Jika Memulai Bisnis Dengan Alasan Ini, Lebih Baik Segera Batalkan Niat Anda!

alasan berbisnis

Image dari Linkedin.com

Saat ini banyak sekali anak muda yang mulai menyukai dunia bisnis. Hal ini mungkin saja didasari karena dunia usaha atau dunia bisnis dianggap sebagai salah satu cara untuk bisa menjadi kaya. Namun sebenarnya keinginan cepat kaya dalam menekuni dunia bisnis ini kadang justru bisa menjadi bumerang. Karena ketika Anda memulai terjun ke dalam dunia bisnis kemudian Anda tidak segera mencapai apa yang Anda inginkan yaitu menjadi cepat kaya, maka itu bisa melemahkan semangat Anda sendiri.

Padahal, sebenarnya bisnis lebih dari sekedar keinginan untuk menjadi kaya. Bisnis saat ini bisa dikatakan sebagai sebuah passion yang jika dijalani dengan sungguh-sungguh akan menjadi potensi kesuksesan bagi siapa saja yang menekuninya. Nah, jika Anda saat ini ingin menekuni dunia bisnis, sebaiknya jangan menekuninya karena alasan-alasan yang salah di bawah ini.

1. Ingin Cepat Kaya Dari Bisnis

Banyak sekali cerita orang kaya dari dunia bisnis, bahkan dari yang semula hanya orang miskin tak punya harta sama sekali, dengan terjun ke dunia bisnis bisa menjadi kaya raya mendadak. Ini mungkin yang sering menjadi motivasi seseorang dalam menekuni dunia bisnis, keinginan menjadi seorang yang cepat kaya.

Namun percayalah, jangan menekuni dunia bisnis karena hal itu. Karena jika Anda tidak mendapatkan kekayaan seperti yang Anda impikan, maka kekecewaan tentu akan membuat hati Anda sakit. Berbisnislah dengan realistis dan kerjakan saja semaksimal mungkin.

Artikel lain: Hindari 6 Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis Berikut Ini




2. Menjadi Orang yang Populer

Banyak orang menjadi populer dan terkenal karena kerajaan bisnis mereka. Tak sedikit juga orang kaya yang menjadi selebritis dadakan karena kekayaan mereka. Popularitas ini sering menjadi motivasi bagi masyarakat ketika menjalani dunia bisnis.

Kebanyakan mereka ingin menjadi kaya kemudian populer dan dikenal luas oleh masyarakat banyak. Jika hanya popularitas tujuan Anda dalam menekuni bisnis, maka sebaiknya urungkan saja niat Anda berbisnis. Yakinkan pada diri Anda bahwa menjadi orang populer itu tidak semenyenangkan yang Anda pikirkan.

3. Kebosanan Di Tempat Kerja

Alasan bosan di tempat kerja juga sering menjadi latar belakang seseorang dalam menekuni dunia bisnis. Memang bisa dipahami jika seseorang sangat mudah bosan menjalani karir dengan tekanan kerja dan deadline.

Namun jangan jadikan bosan di tempat kerja alasan Anda untuk terjun ke dunia bisnis. Karena jika alasan Anda adalah bosan, maka tidak menutup kemungkinan ketika Anda terjun ke dunia bisnis pun Anda juga akan mengalami kebosanan di kemudian hari. Maka sepatutnya Anda pikirkan ulang lagi jika hanya itu alasan Anda dalam menekuni bisnis.

4. Ingin Menjadi Seorang yang Berkuasa

Salah jika Anda menerjuni dunia bisnis dengan tujuan mendapatkan kekuasaan dan kontrol mutlak terhadap sesuatu. Karena faktanya ternyata ada banyak hal yang tidak bisa Anda kontrol, meski bisnis itu adalah milik Anda sendiri. Karena apapun bisnis yang sedang Anda kerjakan, tidak mungkin Anda akan menyetir semuanya sendirian, pasti akan ada banyak pihak yang juga turut andil dalam menentukan sesuatu pada bisnis Anda. Maka jika Anda berbisnis hanya untuk memperoleh kekuasaan kontrol, berarti Anda belum siap menjalankan bisnis itu sendiri.




5. Hanya Mengikuti Trend yang Tengah Terjadi

Sering sekali terjadi di lingkungan kita, bahwa terjun ke dunia bisnis hanya ikut-ikutan trend yang sedang in di masyarakat. Ketika teman berbisnis sesuatu dan ternyata berhasil, Anda kemudian mengikutinya.

Ini adalah alasan paling konyol, karena sama artinya Anda sebenarnya tidak memiliki roadmap yang jelas tentang bisnis yang akan Anda kerjakan. Dan itu sangat buruk untuk bisnis Anda sendiri ke depan. Tidak bisa demikian, jika Anda memang ingin terjun ke dunia bisnis, maka Anda harus memiliki planning yang disesuaikan dengan apa yang bakal Anda kerjakan.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Pebisnis Wanita

6. Ingin Memiliki Waktu Luang

Memiliki waktu yang senggang, dan bisa mengatur waktu sendiri adalah sesuatu yang tidak bisa dimiliki oleh seorang pegawai atau karyawan. Nah, inilah yang juga sering menjadi alasan seseorang ketika ingin menjalankan bisnisnya sendiri. Padahal sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar, apalagi ketika bisnis yang akan dikerjakan masih pada tahap pembangunan. Waktu luang pasti sulit sekali didapatkan, dan justru Anda akan dituntut bekerja lebih keras lagi untuk menjalankan bisnis yang baru Anda rintis.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Benar juga beberapa alasan diatas bisa menghancurkan umur bisnis yang kita bangun.

    Saya sendiri baru mau memulai bisnis online karena keterbatasan dana. Saat ini saya mencoba mencari modal melalui patungan bisnis semoga cara ini berhasil mohon dukungannya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud