Beranda Bisnis Jet Commerce, E-Commerce Enabler Tawarkan Solusi Bagi Pebisnis Online

Jet Commerce, E-Commerce Enabler Tawarkan Solusi Bagi Pebisnis Online

Jet Commerce

Indonesia memasuki masa 4.0 atau revolusi industri 4.0 yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Karena itulah, tak heran jika kini perekonomian Indonesia didukung oleh banyaknya e-commerce yang semakin berterbaran.

Salah satu perusahaan yang berkompetisi dalam mendukung era revolusi industri 4.0 adalah Jet Commerce yang bergerak sebagai e-commerce enabler.

E-commerce Enabler Berbeda dari E-Commerce Marketplace

Dalam dunia E-Commerce sendiri, masyarakat Indonesia sudah cukup mengenal perdagangan online, termasuk dalam penggunaan marketplace dan e-commerce enabler. Meski hampir serupa, namun kedua istilah tersebut sangatlah berbeda.

E-commerce enabler lebih cenderung pada pergudangan dan pemasaran sebuah brand secara online, termasuk brand awareness di masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan visi dan dibangun oleh Jet Commerce yang unik dan berbeda dari e-commerce enabler lain yang lebih dulu masuk, seperti acommerce, icommerce dan sebagainya.

Visi misi yang dibawa oleh Jet Commerce yaitu berfokus tak hanya berhubungan dengan logistik namun juga dalam pembuatan strategi pemasaran, brand image dan awareness. Sedangkan marketplace lebih berfokus pada penyediaan platform agar masyarakat dapat menjual barang dagangan/ brandnya di platform tersebut.

Dengan menggunakan marketplace, penjual barang dapat menggunakan akun yang disediakan sebagai lapak online, sedangkan pihak marketplace berfungsi untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Selain itu, marketplace juga merupakan orang ketiga yang mengatur pengiklanan produk secara internal di lingkup marketplace tersebut hingga mengurus catatan transaksi antara penjual dan pembeli.

Seiring perkembangan era industri 4.0, marketplace di Indonesia semakin menjamur, salah satu yang terbesar adalah Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan sebagainya.

Berfokus Pada Strategi Pemasaran Online Pemilik Brand

Sesuai dengan perbedaan antara Ecommerce enabler dan ecommerce marketplace, ecommerce enabler membantu pemilik bisnis online untuk meningkatkan pemasarannya secara online. Jet Commerce menekankan fungsinya sebagai tool untuk brand awareness dan pemasaran digital sehingga kehadiran Jet Commerce memiliki dampak positif jangka panjang yang bisa dirasakan masyarakat Indonesia.

Untuk menghidupkan mimpi tersebut, CEO Jet Commerce, Oliver Yang, merekrut talenta yang telah berpengalaman bekerja di agens advertising di Indonesia. Selain itu, sang CEO juga memasukkan beberapa ahli pemasaran digital dari Tiongkok untuk bergotong royong memaksimalkan kinerja Jet Commerce.

Fulfillment Center Untuk Ekspansi Bisnis E-Commerce

Jet Commerce, perusahaan ecommerce enable yang dibangun sejak 2017 ini selalu mengutamakan pengalaman berbisnis online. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meresmikan fulfillment center yang kini berposisi di kawasan Daan Mogot Kota Tangerang.

Fulfillment center ini dihadirkan untuk memastikan lebih jauh kelancaran semua sistem operasional dari penjual hingga ke konsumen. Mulai dari proses inbound atau memasukkan barang, outbound pengiriman barang hingga sampai di tangan konsumen.

Fulfillment center yang disediakan oleh Jet Commerce pun telah didukung oleh sistem pergudangan yang baik atau Warehouse Management System (WMS). Selain didukung oleh WMS, Jet Commerce juga menyediakan Order Management System (OMS) terbaru dan paling mutakhir yang dilengkapi oleh alat-alat modern seperti belt conveyer, mobile scanner dan lain-lain.

Solusi Lonjakan Volume Pesanan di Peak Season

Menurut Oliver Yang, Fulfillment merupakan bagian yang terpenting untuk melancarkan aktivitas e-commerce. Dengan penggabungan solusi end-to-end yang diterapkan oleh Jet Commerce dan fulfillment center, perusahaannya akan semakin mendukung aktivitas seller dan buyer di transaksi ecommerce.

Kebutuhan bisnis ecommerce akan mampu menangani pesanan konsumen yang kemungkinan tinggi akan selalu meroket di waktu peak season seperti masa lebaran maupun libur natal dan tahun baru. Dengan aspek-aspek mutakhir yang disediakan oleh Jet Commerce tersebut, aktivitas ecommerce tak lagi terkendala oleh jumlah persediaan barang yang hampir tak terbatas dan bantuan sistem pemasaan digital yang baik.

Tinggalkan Balasan