliennya meminta dirinya untuk menguji sistem keamanan kontrol satelit dan melihat adanya kemungkinan untuk menggeser atau mengubah rotasinya.

Geovedi pun melakukannya dengan baik dan sempat menggeser orbit satelit Cina dan membuat kliennya panik karena agak sulit mengembalikan orbit suatu satelit. Namun dengan bahan bakar ekstra yang dimiliki, satelit tersebut akhirnya berhasil dikembalikan ke jalurnya. Untuk kasus satelit Indonesia sendiri, Geovedi mengaku hanya mengubah rotasinya saja.

Membantu KPU dalam Menemukan Pelaku Peretasan

Kehebatan Geovedi kemudian kembali mencuat saat dirinya diminta KPU untuk membantu mencari pelaku peretas dan pembobol data perhitungan suara pemilu 2004. Dengan segala keahlian yang dimilikinya, Geovedi akhirnya berhasil menemukan pelakunya yaitu Dani Firmansyah.

Saat ini Geovedi menetap di London dan sering diwawancarai tentang sistem keamanan satelit, keamanan perbankan, dan penegakan hukum. Media sering menyebutnya sebagai contoh orang-orang yang terkenal di industri IT dengan mengandalkan otaknya saja tanpa gelar akademik.

Baca juga: Mengintip Fenomena Dunia Hacker Di Indonesia 

Dengan bakat dan kemampuan yang luar biasa ini memang selalu mendatangkan godaan untuk menggunakanya demi keuntungan pribadi. Untungnya Jim Geovedi adalah sosok yang tidak terlalu berambisi untuk menggunakan keahliannya buat hal-hal yang dapat memiliki keuntungan di bidang materi.

Ia menyatakan bahwa ia selalu bersyukur dengan apa yang ia miliki sekarang. Bahkan dalam wawancara dengan Deutsche Welle, Geovedi mengatakan bahwa dengan kemampuannya, ia sebenarnya bisa mengendalikan jaringan internet di seluruh Indonesia, mengalihkan lalu lintas datanya, mengamati lalu lintas data yang keluar masuk, dan memodifikasi semua transaksi keuangan, namun ia tidak tertarik melakukannya.

40 KOMENTAR

  1. cloud storage indonesia

    Bang Jim doang emang, gada lagi… Mantap nih hacker kita….
    :D

  2. beuh om jim bisa mengendalikan satelit….

  3. Emangnya anda kira enak jadi hacker , bukan rumus matematika yang di hapal melainkan titik koma yg harus di hapal , dan itu tidak mudah , untuk menghapal sofware linux aja kepala sampe gundul apa lagi jadi peretas satelite , good deh buat om jim geovedi

  4. Ajarin hack hati cewek dong om

    😂😂

  5. Hebat ya hacker Indonesia. Jim Geovedi memang joss…!!!

  6. Jim is not leading IT graduate school. High school graduation, Jim underwent harsh street life in London as a graphic artist. Lucky pastor introduced him to computers and the Internet. Since then, Jim Geovedi self-taught: they search chat rooms the hacker world.

  7. Hahaha…
    Lucu yack,
    Kenapa kita harus bangga punya seorang hacker ???
    Apa kontribusi nyata hacker ini buat nama besar bangsa ???

    • Hatihati mas kalau ngomong, nanti hacker itu liat komen lu baru nyaho lu mas😄

    • Begok! Lu kagak baca diatas?
      Jangan jadi sok jagoan, lu aja kagak bisa kayak dia!

    • Ngakak lu nanya gitu gan. Jangan banyakin micin gan kalo makan,

  8. Yg saya pgn tw… cara belajar bahasa pemrograman itu gmn y….

  9. Hebat, ini contoh orang yang bijak.
    Tidak mengandalkan pengetahuannya untuk melakukan kejahatan.
    Ini aset besar Indonesia yang kadang tidak diperhatikan pemerintah.

    • dia juga bisa di sebut TNI nya indonesia di dunia maya

  10. Untungnya orang yang baik hati dan tidak serakah :) :P

  11. Hebat nih si Jim. Dari Bandar Lampung lagi, bangga juga.. Sebab saya memang kebetulan lahir dan tinggal di Bandar Lampung. :)

  12. gadai bpkb mobil

    kalau orang udah punya julukan hacker itu udah pasti itu orang super jenius, salut sama jim geovedi, semoga bisa menjadi sumber inspirasi para pemuda indonesia untuk bisa memajukan teknologi

  13. Kenapa dia gak mengabdi di indonesia?
    Karna dia takut, salah2 make anggaran riset malah di tuduh korupsi trus di penjara. Siapa yg mau??

    • kenapa org org yg pinter dri indonesia bnyak dan lebih suka tinggal di negara lainnya bukan malah tinggal di tanah kelahirannya

  14. T.O.P anandaku Elvano… Akankan kau bisa mengikuti jejak nya? Tau bahkan melebihinya ? Smoga ya nak… Anyway congratulation for Geovedi…

  15. belajar secara otodidak hebat banget….

  16. Ajarkan ak untuk ngehacker satelit donggg mass ?????

  17. aneh loe pada, kok orang2 yang ahli di suruh pada balik ke Indo, :P mangnya kalo dia laper, ente mau ngasih dia duit makan?

    lagian udah banyak kejadian pemain bola indo ada yang jadi kuli! :D wkakwkwkwka, gak lucu kan orang jago IT jadi tukang somay! BUAHAHHAAA

  18. keren ni masnya, tapi masak gitu? kok gak balik ke indonesia ya dia

  19. coba deh pada cari tau artinya hacker tuh apa? kok cuma asal hujat aja ya. bedakan antara hacker dgn cracker.
    lagian kalo dia di indonesia, fasilitas buat melakukan aktivitasnya ga mendukung. jaringan yg jelek, koneksi internet lemot.. toh kalo dia di inggris juga masih bisa kok melakukan hal2 baik dgn keahliannya buat indonesia pd saat dibutuhkan.

    salute buat jim geovedi..

  20. Masa hacker di kenal dunia ? -_- bukanya hacker itu ! Kalo emang bener dia abis gerakin satlit china pasti udah heboh dan masuk berita ! -_- dan kalo tau china hacker china psti bakal balas -_- dasar hacker abal abal !

    • CLAY cannot read

      “Geovedi mampu meretas dan mengendalikan dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya” jadi di sini posisiya China sebagai klien. lalu kenapa hacker cina harus marah? mending baca lagi beritana dan mulai soba search di google siapa aitu Jim Geovedi

    • begini nih cara pikir orang yang cuma paham DDOS + ikut ikutan kek #OPBlaBlaBla. Di bales? haduh lucu kamu dek wkwkwk.

    • DASAR BOCAH. DIA ITU BUKAN LAGI NGEHACK SATELIT CINA, KAMPRET. DIA JUSTRU DIBAYAR SAMA CINA BUAT MINDAHIN ORBIT SATELITNYA! MAKANYA BACA SAMPE KELAR! BISA BACA, KAN???
      TERUS JUGA KALO LU NGGA TAU DIA HACKER KELAS DUNIA, BUKAN BERARTI BERITANYA KAGAK ADA, TAPI LU NYA YANG KUDET!!!
      MAKANYA LU KALO STREAMING JANGAN CUMA NONTON HENTAI DOANG!!!!

  21. sangat disayangkan kenapa lebih memilih Luar Negeri

  22. haruskah meninggalkan Indonesia untuk mencapai kesuksesan itu?
    tidak adakah terbersit dalam hati untuk mengabdi pada negara?
    merasa tercampakkan oleh bangsa sendiri karena tak dihargai?
    bagaimana negri akan mengapresiasi bila anda hanya setengah hati bekerja untuk negeri

  23. Klo pnya nasionalisme,… jngan nanya gmana-gmana nanti di indonesia.. beda lagi klo yang di utamain “perut”, klo itu mslahnya.. sama saja dengan birokrat yang gak menghargai ilmu n hanya mementingkan “perut”….. (maling teriak maling)
    jangan tanyakan apa yang bangsa ini berikan kepada anda, tapi tanyakan, apa yang ada berikan untuk bangsa #Abraham Lilcoln

    Nosinalisme kok ada embel-embelnya…..

  24. Pernyataan paling bawah mengatakan dia dapat meretas hampir seluruh sistem di indonesia.. Negara ini punya akal apa gak biarin tuh org kerja diluar? meski dia baik belum tentu org yg ngasih dia kerja baik…

  25. Kadek Gunawan Putra

    Kenapa dia tdk bekerja di Indonesia?
    Ada beberapa alasan.
    Mungkin tidak diperlukan, mungkin diperlukan tapi tdk ada yg mampu membayar dengan keahliannya yg luar biasa. mungkin dia lebih tertarik di luar negri karena di Indonesia kurang menantang.
    Cuman pendapat sendiri aja

  26. pransiscocap : tamat aja dulu dari kuliah, anda tidak mungkin menjadi jim geovedi, krn karirnya itu tumbuh krn passion yg teramat tinggi dan mengorbankan seluruh waktu hidupnya. mungkinkah anda mampu spt dia?

    sebaiknya anda tamat kuliah, jadi programmer, menghasilkan uang dan hidup dengan tenang, itu udah cukup bagi anda dan keluarga anda :)

  27. Itulah indonesia..bnyak orng pintar tp pimpinan yg pda bego sok pintar semua.
    Pulangkan dia bgaimnpun cranya….sruh mngabdi utk negara biar indonesia maju gk trtinggal melulu.msh bnyak hacker2 laen yg bkerja utk luar negri…CARI DAN PULANGKAN MEREKA SEMUA.

  28. Matfatekan gmn mau pulang. Diindonesia gak dipakai org seperti ini..
    Buktinya mobil listri diamb org malaysia.. haha org2 hebat gak dipake diindonesia

  29. Tapi sayang indonesia kurang bisa memanfaatkan org2 yg brbakat.

  30. Salut deh sama orang ini, indonesia memang kaya hacker hehehe..
    Baru kali ini saya tau ada hacker baik, selama ini hacker memang selau identik dengan pembobolan dan perusakan secara tidak bertanggung jawab.
    Salut dah..!

  31. saya ingin sekali seperti Jim Geovedi, saya sekarang lagi kuliah di suatu kampus ternama di daerah Medan jurusan IT, setelah membaca artikel ini saya termotifasi ingin menjadi seperti dia, tapi saya belum mempunyai skill yang bisa mencapai keinginan saya tersebut, saya akan berusaha untuk mencapai mimpi saya itu, tolong bantuan nya Jim Geovedi

  32. kok gak pulang n bekerja di indonesia aja mas

Tinggalkan Balasan