Ji Zhengyong ~ Dokter Satu Kaki Yang Mengabdikan Diri Untuk Masyarakat

Ji Zhengyong

Image dari Vemale.com

Menjadi seorang penolong bagi masyarakat adalah sebuah tindakan mulia yang semua orang seharusnya bisa melakukannya. Tak perduli bagaimana keadaan kita, menjadi orang yang berguna untuk orang lain adalah sebuah pilihan hidup. Meski mungkin diri kita sendiri termasuk orang yang masih membutuhkan pertolongan. Menolong dengan tanpa pamrih dan penuh ketulusan adalah sebuah kebaikan yang membahagiakan dan tentu akan membuat kita hidup lebih nyaman.

Kisah ini adalah tentang cerita inspiratif seorang dokter yang hanya memiliki satu kaki namun ia mengabdikan segala pengetahuannya untuk masyarakat. Namanya adalah Ji Zhengyong, ia adalah seorang dokter dari Desa Jianxin, Chongqing, China.

Ia tak seperti orang normal lainnya yang memiliki dua kaki, ia hanya memiliki satu kaki yang mengharuskannya memakai tongkat penyangga jika pergi ke suatu tempat. Namun dengan kondisi seperti itu, Ji tetap membantu orang-orang yang membutuhkan perawatan, terutama bagi warga miskin.

Bertekad Menjadi Seorang Dokter Untuk Menolong Orang Lain

Cerita sedih Ji Zhengyong bermula ketika ia kehilangan satu kakinya, ketika itu ia masih berusia 14 tahun. Waktu itu, ia mendapatkan kecelakaan mobil yang hebat yang memaksa Ji harus diamputasi salah satu kakinya.

Saat itu, Ji mengalami guncangan hebat pada dirinya, ia merasa nasib tak berpihak padanya, depresi yang berkepanjangan karena kecelakaan yang membuatnya kehilangan satu kaki. Bahkan ia pernah berhenti sekolah selama satu tahun karena merasa tertekan dengan kehidupannya.




Beruntung Ji memiliki keluarga dan kerabat yang selalu memberi dukungan moral agar Ji tidak menyerah. Dorongan yang kuat dari sanak saudara tersebut yang kemudian membuat Ji Zhengyong menjadi kuat, dan kembali memiliki semangat dalam melanjutkan hidupnya.

Artikel lain: Huang Meihua ~ Meski Tanpa Kaki, Gadis Ini Tak Menyerah Raih Mimpi Menjadi Seorang Pilot

Sejak bangkit dari keterpurukan tersebut, kemudian Ji memutuskan ingin menjadi seorang dokter. Tekadnya sudah bulat ingin menjadi seorang dokter agar bisa membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Perjuangan pun dimulai, ia melanjutkan sekolahnya yang pernah ia tinggal selama satu tahun.

Setelah lulus dari sekolah menengah, Ji kemudian ia melanjutkan ke jurusan kedokteran di Universitas Yuzhou, Chongqing. Dari Universitas itulah kemudian Ji berhasil mendapatkan gelar dokter pada tahun 2003. Setelah mendapatkan gelar dokter dan memiliki ilmu yang cukup di bidang pengobatan, Ji kemudian kembali ke kampungnya di desa Jianxin untuk membantu masyarakat di sana.

Meski Berkaki Satu, Ji Zhengyong Menjadi Dokter Panggilan

Ketulusan hati Ji untuk membantu warga yang sedang sakit bukanlah main-main. Bahkan meski Ji hanya memiliki satu kaki, ia selalu siap sedia membantu masyarakat ketika ia dibutuhkan. Tak ragu Ji akan mendatangi rumah pasien yang memanggilnya untuk memberikan perawatan.




Tak peduli siang atau malam, ketika ada panggilan Ji akan datang dengan membawa peralatan dokternya dengan terpapah. Dan bukan itu saja, Ji pun juga tidak akan memungut biaya kepada pasien yang tidak mampu. “Bagaimana pun kondisi saya, saya tetap harus sampai ke rumah pasien, mereka membutuhkanku,” jelasnya Ji sebagaimana dilansir Shanghaiist.

Ji Zhengyong telah mengabdikan diri sebagai dokter panggilan selama kurang lebih 12 tahun. Pada awal-awal ia mendatangi rumah pasien, ia sering terjatuh karena perjalanan jauh dengan kondisi kaki yang tidak sempurna. Di desa Jianxin, Ji adalah sosok malaikat yang sangat dicintai warga, terutama bagi warga yang tidak mampu. Bagi Ji, bisa menolong orang dan menyelamatkannya adalah kebahagiaan yang luar biasa.

“Kepercayaan dari warga adalah hadiah terbesar bagi saya dan melayani mereka hingga mereka sembuh itu jauh lebih baik, seolah ini adalah bayaran dari kerja keras saya selama sekolah,” demikian lanjutnya.

Baca juga: Jordan Bone ~ Blogger Disabilitas Sang Pembawa Inspirasi

Meski saat ini Ji sudah menerima penghargaan dan penghormatan yang luar biasa dari masyarakat desa, namun itu tak membuat Ji berbangga diri dan berpuas diri. Justru karena itulah membuat Ji semakin semangat untuk meningkatkan kemampuannya sebagai seorang dokter.

Ji juga melanjutkan pendidikannya di Universitas Chongqing Medical dan telah lulus uji lisensi medis, sungguh luar biasa apa yang telah dilakukan Ji Zhengyong. Semoga #kisah inspiratif di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud