Inilah Telenta Brilian Berdarah India yang Kini Pimpin Perusahaan Teknologi Top Dunia

Image dari Newsfactor.com

Image dari Newsfactor.com

Dalam perkembangan teknologi dunia, kebanyakan pasti beranggapan bahwa yang menduduki puncak kepemimpinan dari banyak perusahaan teknologi adalah orang Barat, dalam hal ini orang keturunan Amerika atau Eropa. Dulu memang seperti itu, namun perlahan kini talenta dari belahan dunia lain sudah mulai menampakkan tajinya  bahkan mampu bersaing dengan para jenius #teknologi dari bangsa Amerika atau Eropa.

Salah satu trah keturunan yang nampak semakin gemilang di bidang teknologi datang dari semenanjung selatan benua Asia, yakni India. Siapa sangka negeri indah yang terkenal dengan industri film Bollywood nya tersebut juga menyimpan sangat banyak potensi di dunia teknologi. Bahkan tak tanggung, baik mereka yang mempunyai darah asli atau campuran india dengan keturuan lain, mampu menduduki posisi tertinggi di beberapa perusahaan teknologi top dunia.

Siapa sajakah mereka? Berikut telah kami rangkumkan informasinya.



1. Sundar Pichai – CEO Google

Sundar Pichai bisa disebut sebagai warga keturanan India yang paling sukses dalam industri teknologi. Bagaimana tidak, seperti yang pernah kita bahas sebelumnya ia kini menempati posisi panas sebagai CEO #Google paska adanya restruklturisasi dalam tubuh perusahaan raksasa tersebut.

Dalam banyak pemberitaan sosok yang sangat diperhitungkan ini, dinilai mempunyai kemampuan di atas rata-rata tidak hanya dalam hal teknis terkait produk teknologi namun juga dalam management. Inilah yang menyebabkan duo pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin tidak ragu menyerahkan tanggung jawab tersebut pada dirinya.

Artikel lain: Janji Rombak Microsoft, Inilah 4 Bukti Transformasi yang Diusung Satya Nadella

2. Satya Nadella – CEO Microsoft

Sebagai tandem dalam persaingan warga keturunan India yang paling sukses di dunia teknologi, nama kedua yang muncul adalah Satya Nadella. Ia yang kini memimpin perusahaan perangkat teknologi terkemuka #Microsoft tentu bukan pribadi yang biasa. Bahkan dalam sejarah baru ada 2 orang yang pernah memegang posisi tersebut, dan dua-dua nya mempunyai background yang erat dengan awal mula berdirinya perusahaan.

Bagaiman dengan Nadella? Ia yang sudah bekerja selama 20 tahun di Microsoft benar-benar beranjak dari dasar karir hingga mampu meraih posisinya saat ini. Pria yang pernah menduduki posisi Vice President divisi online service Microsoft’s cloud computing tersebut akhirnya dipercaya menjadi CEO Microsoft berkat keberhasilan serta inovasinya yang luar biasa terhadap produk dan layanan Microsoft.

3. Rashmi Sinha – Co-founder SlideShare

Sebagai inspirasi bagi kaum hawa, nyatanya ada juga wanita India yang berhasil menembus ketatnya jajaran eksekutif perusahaan teknologi di Amerika. Ia adalah Rashmi Sinha yang saat ini menjadi co-founder dari perusahaan layanan online SlideShare. Perusahaan yang mempunyai jaringan internasional tersebut berhasil lahir dari tangan dingin seorang Rashmi bersama beberapa rekannya. Bahkan wanita dengan darah India murni ini sempat masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh dalam era Web 2.0 versi Fast Company 2008.

4. Shantanu Narayen – CEO Adobe

Warga keturunan India yang sukses di industri teknologi berikutnya adalah Shantanu Narayen. Pria dengan segudang pengalaman tersebut mulai masuk ke industri teknologi Amerika saat ia melanjutkan pendidikan di Bowling Green State University mengambil konsentrasi bidang Ilmu Komputer. Kala itu ia sudah mulai mengembangkan perusahaan Adobe yang populer dengan beragam software bermanfaat.

Kini ia duduk sebagai Presiden sekaligus CEO Adobe yang membawahi semua proses management, produksi, pemasaran serta pengembangan dari layanan Adobe. Sebelum masuk ke perusahaan Adobe, nyatanya Narayen  juga pernah mengeyam karir di perusahaan teknologi top lain yakni Apple dan Siliocn Graphics.

5. Padmasree Warrior – CTO Motorola

Dari nama yang sangat berkarakter, terlahir seorang wanita luar biasa yang kini menjadi Chied Technology Officer (CTO) perusahaan perangkat telekomunikasi Motorola. Padmasree yang lahir di daerah Vijayawada, Andhra Pradesh, India tersebut merupakan sosok wanita yang sangat bertalenta.

Pengalaman dan daya ciptanya dalam bidang teknologi komunikasi yang melebihi banyak orang kini telah mengatar dirinya pada posisi penting tersebut. Ia yang pernah bekerja di perusahaan Cisco System tersebut bahkan digadang-gadang akan menjadi suksesor CEO Cisco John Chambers.

Baca juga: Inilah 7 CEO Perusahaan Teknologi dengan Gaji Tertinggi

6. Vinod Khosla – Founder Sun Microsystem

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Vinod Khosla. Tidak seperti kebanyakan yang masuk ke perusahaan berstatus pegawai, Khosla justru merupakan founder atau pendiri dari sebuah perusahaan di bidang programming yakin Sun Microsystem. Berkat kerja keras dan dedikasinya, ia berhasil memperluas kerajaan bisnisnya di bidang teknologi, seperti dalam penyedia jaringan optik berkecepatan tinggi serta layanan telekomunikasi Cerent.

Jika ditelisik lebih dalam, tentu kita masih akan menemukan banyak nama warga keturunan India yang kini sukses pada industri teknologi tingkat dunia. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana warga India bisa berkembang dengan sangat pesat hingga mampu menembus persaingan global? Jawabanya akan kita  bahas pada artikel selanjutnya. Stay tune.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Luar biasa nih talenta dari India, kapan ya dari Indonesia jadi CEO Google

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud