Intip Tips 3 CEO Dunia Bebas dari Stress Berat

Tips-CEO-Dunia-Bebas-dari-Stress-Berat

Menjadi pimpinan dalam sebuah bisnis – entah itu perusahaan kecil maupun global – adalah pekerjaan yang cukup menantang. Tidak hanya sekadar membawahi karyawan, setiap keputusan yang Anda ambil mau tidak mau akan berdampak pada kelangsungan perusahaan di masa yang akan datang.

Tanggung jawab yang cukup besar seringkali dipikir terlalu mendalam oleh beberapa pebisnis. Tak jarang, pemikiran dan ketakutan tersebut menimbulkan keresahan hingga akhirnya berdampak pada kecemasan dan dalam kasus ekstrim berpotensi menyebabkan stres berat. Hmmm, jika ini terjadi maka dampak buruk akan terjadi tak hanya pada kesehatan pribadi namun membahayakan perusahaan.

Eits, Anda tidak perlu khawatir sebab banyak kok CEO (Chief Excecutive Officer) perusahaan besar yang tetap dapat menikmati hidup meski memikul tanggung jawab besar. Apa sih rahasianya? Berikut adalah penuturan beberapa CEO tentang rahasia agar tetap tenang dan bebas dari stress berat meski tengah berada dalam tekanan:

Artikel lain: Bipolar Sukses ~ Mereka yang Sukses Berkarir Meski Depresi

I. Jason M. Lemkin

Jason-M-LemkinJason M. Lemkin adalah managing director dari Storm Ventures dan CEO dari EchoSign. Beberapa kiat agar tetap tenang meski berada dalam tekanan, antara lain:

  1. Fake it – Seorang pimpinan tidak boleh terlihat cemas atau lepas kontrol meski perusahaan sedang menghadapi masalah cukup besar. Sikap tenang wajib ditunjukkan karena karyawan bisa saja merasa kehilangan kepercayaan jika melihat Anda kebingungan.
  2. Carilah bantuan – Pilihlah dua atau tiga orang kepercayaan yang Anda percaya bisa ikut membantu meyelesaikan masalah perusahaan. Hal ini cukup penting dilakukan agar Anda dapat meminta pendapat kedua sebelum memutuskan langkah pemecahan masalah.
  3. Jangan lupa istirahat – Anda tidak boleh menjadi seorang workaholic level akut meski memilik tanggung jawab cukup besar. Beristirahatlah jika sudah lelah, meski hanya dengan minim secangkir kopi, karena hal itu akan membantu menenangkan diri.
  4. Ambil liburan – Dunia bisnis memang cukup menyita waktu dan tenaga, namun hal ini bukan berarti Anda mendedikasikan hidup untuk berbisnis. Ambillah beberapa waktu di sela-sela kesibukan untuk berlibur dan pastikan Anda “cuti” dari segala kegiatan yang berhubungan dengan bisnis ketika memutuskan liburan.

II. Lee Ballentine, mantan CEO

Lee-BallentinePengalaman sebagai CEO sebuah perusahaan selama dalam kurun waktu tertentu membuat Lee Ballentine terbiasa dengan tekanan. Ia menuturkan beberapa trik yang biasa digunakan agar tetap tenang, yakni:

  1. Dukungan orang tercinta – Lee Ballentine percaya bahwa keluarga maupun orang-orang terdekat memberikan kontribusi dalam kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, jagalah kedekatan dengan orang-orang tersebut agar mereka selalu dapat memberikan dukungan kapanpun dikala susah dan senang.
  2. Jagalah kesehatan – Mantan CEO ini percaya bahwa Anda tidak akan bisa menjalankan bisnis tanpa mempedulikan diri sendiri. Jagalah kesehatan dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti minum cukup atau beristirahat selama 10-15 menit ketika bekerja. Dengan demikian, Anda dapat menenangkan pikiran dan kembali merasa segar.
  3. Pekerjakan tim pilihan – Berkecimpung dalam dunia bisnis seringkali tidak bisa dilakukan sendirian. Jika demikian, pilihlah tim yang kompeten sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik.
  4. Miliki kontrol diri yang baik – Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika menghadapi masalah bisnis adalah kontrol diri. Pastikan Anda tetap tenang sebesar apapun masalah yang tengah menghadang. Ingatlah bahwa Anda membawahi banyak karyawan yang juga akan merasakan kecemasan bila pimpinannya tidak memiliki kontrol diri baik.

III. Tom Chaves, CEO dari Krux Digital Inc.

Tom-ChavesBagi Tom Chaves, menanggung posisi sebagai CEO adalah pekerjaan yang tidak pernah bisa membuatnya tenang karena Anda menanggung berbagai tuntutan yang berpengaruh bagi kelangsungan perusahaan. Hal yang bisa dilakukan adalah berpura-pura segalanya berjalan dengan baik untuk menengangkan karyawan sambil memikirkan jalan keluar masalah yang dihadapi.

Tom Chaves menyatakan bahwa rahasia agar tetap tenang ditengah tekanan adalah memiliki pemikiran untuk tidak menyerah ditengah jalan. Percayalah bahwa pasti ada jalan keluar untuksegala kesulitan yang dihadapi.

Baca juga: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

Itulah beberapa tips dan trik dari CEO dunia untuk tetap tenang dan bebas dari stress berat ketika menghadapi masalah maupun tekanan dalam berbisnis. Intinya adalah Anda tidak boleh terburu-buru mengambil keputusan karena setiap langkah yang dipilih menentukan tumbuh atau jatuhnya perushaan yang dipimpin.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud