Inilah Daftar Profesi dan Bidang Perusahaan yang Paling Diminati Pencari Kerja Selama Ramadhan

Image dari Raprindo.co.id

Image dari Raprindo.co.id

Salah satu momen pindah atau pergantian kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain terjadi pada masa akhir bulan Ramadhan dan lebaran. Mengapa demikian? Sebab pada masa ini banyak orang yang sebenarnya sudah merasakan mendapatkan momentum yang tepat untuk pindah kerja setelah mereka telah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) di perusahaannya tempat bekerja saat ini. Meski terkesan licik karena keluar di saat THR sudah didapat tapi memang beginilah yang banyak terjadi pada kalangan pekerja di Indonesia.

Mereka yang sebenarnya sudah ingin keluar sejak lama, namun melihat ada hak nya berupa THR di waktu dekat yang bisa diambil maka mereka para pekerja ini kemudian menahan diri untuk untuk beberapa bulan ke depan agar bisa mendapatkan THR di akhir Ramadhan. Nah dari sinilah maka kemudian muncul daftar atau data mengenai beberapa pekerjaan yang paling diminati selama masa perpindahan kerja di bulan Ramadhan ini. Daftar ini sendiri didapat dari situs pencari pekerjaan online yaitu Jobplanet.

Artikel lain: Anda Harus Mempertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Menerima Pekerjaan

Lalu pekerjaan apa saja yang paling diminati pegawai dalam momen pergantian pekerjaan selama bulan Ramadhan tahun ini? Berikut ulasannya.

Tiga Pekerjaan Paling Diminati

Berdasarkan riset yang dilakukan situs pencari kerja online Job Planet maka didapatkan data bahwa ada tiga profesi yang paling banyak dicari orang saat masa peralihan kerja di masa bulan Ramadhan. Dan profesi-profesi yang paling banyak menarik perhatian pekerja pada masa bulan Ramadhan adalah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang administrasi sebesar 43,23 persen, bidang teknologi informasi sebesar 30,05 persen, dan juga bidang hukum sebesar 14,99 persen. Rincian untuk bidang-bidang-bidang bidang pekerjaan ini adalah :




  • Bidang administrasi di antaranya, sekretaris, human resources dan general affair.
  • Bidang TI antara lain pengembang web, pengembang aplikasi dan game, hardware dan software engineer, data analyst, IT planner dan database administrator.
  • Dan bidang hukum yaitu auditor dan pengacara.

Dari data ini sendiri Kemas Antonius selaku Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia menyatakan bahwa masih banyak orang masih tertarik untuk bekerja sebagai karyawan ‘kantoran’ di masa perpindahan atau pergantian kerja pada bulan Ramadhan tahun ini.

Pekerjaan Bidang Pemasaran, Desain dan Keuangan-Akuntansi Juga Diminati

Selain bidang administrasi, TI dan hukum sendiri di peringkat selanjutnya ada beberapa bidang pekerjaan yang terpantau oleh riset dari JobPlanet. Dan bidang pekerjaan yang berada di posisi selanjutnya yang dipilih para pekerja pada masa pergantian di bulan Ramadhan yaitu bidang pemasaran (7,05%), desain (4,19%), serta keuangan dan akuntansi (0,49%).

Data yang diperoleh JobPlanet sendiri diperoleh dari sebuah riset yang dilakukan sejak awal bulan Mei hingga pertengahan Juni 2016. Riset yang dilakukan oleh Jobplanet sendiri berfokus pada sebuah analisis ketertarikan pencari kerja yang didasarkan oleh jumlah kunjungan (pageview) pekerja ke halaman berisi informasi lowongan kerja yang terdapat dalam situs Jobplanet.

Baca juga: Apakah Pekerjaan Anda Sudah Cocok? Ini Dia Tandanya

Tiga Industri Paling Diminati Pencari Kerja Secara Keseluruhan

Data JobPlanet dari hasil risetnya sendiri menemukan daftar industri paling diminati para pekerja Indonesia di masa keseluruhan waktu riset. Nah dari sini didapatkan data bahwa industri yang paling diminati oleh pencari kerja adalah industri keuangan dan perbankan sebesar 25,14 persen, industri pelayanan sebesar 16,56 persen, dan industri TI sebesar 13,70 persen. Secara lebih detail maka didapatkan data bahwa industri #keuangan dan perbankan ini terdiri dari perusahaan bank serta perusahaan asuransi dan investasi.




Sedangkan untuk industri pelayanan terdiri dari perusahaan yang bergerak dalam bisnis transportasi dan pariwisata, termasuk hotel dan restoran. Dan untuk industri TI, yang termasuk perusahaan di dalamnya adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis telekomunikasi dan internet, termasuk konsultan TI dan #startup (perusahaan rintisan) berbasis digital.

Menurut selaku Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius industri TI saat ini memang semakin bertumbuh dan berkembang. Maka dari itu industri TI ini menjadi salah satu bidang yang juga makin diminati para pekerja dari tahun ke tahun. Karena saking banyaknya peminat pada industri TI ini maka kemudian persaingan di bidang ini juga semakin ketat di setiap tahunnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Sangat cocok nih, buat para pencari pekerjaan…
    Sehingga untuk kedepannya juga dijadikan sebagai modal ilmu untuk lebih mempertajam bidang TI…
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud