Jelang 2016, Facebook Hadirkan Video Kilas Balik (Kaleidoskop) 2015

Jelang 2016, Facebook Hadirkan Video Kilas Balik (Kaleidoskop) 2015

video kilas balik Facebook
Image dari Pdevice.com

Tahun 2015 sebentar lagi memang akan berakhir dan meninggalkan kita. Ketika sebuah tahun akan segera berganti, umumnya banyak media yang akan menghadirkan sebuah kaleidoskop (kilas balik tahun sebelumnya). Salah satu media yang terlihat concern untuk selalu menghadirkan memori atau kenangan para penggunanya adalah #Facebook.

Maka tak ayal bila kemudian menjelang pergantian tahun ini situs #media sosial milik Mark Zuckerberg juga turut berpartisipasi untuk memeriahkannya. Jadi saat ini Facebook memang diketahui akan segera merilis video kilas balik (kaleidoskop) tahun 2015 ini.

Artikel lain: Facebook Moments ~ Ubah Kumpulan Foto Menjadi Video yang Mengesankan

Bagi Facebook, satu tahun yang dilewati dengan berbagai peristiwa memang tak akan pernah begitu saja dilupakan. Apalagi beberapa kisah ditahun 2015 tersebut ada yang tergolong peristiwa besar yang menyita perhatian dunia. Maka dari itu hadirlah video kilas balik 2015 berikut ini oleh Facebook.

Januari 2015

Pada bulan Januari 2015, #video kilas balik dari Facebook menampilkan beberapa peristiwa seperti kontroversi tentang legalisasi pernikahan sesama jenis di Vietnam. Selain pro-kontra legalisasi pernikahan di Vietnam, Facebook juga menampilkan insiden penyerangan kantor media Charlie Hebdo di Paris. Pada insiden tersebut kantor media kontroversial itu diserang oleh segerombol orang yang diduga tak senang dengan pemberitaan media tersebut. Akibatnya sepuluh jurnalis dan dua polisi meninggal dunia.

Februari 2015

Pada bulan Februari ada kisah mengenai baju dua warna yang bisa dilihat dari perspektif tertentu yang menjadi viral. Baju yang unik ini saat itu memang menjadi bahan pembicaraan orang banyak karena baju tersebut yang  menimbulkan perbedaan pandangan yaitu kadang-kadang berwarna biru-hitam dan di lain waktu berwarna putih-emas tersebut.

Maret 2015

Bulan Maret video kaleidoskop Facebook menghadirkan dua berita duka yaitu pertama berita duka jatuhnya pesawat Germanwings dari Barcelona di kawasan Alpen, Perancis yang merenggut lebih dari 100 korban jiwa. Kabar duka kedua, yaitu meninggalnya Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew pada usia 91 tahun. Lee Kuan Yew sendiri adalah tokoh legenda atas sejarah transformasi Singapura dari negara kecil ke negara sehebat sekarang.

April 2015

Pada bulan keempat kelander masehi 2015 ini kita tidak akan lupa atas peristiwa gempa bumi besar di Nepal. Maka dari itu Facebook menghadirkan peristiwa gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang Nepal itu dalam video kilas baliknya. Gempa yang menjadi gempa terbesar di Nepal sejak gempa bumi Nepal-Bihar tahun 1934 itu sendiri telah merenggut 8900 jiwa.

Juni 2015

Setelah bulan April, video kilas balik Facebook langsung melompat ke bulan Juni. Pada bulan Juni ini Facebook menampilkan kisah kontroversi pernikahan sesama jenis di Amerika. Kontroversi ini semakin meninggi ketika Presiden Amerika Barrack Obama mengutarakan kesenangannya atas kebijakan tersebut lewat Twitter. Dari sini ratusan ribu netizen langsung bereaksi atas kicauan presiden Amerika tersebut.

September 2015

Melewati bulan Juli dan Agustus, Video kilas Balik tahun 2015 Facebook langsung menuju bulan September 2015. Pada bulan kesembilan dari tahun 2015 ini Facebook menampilkan dua peritiwa penting yang menjadi viral di media online. Peristiwa pertama adalah isu rasisme di Amerika Serikat yang menimpa anak 14 tahun bernama Ahmed.

Ahmed sendiri saat itu sempat masuk penjara karena jam digital yang diperkenalkannya kepada guru di sekolah dianggap sebagai bom. Namun kenyataannya setelah melewati pemerikasaan tuduhan yang dialamatkan kepada Ahmed tidak terbukti kebenarannya. Dari sini akhirnya Ahmed dinyatakan tidak bersalah dan kemudian dibebaskan. Tidak hanya dibebaskan Ahmed juga mendapat kesempatan bertemu Obama dan juga diberikan beasiswa serta diberi hadiah bejibun oleh para petinggi TI.

Baca juga: Fokus Dongkrak Konten Video, Facebook Rilis Fitur Watch Later

Selain menampilkan kisah Ahmed, video kilas balik Facebook juga menghadirkan cerita NASA yang memotret Pluto dan Mars dari jarak dekat. Kisah ini memang menarik sebab ketika itu NASA juga menemukan aliran air di Mars. Hal ini pun sempat menjadi pebincangan serius netizen.

November 2015

Akhirnya video kilas balik Facebook diakhiri bulan November 2015. Pada bulan ini Facebook menampilkan kabar duka dari kota kota Paris, Perancis. Pada tanggal 13 Novembr 2015 itu sejumlah titik di ibu kota Perancis itu diserang teroris. Dari sana jatuhlah korban tewas hingga lebih dari 100 orang dan juga orban kritis mencapai lebih dari 300 orang.

1 KOMENTAR

  1. Facebook sekarang ini fitur-fiturnya makin keren saja

Tinggalkan Balasan