Inilah Tips Mencari Supplier Toko Online

Cara-Jitu-Mencari-Supplier-Toko-Online

Banyak sekali faktor yang harus diperhatikan dalam menjalankan suatu #toko online. Kita ternyata tak hanya dituntut untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya melalui dunia maya, namun kita juga harus menjalankan proses bisnis dengan teliti dan cermat. Salah satu hal yang harus dijalankan dengan cermat adalah bagaimana kita mencari supplier untuk toko online kita. Dalam hal ini tentunya kita membicarakan model toko online yang menggunakan sumber produk dari pihak luar, bukan milik kita sendiri.

Mencari supplier untuk toko online bukanlah perkara yang mudah. Kita harus lebih teliti untuk melihat supplier mana yang mampu menjalin relasi yang baik serta mampu menyediakan pasokan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Langkah-langkah berikut ini tentu dapat membantu kita menemukan dan menjalin hubungan dengan supplier toko online yang terpercaya:

Siapkan Dulu Kelengkapan Toko Online Kita

Tentu akan lebih mudah menghubungi supplier jika kita telah memiliki toko online yang siap beroperasi, memiliki domain sendiri dan sudah memiliki konsep untuk menjalankan proses bisnis online. Dengan demikian, supplier bisa memperoleh keyakinan bahwa kita adalah mitra bisnis yang terpercaya meskipun kita merupakan pemain baru di bidang toko online.

Artikel lain: Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Kita jadi punya alasan untuk mengajak supplier melihat persiapan dan proses bisnis yang akan segera berjalan di toko online kita. Kesan yang profesional bisa ditampilkan melalui kelengkapan perangkat bisnis online yang kita siapkan sebelum menjalin kerjasama dengan supplier.

Mulailah mengidentifikasi merek-merek terkenal, Produk apa yang kita perkenalkan dan kita pasarkan di toko online? Apakah produk-produk fashion, kuliner atau aksesoris?




Setelah menentukan produk apa yang kita jual di toko online, barulah kita bisa mengidentifikasi merek-merek sejenis yang menjadi kompetitor kita. Misalnya saja kita memiliki toko online yang menjual produk fashion, maka bisa dikatakan bahwa Berry Benka adalah salah satu brand terkenal yang menjadi kompetitor kita karena menjual produk sejenis. Dari situlah kita bisa mulai mengidentifikasi supplier mana saja yang men-support beragam produk fashion di Berry Benka.

Mencari Supplier yang Mau Menerima Reseller atau Dropship

Untuk tahap awal dalam pengembangan bisnis online, kita bisa berupaya mencari supplier yang mau menerima reseller atau dropship baru. Menjadi reseller bisa menjadi pilihan yang tepat bila produk yang akan kita jual memiliki banyak peminat dan aliran perputaran barang dan uanganya sangat cepat.

Sementara menjadi dropshipper lebih cocok bagi kita yang memiliki keterbatasan tempat untuk menyimpan persediaan produk dan keterbatasan dana untuk memperoleh stok produk. Dengan demikian, kita tak akan merasa terbebani dengan stok produk yang berlebihan.

Meningkatkan Trafik Potensial ke Website

Saat toko online belum beroperasi, bukan berarti kita bisa duduk diam dan membiarkan website toko online kita menjadi kosong. Kita dapat mulai membangun konten-konten yang menarik untuk memancing keingintahuan para pengguna internet. Nilai trafik pengunjung yang tinggi juga menjadi salah satu upaya awal untuk membangun toko online yang ramai dikunjungi dan diminati pengguna internet. Para calon supplier pun dapat memandang hal ini sebagai salah satu langkah awal yang proaktif.

Bila Pengajuan ke Supplier Ditolak

Saat pengajuan kerjasama kita kepada supplier mengalami penolakan, jangan langsung berkecil hati dan putus asa. Karena kita masih bisa mencoba membangun toko online berbasis afiliasi atau mencoba kerjasama dengan supplier lain. Sehingga kita tidak perlu menjual produk apa pun di toko online kita, yang diperlukan adalah reputasi dan trafik pengunjung yang tertarget.




Reputasi tersebut akan membuat banyak pengguna internet sering berkunjung ke website kita dan kita dapat bertindak sebagai affiliater. Mulailah memasarkan produk-produk milik toko lain dan memperoleh keuntungan dari hal tersebut. Bukankah hal tersebut cukup baik karena kita bisa memperoleh keuntungan dengan modal yang sangat minim?

Baca juga: Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Persaingan bisnis yang ketat tentu menuntut kita untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi dalam berbisnis, salah satunya dengan memanfaatkan internet. Karena tak selamanya toko online yang menjual produk fisik akan memperoleh keuntungan besar, maka kita harus menyiapkan beragam upaya untuk mempertahankan reputasi dan menjalin hubungan baik dengan seluruh pihak yang terlibat dalam proses bisnis di toko online kita.



10 total comments on this postSubmit yours
  1. Reseller n dropshipper menjanjikan di era internet ini. Memotong jalur distribusi. Pinter2 nyari info n kreatif dalam memanfaatkan sosmed n blog, menjadikan bisnis ini amat cerah

  2. Sekarang ini persaingan toko online dari e commerce sangat mempengaruhi kami para pelaku bisnis online yang mandiri, mengingat mereka menjual produk dengan harga yang sangat-sangat murah sehingga menjatuhkan harga pasar

  3. Mau mencari supplier novel bekas, ada yang mw bantu? Minta infonya.

  4. mencari supplier yang terpercaya yang bisa memberikan informasi yang tepat saat dibutuhkan adalah hal paling vital jika ingin terjun ke dalam bisnis dropshipper..

  5. Supplier yang terbaik adalah yg responship, mudah dihubungi. Mengerti masalah yg reseller hadapi.

  6. emang susah banget nyari suplier, saya mau bisnis bidang barang unik. tapi susah nyari suplier yang bisa diajak kerjasama.

  7. saya sangat ingin membuka toko online yg besar dlm bidang acc komputer. mungkin anda bisa kasih saran atau kasih tahu saya tentang suplier yg terpercaya. trimakasih . artikel anda sangat barmanfaat buat sy. posting terus artikel yg berbobot lainya. sy tunggu artikelnya..

    • Saya bisa mensuplier rak server untuk anda

  8. Kalau masalah suplier asal mau berusaha nyari pasti dapat yg murah dan bagus pelayanannya , tp bagaimana dengan pemasarannya ? Terutama produk fashion ? Apakah toko online masih diperlukan mengingat peran sosmed mengambialih fungsi mesin pencari

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud