Inilah Trik Untuk Naik Tingkat Dari Profesional Menjadi Expert

menjadi expert

Image dari Aprilneillprblog.com

Dalam menjalankan sebuah pekerjaan baik itu di instansi pemerintah atau di perusahaan swasta, tentunya kita sebagai pekerja perlu untuk memberikan yang terbaik dalam hal kinerja maupun loyalitas. Hal ini memang sangat dituntut ada dalam diri setiap pekerja sebagai prasyarat mendapatkan title professinal.

Menjadi pekerja yang profesional berarti menjalankan semua pekerjaan sesuai dengan harapan dan juga SOP yang ditentukan oleh tempat bekerja. Menjadi profesional juga layak untuk di apresiasi karena kita telah menjalankan kewajiban kita dengan semestinya. Namun apakah menjadi profesional saja cukup? Tentu tidak. Bagi Anda yang mempunyai jiwa berkembang, tahap berikutnya yang harus diraih adalah menjadi seorang expert atau ahli.

Pentingnya Kemauan Untuk Terus Berkembang

Kenyataan yang telah berkembang saat ini, pandangan masyarakat luas terhadap terhadap kinerja tugas instansi pemerintah yang mengurusi keperluan masyarakat ternyata dinilai tidak terlalu memuaskan. Mulai dari lambatnya proses pelayanan, hingga adanya pungutan liar tak jarang menjadi alasan mengapa masyarakat enggan jika harus berurusan dengan para petugas instansi pemerintah.

Apa yang menjadi masalah? Ternyata motivasi untuk mau terus berkembang dituduh menjadi biang kerok mengapa banyak petugas instansi pemerintah yang kurang cakap menjalankan tugasnya. Kita tidak bisa memukul rata karena pada kenyataannya juga masih banyak pegawai pemerintah yang menjalankan fungsi dan tugasnya dengan sangat baik.

Artikel lain: 6 Cara Profesional Promosikan Diri Di Kantor Agar Karir Cepat Melambung

Mereka itulah yang berhak menyandang sebutan sebagai pekerja profesional karena bisa melaksanakan apa yang menjadi tugasnya. Namun seperti yang telah disampaikan sebelumnya, menjadi seorang pekerja profesional saja tidak cukup. Alasan pertama yakni karena menjadi seorang pekerja profesional memang kewajiban semua pekerja. Bekerja secara profesional sama artinya dengan menjalankan semua prosedur kerja yang telah ditetapkan, menaati semua peraturan dan juga memperoleh hasil target kerja yang telah dipatok sebelumnya.

Inilah alasan mengapa bekerja sebagai seorang profesional saja tidaklah cukup. Kita sebagai bangsa yang sangat besar bahkan harusnya mempunyai budaya dan etos kerja yang tinggi terus berkembang. Perkembangan inilah yang nantinya akan membawa seorang pekerja profesional naik tingkat yakni menjadi seorang expert atau ahli.

Langkah Menjadi Seorang Ahli

Di lain sisi, seorang ahli tentu bukanlah sembarangan orang yang menjalankan sebuah pekerjaan tertentu. Seorang ahli dinilai tidak hanya dari hasil kerjanya namun juga dedikasi terhadap apa yang mereka lakukan. Dedikasi inilah yang membedakan antara seorang pekerja biasa dengan ahli di bidang tertentu.

Setidaknya ada 3 poin yang bisa membantu kita untuk lebih cepat mencapai posisi sebagai seorang ahli. Berikut ulasan tentang 3 poin penting tersebut.

1. Selalu Mencintai Pekerjaan

Ternyata poin pertama untuk bisa menjadi seorang ahli bukanlah memiliki keterampilan skill yang luar biasa terkait dengan pekerjaan yang mereka tekuni. Poin pertama untuk bisa menjadi seorang expert atau ahli justru datang dari dalam jiwa yakni orang tersebut harus senantiasa mencintai apa yang ia kerjakan. Semua ahli di dunia ini merupakan mereka yang mencintai pekerjaan bahkan dalam tataran yang lebih tinggi, mereka mengabdikan diri mereka untuk pekerjaan.




Di sisi lain ketika kita mencintai apa yang kita kerjakan, tentu kita akan merasa lebih senang dan mudah untuk menekuni hal tersebut. Ini pulalah yang bisa mendorong seseorang untuk meningkatkan skill dan pemahaman terhadap sebuah bidang. Namun bagaimanapun, jika kita ingin jadi seorang expert, loyalitas lah yang dituntut sebagai poin utama.

2. Perbanyak Jam Terbang

Mayoritas dari mereka yang disebut sebagai ahli, mempunyai jam kerja di sebuah bidang yang cukup lama. Mereka sudah lama menekuni bidang tersebut dan dengan konsisten mendalaminya hingga saat ini. Sama seperti ketika kita ingin mencapai sesuatu, tentu tidak bisa dijalankan dengan instan. Perlu waktu, upaya dan juga kesiapan untuk menghadapi beragam masalah yang mungkin timbul saat kita mencapai tujuan tersebut.

Sama hanya seperti ketika ingin menjadi seorang export kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bahkan dalam beberapa literatur disebutkan, adanya rumus deep practise x 10.000 jam, artinya adalah seseorang bisa dikatakan sebagai ahli jika telah menghabiskan 10.000 jam menekuni sebuah bidang. Memang angka ini tidak bisa dipandang secara kaku yakni harus mencapai angka tersebut. Namun yang pasti, ukuran 10.000 jam dinilai tepat untuk melabeli seseorang dengan kata “matang” menjalani pekerjaannya.

Baca juga: Ingin Menjadi Profesional Di Kantor? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini

3. Selalu Bermimpi Besar

Salah satu hal yang menyenangkan ketika kita ingin mencapai sebuah tujuan adalah bermimpi. Tidak ada orang yang dikenakan biaya untuk setiap mimpi besar yang mereka miliki. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita menggantung mimpi setinggi tingginya.

Ini pulalah yang juga bisa mengantarkan kita untuk menjadi seorang ahli di bidang tertentu. Dengan memiliki mimpi yang tinggi, praktis kita akan terus dipacu untuk mencapai tahap yang makin meningkat dari waktu ke waktu.

Selain itu, jika dibandingkan antara seorang ahli dengan seorang pekerja profesional, target impian juga bisa menjadi pembeda antara keduanya. Para profesional cenderung mempunyai target jangka pendek, sedangkan mereka yang bisa dikatakan sebagai ahli selalu mempunyai target jangka panjang bahkan tak sungkan untuk memperpanjang targetnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud