Inilah Statistik Pencapaian Facebook di Tahun 2014

Statistik-Pencapaian-Facebook

Tertanggal 29 Januari pukul 05.20 kemarin pendiri media sosial Facebook, Mark Zuckerberg menyampaikan sebuah informasi menarik lewat akun pribadinya. Dirangkum dalam sebuah tampilan infografis yang menarik, Mark menunjukkan data statistik pencapaian Facebook selama tahun 2014 lalu.

Dalam infografis tersebut terpampang jelas bahwa hingga penghujung tahun 2014, jumlah pengguna aktif komunitas #Facebook mencapai 1,39 miliar orang tiap bulannya! bisa dibayangkan dengan total populasi manusia di dunia sebanyak 7,2 miliar orang, berarti kurang lebih 1 dari 7 orang di dunia ini sudah berstatus sebagai Facebooker aktif.

Dalam posting itu juga, eksmud terkaya di dunia tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat dan menjadi bagian komunitas layanan Facbook. Karena berkat loyalitas pengguna juga lah, Facebook bisa berkembang sebesar seperti saat ini.  Disamping jumlah pengguna aktif, Mark juga membocorkan beberapa statistik data lainnya. Ingin tahu? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Jelang 2015, Facebook Akan Berbenah Dalam 3 Hal Ini

Facebook Menjadi Jaringan Komunitas Online Terbesar

Tahun 2014 menjadi tahun yang layak dibanggakan bagi perusahaan digital Facebook Inc. Setelah sempat diramalkan meredup dan bakal tergeser beberapa media sosial populer yang lain, nyatanya Facebook tetap mampu mempertahankan bahkan meningkatkan loyalitas penggunanya di seluruh dunia.

Kembali pada data infografis yang sempat diposting Mark, di dalamnya juga disebutkan beberapa raihan bulanan dari layanan Facebook Inc. yang lain. Diantaranya terdapat 700 juta pengguna aktif #Whatsapp, 300 juta via #Instagram, 500 juta via Facebook Messenger dan juga tak kurang dari 700 juta pengguna aktif di Facebook Group.

Seperti diketahui Facebook dalam beberapa tahun terakhir memang cukup banyak melakukan akuisisi bisnis untuk memperlebar sayap dalam persaingan layana social networking. Dan kini hasilnya telah nampak, perlahan sayap usaha seperti Instagram dan Whatsapp memberikan kontribusi besar naiknya statistik komunitas Facebook.

Dari data bulanan tersebut jika dikonversi pada time frame yang lebih kecil, setiap harinya setidaknya terdapat 890 juta user aktif bersosial via layanan Facebook. Dari angka tersebut lebih dari 3 juta video disaksikan, 7 juta “jempol” dilayangkan, dan  2 juta foto diupload tiap harinya.

Tentu bukan capaian yang kecil, jumlah tersebut bahkan mengalahkan beberapa pesaing layanan social networking lain macam #Twitter ataupun #Google+. Riuhnya komunitas Facebook menjadi bukti bahwa arus keterkaitan antar satu layanan Facebook dengan yang lain berjalan dengan sangat baik.

Langkah Startegis di Tahun 2014

Di tahun 2014, Facebook juga telah melakukan beberapa langkah besar. Dalam hal akuisisi, selama medio 2014 sudah 2 perusahaan besar yang digaet media sosial “biru laut” tersebut. Dua perusahaan tersebut adalah platform mobile messaging Whatsapp dan perusahaan perangkat #teknologi Oculus. Untuk platform Whatsapp memang telah mulai aktif sejak pertama masuk jaringan Facebook.

Namun untuk Oculus, Facebook menyimpan proyek besar sebagai senjata rahasia masa depan. Dikabarkan perusahaan penghasil hardware game 3D tersebut akan menggabungkan sensasi bersocial media layaknya bertatap muka secara langsung. Hal tersebut memang masih disimpan rapat oleh Facebook, yang jelas visi media sosial masa depan sedang digodok developer Facebook saat ini.




Selain itu pengembangan besar-besaran juga dilakukan dalam hal mobile platform. Potensi akses via perangkat mobile memang sangat menggiurkan untuk digarap banyak perusahaan teknologi. Facebook tentu tidak ingin kalah saing, data hingga kuartal 4 tahun 2014 menunjukkan bahwa pengguna yang mengakses melalui perangkat mobil terus tumbuh signifikan hingga mencapai 526 juta user per bulannya.

Pada awal 2014 lalu Facebook resmi memisahkan #aplikasi mobile Facebook menjadi 3 layanan, yakni Facebook Core, Messenger, dan Facebook Group. Selain itu untuk mengantisipasi banyaknya negara dengan kecepatan internet minim,  dikeluarkan juga versi Facebook Lite yang lebih ramah bandwith sehingga meringkan aksesnya.

Baca juga: Cara Membuat Status Terjadwal Di Facebook Fans Page

Tidak hanya prestasi dalam pencapaian jumlah user aktif, pendapatan Facebook pun dilaporkan juga meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk kuartal 4, 2014 saja pendapatan bersih Facebook mencapai USD 3.85 miliyar atau setara dengan Rp 48 triliun. Dan secara total, di tahun 2014 perusahaan dengan kantor pusat di Menlo Park, California tersebut meraup pendapatan USD 12,5 miliar atau setara lebih dari Rp 156 triliun.

Lalu bagaiman dengan tahun 2015? Wajib ditunggu pencapaian besar apa lagi yang akan dicapai Facebook di tahun ini.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Facebook sukses, kebalikan dengan google, tahun 2014 tidak bisa mencapai target meski pendapatan lebih besar daripada tahun sebelumnya, tapi semoga pendapatan GA kita tidak ikut turun..

  2. makin turun deh pendapatan iklan google adsense saya. di lahap habis oleh Facebook ;-(

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud