Inilah Catatan 6 Nama Produk Teknologi Terburuk yang Pernah Ada di Dunia

Produk Teknologi Terburuk

Image dari Google.com

Pernyataan apalah arti sebuah nama dari Shakespears sepertinya tidak selamanya benar dan baik bagi pribadi dan kalangan. Pasalnya, ada beberapa nama produk bagi sebuah perusahaan #teknologi yang ternyata membuat bisnisnya hancur lebur. Ya, memang bisa jadi dari nama, sebuah bisnis dari perusahaan mengalami kerugian yang besar karena penjualan yang tidak mencapai target. Hal ini dikarenakan pasar memang memiliki respon tersendiri pada nama yang dihadirkan produsen.

Maka semakin baik dan menjual nama dari produk maka semakin tinggi juga respon yang akan ditunjukkan oleh pasar, dan sebaliknya. Dari sini maka muncul kisah dimana ada beberapa nama produk teknologi yang pernah mengalami kesialan karena menggunakan nama yang buruk hingga membuat penjualannya tak efektif. Lalu produk teknologi apa saja yang pernah mencatat nama yang buruk ini? Berikut ulasannya.

1. Ping

Produk teknologi pertama yang pernah tercatat memiliki nama buruk adalah Ping. Ping sendiri adalah layanan yang dikembangkan oleh #Apple pada bulan September 2010 berwujud jejaring sosial berbasis software dan berorientasi musik. Ping atau juga disebut iTunes Ping ini sendiri memang kemudian menuai protes dari Karsten Manufacturing sebuah perusahaan induk PING yang merupakan produsen peralatan golf.

Meski kemudian disepakati bahwa Apple hanya diperbolehkan  menggunakan merek dagang “Ping” untuk aplikasi iTunes saja, tapi tetap saja nama ini dianggap membinggungkan. Mengapa? Sebab nama Ping ini sendiri juga berkaitan dengan istilah “ping” pada chatting-an dan juga komputasi. Dari sinilah kemudian jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya mem-follow artis dan melihat posting-an teman dan artis ini terus menerus mengalami penurunan penggunaan.

Artikel lain: Menguak 6 Inovasi Terburuk Di Bidang Internet yang Pernah Ada

2. Asus PadFone/ FonePad

Berikutnya, produk teknologi yang pernah tercatat memiliki nama yang buruk adalah Asus PadFone dan FonePad. Produk keluaran perusahaan Asus ini memang kemudian menjadi sangat membingungkan karena sulit dibedakan dan terkesan cuma di bolak-balik saja. PadFone dan FonePad sendiri memang dua produk yang berbeda.

Jika PadFone adalah sebuah smartphone LTE dengan layar 5-inci yang juga dapat berfungsi sebagai tablet 10,1 inci bila dimasukkan ke dalam docking station, maka FonePad adalah tablet berukuran layar 7-inci yang juga dapat berfungsi sebagai telepon.

3. Eee PC

Tidak hanya PadFone dan FonePad yang merupakan produk Asus yang memiliki nama buruk, sebab produk Asus lain yaitu Eee PC juga tercatat sebagai produk dengan nama yang buruk. Eee PC sendiri merupakan produk netbook dari Asustek Computer. Sebenarnya nama Eee versi Asus memiliki akronim atau kepanjangan dari “Easy to learn, Easy to work, Easy to play”.

Tapi ternyata penggunaan Tiga huruf E ini menjadi susunan kata yang dianggap tidak menarik karena penyebutannya yang sulit. Dari sini maka kemudian pada bulan Januari 2013, Asus memutuskan untuk menghentikan produksi seri Eee PC karena dianggap penjualannya yang semakin menurun sebab kalah bersaing dengan tablet dan ultrabook.

4. Nintendo Wii

Selanjutnya, produk teknologi yang tercatat memiliki nama yang buruk adalah Nintendo Wii. Produk ini memang kemudian dianggap memiliki nama yang buruk ketimbang atau dibanding nama sebelumnya yaitu “Revolution”. Ya, sebelum Nintendo mengganti nama Wii memang konsol game ini bernama Revolution.




Sayangnya Nintendo tetap bersikukuh dengan nama Wii yang dimaksudkan sebagai kata kita (we) untuk menggambarkan sebuah konsol untuk semua orang. Perubahan nama Wii sendiri kemudian memicu protes dari beberapa pengembang video #game dan media. Mereka sendiri lebih menginginkan nama “Revolution” daripada “Wii”.

5. Qwikster

Dengan alasan kesulitan mengeja namanya, produk dari Netflix yaitu Qwikster menjadi nama berikutnya yang dianggap buruk. Karena pengucapan yang sulit ini kemudian Netflix mengubah Qwikster yang merupakan layanan pengiriman DVD ini diubah menjadi nama Humpty Dumpty kembali.

Baca juga: Inilah Daftar 5 Nama Perusahaan Teknologi yang Penyebutannya Kerap Kali Salah, Ayo Perbaiki!

6. Pentax *ist series

Terakhir, produk teknologi yang memiliki nama buruk adalah pentax *ist series. Penggunaan simbol * pada nama produk Pentax ini memang kemudian membuat pengucapan produk kamera digital SLR ini menjadi sangat sulit dilafalkan. Maka dari itu penggunaan simbol * pada nama produk ini dianggap sangat sia-sia dan tak berarti.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud