Inilah Pencarian dan Meme Terpopuler dari Google Sepanjang Tahun 2015

pencarian terpopuler Google 2015

Image dari Chirpstory.com

Menjelang akhir tahun 2015, Google sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di ranah #mesin pencarian kemudian mengumumkan datar tahunan ‘Year in Search 2015’. Pengumuman ini sendiri dilakukan di Conservatory, Jakarta, pada Rabu (16/12/2015) oleh perwakilan Google Indonesia yaitu Putri Silalahi selaku Communications Head of Google Indonesia. Menurut Putri, 10 kata pencarian yang paling booming di tanah air pada tahun ini terdengar begitu unik dan mengejutkan.

Year in Search 2015 sendiri adalah sebuah kilas balik (kaleidoskop) daftar kata pencarian (query) yang paling populer di sepanjang tahun 2015. Daftar ini sendiri didasarkan pada hasil pencarian netizen terhadap suatu kata yang ditelusuri lewat #Google (www.google.co.id).

Mekanisme Penetapan Kata Pencarian Terpopuler

Pada proses penetapan kata pencarian terpopuler tahun ini Google melakukannya dengan cara atau mekanisme yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan itu terlihat dari pengelompokan pencarian terpopuler Google bukan berdasarkan pencarian bukan berdasarkan momen paling tinggi.

Mekanisme ini sendiri kemudian disebut Google sebagai Micro Moments, di mana netizen benar-benar menganggap #smartphone-nya seperti teman untuk bertanya apa pun sampai ke level pertanyaan paling mudah sekali pun.

Artikel lain: Ini Dia Beberapa Meme Profil Populer Dari Luar dan Dalam Negeri




Daftar Pencarian Populer Google Indonesia Tahun 2015

Di peringkat pertama daftar pencarian kata di Google Indonesia ditempati oleh kata “batu akik”. Ya sepanjang tahun 2015 ini batu akik memang telah menjadi fenomena yang sangat besar dan booming di Indonesia. Boomingnya batu akik ini bisa dilihat dari penujual batu akik yang hampir bisa dijumpai di sepanjang jalan. Pencarian batu akik sendiri di Google Indonesia berkisar seperti ciri-ciri batu akik yang asli, cara membedakannya dan lain sebagainya.

Di peringkat kedua dalam daftar ada kata Go-Jek yang juga telah menjadi fenomena besar di tahun ini. Di peringkat ketiga sendiri ada kata kue cubit yang menjadikan banyak orang penasaran dengan resep-nya yang lezat tersebut. Selain kue cubit ada juga pencarian resep kue cubit green tea yang juga banyak digemari orang. Secara lengkap, berikut daftar 10 besar pencarian terpopuler Google sepanjang 2015:

  1. Batu akik
  2. Go-Jek
  3. Kue Cubit
  4. Angeline
  5. Olga Syahputra
  6. Dubsmash
  7. Furious 7
  8. Tragedi Mina
  9. Goyang Dumang
  10. Piala Presiden.

Kategori Baru dalam ‘Year in Search 2015’

Selain mengumumkan daftar pencarian kata terpopuler di tahun 2015, dalam kesempatan yang sama Google juga mengumumkan kategori lain berdasarkan momen yang sedang menjadi topik pembicaraan banyak orang di #media sosial sepanjang tahun 2015. Pada kategori selain pencarian kata terpopuler setidaknya ada 6 kategori yang kali ini kembali diusung Google yaitu peristiwa nasional, peristiwa internasional, tokoh, selebriti, apa itu dan resep.

Selain ke tujuh kategori ini, Putri Silalahi, Communications Head of Google Indonesia saat itu juga mengungkapkan 3 kategori baru khusus untuk Indonesia di tahun 2015 ini. Ketiga kategori baru tersebut adalah meme, mode dan kecantikan, serta bagaimana cara (how to).

Baca juga: 4 Trik Sederhana Untuk Mengoptimalkan Hasil Pencarian Di Google




Haji Lulung, Meme Terpopuler Google Indonesia Tahun 2015

Pada kategori meme terpopuler tahun 2015 sendiri ada nama Haji Lulung pada posisi pertama. Peristiwa penyelidikan atas dugaa korupsi UPS yang dilakukan oleh anggota DPRD DKI Jakarta saat itu memang menyeret nama Haji Lulung, anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PPP pada kasus ini.

Menariknya bukan keterlibatannya pada kasus korupsi yang membuat Meme Haji lulung menjadi populer, namun pada tingkah, sikap dan komentar konyolnya yang menjadikan kemudian orang ini populer. Bahkan saking populernya, beberapa kali kode hastang #SaveHajiLulung sempat menjadi trending topic dunia. Dari sini beberapa artis dunia pun seperti Taylor Swift, Justin Bieber dan Zayn Malik juga ikut-ikutan merespon #SaveHajiLulung ini.

Diurutan kedua setelah meme Haji Lulung ada meme “Banjir Jakarta” diurutan kedua dan meme “Sudah Kuduga” diurutan ketiga dalam daftar meme terpopuler Google Indonesia tahun 2015. Sedangkan untuk momen internasional paling dicari netizen sendiri tahun ini adalah insiden perseteruan Valentino Rossi dengan Marc Márquez pada gelaran MotoGP 2015.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Menarik..haha

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud