Internet.org ~ Mega Proyek Facebook Dengan Misi Mencerdaskan Dunia

internet.org

Seberapa pentingkah internet bagi perkembangan peradaban dunia?

Sebagian besar dari kita yang bisa mendapatkan akses #internet dengan mudah tentu menjawab kalau internet adalah salah satu teknologi penting yang mampu memajukan peradaban dunia. Namun ternyata di bagian belahan bumi lain, masih banyak masyarakat yang belum pernah bersentuhan dengan kecanggihan internet.

Misi untuk memberikan edukasi dan pengenalan internet kepada seluruh masyarakat dunia memang masih menjadi salah satu hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi para penggiat #teknologi. Salah satu ide brilian akhirnya datang dari Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook tentang cara mencerdaskan seluruh dunia melalui pengenalan internet.

Ide Tentang Internet.org

Pada event Mobile World Congress pada awal tahun 2014, Mark Zuckerberg menjelaskan mengenai proyek internet.org yang tengah ia jalankan bersama sejumlah perusahaan teknologi raksasa lainnya. Proyek ini bisa disebut sebagai kolaborasi untuk mencerdaskan seluruh penduduk dunia. Kehadiran internet.org diharapkan mampu mewujudkan akses internet secara mudah dan gratis untuk seluruh masyarakat dunia, termasuk masyarakat yang tinggal di daerah terpencil yang minim teknologi.

Tercatat beberapa perusahaan besar yang ikut bergabung dalam proyek internet.org adalah Nokia, Ericsson, Opera Software, Samsung, Dualcomm dan #Facebook. Kolaborasi raksasa-raksasa teknologi tersebut bertujuan untuk berbagi pengetahuan sekaligus mewujudkan mobilisasi industri dan pemerintahan agar menjadi lebih baik lagi.

Artikel lain: Gebrakan Inovasi Facebook di Tahun 2015, Apa Saja?

Kapan Internet.org Resmi Diluncurkan?

Meski baru diumumkan pada awal tahun 2014, Internet.org sebenarnya sudah mulai diluncurkan sejak pertengahan Agustus 2013. Salah satu program pertama yang digagas oleh Mark Zuckerberg adalah keberadaan Facebook Zero, versi Facebook yang bisa diakses secara gratis melalui internet. Sedangkan beberapa proyek lainnya berjalan seiring dengan perkembangan internet.org dan gagasan dari pihak-pihak yang terkait didalamnya.

Tantangan Pengembangan Internet.org

Cukup banyak tantangan yang harus dihadapi internet.org untuk mewujudkan kecerdasan masyarakat dunia yang “melek teknologi”. Salah satu tantangan juga datang dari proses kerjasama dengan sejumlah produsen #smartphone untuk ikut mengembangkan jangkauan intenret di sejumlah negara tertinggal.

Tantangan kedua yang juga harus mulai dihadapi adalah melakukan proses efisiensi data sehingga aplikasi yang nantinya akan dibuka secara gratis bisa diakses dengan lancar tanpa kendala kecepatan internet yang berarti. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, tentu harus ada model bisnis baru yang mampu memfasilitasi akses internet secara praktis.

Perkembangan Internet.org

Sejak diluncurkan dan diumumkan pada khalayak ramai, internet.org sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat dan menggembirakan. Bahkan Internet Edu Summit berhasil digelar untuk pertamakalinya pada tanggal 9 Oktober 2014 di New Delhi, India. Fokus yang dibahas pada Internet Edu Summit yakni pada pengembangan akses internet dengan berbagai bahasa selain bahasa Inggris. Dengan demikian diharapkan keberadaan internet yang user friendly bisa diakses masyarakat secara lebih mudah dan leluasa.




Ajang besar di bidang teknologi dan internet itu sengaja diselenggarakan di India agar masyarakat India yang belum mengenal internet bisa memperoleh informasi dan pengetahuan baru mengenai kemudahan akses internet yang digagas oleh internet.org.

Baca juga: TheFind, Mesin Pencari Belanja Online yg Resmi Diakuisisi Facebook

Yuk Mengakses Intenet Bersama Internet.org

Tercatat hingga awal tahun 2015, layanan internet.org sudah bisa diakses oleh beberapa negara seperti Zambia, Tanzania, Ghana, Kenya, India, Guatemala serta beberapa negara tertinggal lainnya di kawasan Afrika. Melalui smartphone #Android atau aplikasi pada feature phone, akses internet.org bisa dilakukan dengan mudah secara gratis.

Ada 13 situs yang bisa diakses dengan internet.org diantaranya adalah #Google, Wikipedia dan Facebook. Sehingga proses penyebaran informasi mengenai kesehatan, pendidikan dan informasi berita lainnya bisa disampaikan ke masyarakat secara cepat dan efektif.

Masyarakat pengguna internet diharapkan tidak menjadi masyarakat yang malas, melainkan menjadi masyarakat yang lebih aktif dan terbuka terhadap perkembangan peradaban dan teknologi di dunia. Sehingga para generasi muda dapat mempelajari banyak hal dari internet dan mengaplikasikannya sesuai dengan passion atau kehidupan sehari-hari. Waktunya kita ikut menyebarkan informasi seputar internet.org untuk mendukung upaya mencerdaskan masyarakat dunia !




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud