Jadi Pemimpin Bisnis? Maksimalkan Diri Dengan 4 Jenis Keberanian Berikut Ini

Image dari earlychildtrainingcenter.com

Image dari earlychildtrainingcenter.com

Pemimpin bisnis atau yang sering disebut CEO (Chief Executive Officer) merupakan sebuah jabatan dalam sebuah perusahaan yang memiliki posisi sangat penting dan strategis. Karena memiliki posisi sangat strategis ini maka orang-orang yang terpilih menjadi pemimpin bisnis harus memiliki kemampuan dan keahlian yang mumpuni.

Selain skill #manajemen dan strategi bisnis, para pemimpin bisnis diharuskan memiliki keberanian untuk untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan sukses. Dalam hal ini, setidaknya ada lima jenis keberanian yang harus dikuasai para pemimpin bisnis. Berikut ulasannya.

1. Keberanian Menjadi Diri Sendiri

Jenis keberanian yang pertama yang harus dimiliki para pemimpin bisnis adalah keberanian menjadi diri sendiri. Seorang pemimpin bisnis yang akan sering bertemu dengan orang-orang penting bisa jadi akan mempengaruhi dirinya.

Apalagi jika ia adalah orang yang seringkali mengidolakan orang lain sebagai panutan. Memiliki tokoh sebagai inspirasi bisnis dan hidup memang tidak ada yang salah, namun hal ini akan membuat Anda tak profesional sebagai pemimpin bisnis jika Anda terlalu memuja dan mencontoh penuh setiap detail karakternya.

Selain akan sangat melelahkan, menjadi orang lain akan mematikan beberapa potensi dan kelebihan diri sendiri yang bisa membuat Anda lebih mumpuni. Untuk itulah Anda harus berani menjadi diri sendiri dan percaya akan kemampuan diri sendiri.

Artikel lain: 9 Kebiasaan Seorang Pemimpin Bisnis yang Persuasif

Carla Harris, Direktur Pengelolaan dan Wakil Pimpinan Global Wealth Management dengan Morgan Stanley, menyatakan bahwa menjadi diri sendiri sangat memberikan perbedaan bagi pemimpin. Dari situlah, hubungan-hubungan bisnis yang kuat dan unik biasanya akan terbentuk sebagai sebuah jaringan profesional yang akan saling mendukung.

2. Keberanian Menyerasikan Karir dengan Tujuan Hidup 

Setiap perusahaan pasti memiliki program dan visi-misi bisnis yang harus dijalankan oleh semua sumber daya manusia di dalamnya. Tak terkecuali bagi para pemimpin bisnis, orang yang justru menjadi palang pintu di garda depan untuk bisa mensukseskan program dan visi-misi.

Namun demikian sebagai manusia yang juga memiliki kehidupan pribadi, Anda juga perlu memiliki keberanian untuk menjalankan tujuan hidup Anda. Ini adalah hal yang lumrah dan menjadi hak Anda sebagai seorang orang yang juga memiliki kehidupan di luar kantor.

Bahkan menurut Sarah Landrum penulis pengembangan karir menyatakan bahwa apapun tujuan karir dan pribadi Anda, seorang manusia akan cenderung berpikir tentang tujuan sebagai hal besar atau sesuatu yang membuat dunia lebih baik, dan ini adalah hal yang lumrah. Jadi Jangan merasa terancam untuk juga menjalankan tujuan hidup Anda. Menyelaraskan diri antara karir dan kehidupan pribadi merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda jalankan.




3. Keberanian Pemimpin Bisnis Mengambil Risiko

Meskipun Anda bukanlah pemilik bisnis yang memiliki sebagian besar saham, namun saat Anda ditunjuk sebagai pemimpin bisnis, Anda juga menjadi orang yang bertanggung jawab pada bisnis dan perusahaan. Secara tidak langsung sebenarnya orang yang telah ditunjuk sebagai pemimpin perusahaan juga telah menjadi pebisnis atau pemilik bisnis.

Maka dari itu sebagai pemimpin bisnis Anda pasti akan dituntut untuk memiliki keberanian dalam mengambil risiko bisnis. Tentunya keberanian mengambil resiko ini juga harus didukung dan dilandasi sebelumnya dengan sebuah analisis dan pertimbangan yang sudah sangat matang. Valerie Oswalt, Wakil Pimpinan Penjualan arrea Barat untuk Mondelez International bahkan menyatakan pemimpin bisnis yang tak mengambil risiko sama saja dengan membuat kita lebih berisiko.

Baca juga: 6 Hal Ini yang Menyebabkan Kita Belum Cocok Menempati Posisi Manager

4. Keberanian Membela yang Benar

Terakhir, jenis keberanian yang perlu dikuasai oleh seorang pemimpin bisnis adalah keberanian untuk membela yang benar. Dalam hal ini bukan berarti Anda harus menjadi super hero yang lantas mengharuskan Anda bergerak menyelamatkan orang yang lemah dan membela kebenaran. Anda juga tidak dituntut menjadi hakim atau aparat penegak hukum yang harus menegakkan kebenaran.

Namun dalam sebuah perusahaan yang seringkali terjadi gesekan antara karyawan inilah yang mengharuskan Anda sebagai pemimpin bisnis memiliki keberanian untuk membela yang benar.

Meskipun semisal yang terjadi adalah gesekan yang terjadi antara bawahan dan kepala divisi, dan ternyata Anda mendapati bahwa yang membuat kesalahan itu adalah seorang kepala divisi, Anda harus berani membela yang benar dan menghukum yang salah walaupun itu adalah seorang kepala divisi atau sekelas manager sekalipun.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Yeah.. Selamat berjuang menjadi pemimpin sesungguhnya yang mampu membawa lebih kepada rekan-rekan kerjanya.

  2. Mantabs, betul…mau mulai bisnis pasti jadi owner kan? pasti harus punya keberanian kaya gini, terutama dalam mengambil resiko hahaha

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud