Inilah Resep Rahasia Di Balik Kesuksesan Orang Jepang

Inilah Resep Rahasia Di Balik Kesuksesan Orang Jepang

karakter orang jepang

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas karakter apa sajakah yang membuat warga keturunan Tionghoa banyak yang mampu meraih kesuksesan besar. Nah, masih bertaut dengan artikel tersebut, kali ini kita akan menelisik kiat sukses yang dimiliki oleh orang Jepang hingga tak jarang kita mendengar banyak kisah sukses dari negeri matahari terbit itu.

Seperti kita tahu, Jepang merupakan salah satu negara maju yang ada di kawasan Asia. Bahkan untuk beberapa industri seperti elektronik, otomotif dan hiburan, Jepang mampu meraih puncak persaingan di kancah internasional.

Negara Jepang bisa berkembang dengan begitu pesat, tentu tidak terlepas dari karakter masyarakat Jepang sendiri. Selain pekerja keras, nyatanya ada beberapa karakter positif lain yang senantiasa di pegang warga Jepang. Ingin tahu apa saja karakter orang Jepang yang mampu membawa kesuksesan besar? Berikut ulasannnya.

1. Besarnya “Kemaluan” Orang Jepang

Ilustrasi via Pixabay

Jangan negatif thinking dulu membaca tulisan di atas, karena maksud dari “kemaluan” adalah  rasa malu yang menjadi salah satu nilai budaya Jepang. Orang Jepang sejak jaman dahulu memang sangat ketat menanamkan budaya untuk selalu merasa malu jika melakukan hal  buruk atau gagal menjalankan sesuatu.

Pernah mendengar budaya hara-kiri? Ritual mengakhiri hidup tersebut sejak dulu menjadi jalan terakhir bagi seseorang, atau para samurai zaman dulu, yang melakukan kesalahan tidak pantas. Mereka bahkan hingga berfikir, dari pada hidup menanggung rasa malu, akan lebih baik menuntaskan dengan cara tragis tersebut.

Di era modern mungkin budaya hara-kiri tidak dilakukan dengan cara se-ekstrim itu. Sebagai contoh banyak petinggi atau anggota pemerintahan yang langsung mengundurkan diri dari jabatannya sesaat setelah ia diketahui atau disangka melakukan hal buruk. Jika di Indonesia bagaimana? rekan-rekan sudah tahu sendiri jawabnya.

Artikel lain: Kenapa Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Sukses? Ini Rahasianya

Berkat karakter inilah, tata kelola dan kehidupan orang Jepang bisa berjalan dengan sangat baik dan terus berkembang. Dalam dunia bisnispun, mereka yang merasa tidak kompeten, praktis akan mundur teratur digantikan oleh mereka yang benar-benar bisa mengembangkan bisnis jauh lebih baik.

2. Orang Jepang Tak Berhenti Berinovasi

Ilustrasi via Pixabay

Karakter kedua yang mampu mengantar Jepang menjadi salah satu negara industri terbesar adalah selalu berusaha menciptakan inovasi. Jepang dikenal sebagai negara yang banyak sekali menelurkan inovasi #teknologi dengan berbagai manfaat yang bisa kita nikmati saat ini.

Pada dasarnya yang menjadi ruh dari giatnya orang Jepang berinovasi adalah keinginan untuk memecahkan berbagai masalah dengan cara yang lebih mudah. Inilah sebabnya banyak produk atau ciptaan penting dunia yang dikembangkan oleh orang Jepang.

Inovasi dalam dunia bisnis juga merupakan hal yang sangat penting. Dengan tingkat persaingan yang semakin meningkat setiap saat, Jepang berhasil terus survive berkat kerja keras untuk berinovasi. Ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita orang Indonesia.

Pasalnya kita sebenarnya memilki banyak sekali talenta dengan kreatifitas tinggi, namun akhirnya potensi tersebut melempem akibat tidak segera diubah menjadi inovasi nyata.

3. Orang Jepang Pantang Menyerah

Ilustrasi via Pixabay

Tahun 1945, mungkin menjadi salah satu masa yang paling menggembirakan bagi bangsa Indonesia, namun tidak untuk jepang. Pada tahun tersebut Jepang berduka akibat bom atom yang dijatuhkan Amerika hingga meluluh lantahkan dua perfektur sentral, wilayah Hiroshima dan Nagasaki.

Tak berhenti di situ, Jepang yang saat itu telah menyerah kalah dalam perang melawan Amerika, dihantam bencana susulan yakni gempa besar di wilayah Tokyo yang ikut melumpuhkan berbagai sendi kehidupan. Ini tercatat sebagai salah satu era paling gelap dalam sejarah bangsa Jepang.

Baca juga: Soichiro Honda ~ Pendiri Perusahaan Otomotif Dunia Honda Motor

Namun hal yang luar biasa terjadi, berkat karakter kerja keras dan tak mau larut dalam masalah, Jepang dengan sangat cepat bisa menyusun kembali struktur negara dan juga perekonomiannya. Lewat industri otomotif, Jepang berhasil kembali bangkit. Disusul dengan keberhasilan banyak pebisnis dengan beragam inovasinya, perlahan justru Jepang bisa kembali “menjajah” banyak negara lain dengan beragam produk karyanya.

Sebagai wujud pendidikan mental, bahkan Jepang mempunyai satu bidang ilmu yang khusus mempelajari tentang kegagalan yang dikenal dengan istilah shippaigaku.

Karakter di atas adalah sedikit dari karakter dasar orang Jepang yang selalu di pegang teguh dalam hidup. Secara budaya, Indonesia memang berbeda dengan Jepang. Namun bukan tidak mungkin karakter-karakter positif tersebut kita saring dan terapkan dalam kehidupan kita dalam upaya mencapai kesuksesan.

3 KOMENTAR

  1. Keren. Sangat berinovatif. Orang jepang.
    Dan semoga saja orang indonesia juga berinovtif dan pantang menyarah

  2. Inspiratif, thanks banget ya untuk sharingnya :)
    Semoga kita bisa menerapkan ke-3 sikap (sifat) tersebut dilingkungan masyarakat Indonesia :)

  3. Setuju sangat, Pesen artikel tentang bagaimana cara pemerntah harus membuat masyarakatnya harus mempunyai cara pandang yang hebat donk hehe Terimakasih.

Tinggalkan Balasan