Inilah 9 Buku Layak Baca Bagi Para Pebisnis Modern Di Tahun 2016

buku bisnis 2016

Image dari Pantheonuk.org

Meskipun teknologi telah begitu majunya, namun sebagai manusia kita tetap harus bisa mengadaptasi berbagai hal yang mungkin dirasa masih terkesan tradisional. Salah satunya seperti dalam mencari informasi atau ilmu, seperti diketahui saat ini internet sudah menjelma menjadi sebuah buku raksasa yang memuat berbagai macam informasi yang dapat kita akses dengan sangat mudah. Namun walaupun seperti itu, buku cetak masih tetap wajib untuk kita “sentuh” ketika ingin mendapatkan sebuah ilmu dengan cara yang lebih klasik plus asyik.

Dan bagi para pebisnis, seorang konsultan marketing digital Aaron Agius, belum lama ini menuliskan daftar beberapa buku cetak yang nampaknya wajib untuk dibaca utamanya bagi anda yang memiliki jiwa pebisnis modern. Apa sajakah judul buku tersebut? Berikut ulasannya.

1. Biografi Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Buku yang ditulis oleh Ashlee Vance ini merupakan sebuah biografi dari tokoh teknologi terkenal Elon Musk. Melibatkan lebih dari 300 Orang terdekat dan yang mengenal Elon Musk dengan baik, buku ini menyajikan pembahasan bagaimana seorang entrepreneur teknologi membangun kerajaan bisnisnya mulai dari nol. Di dalamnya, sang penulis juga menyelipkan berbagai inspirasi dan motivasi yang dialami oleh Elon dalam masa sulitnya.

Artikel lain: Inilah 7 Pelajaran Penting Bisnis yang Bisa di Ambil dari Film Nominasi Oscar 2016




2. Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Peter Thiel merupakan salah seorang legenda hidup dunia perindustrian Amerika, yang masih aktif menebar inspirasi terkait bidang bisnis. Dan dalam buku Zero to One karyanya, Peter mengajak para pembaca untuk membayangkan perkembangan perekonomian Amerika di masa depan, dan bagaimana kita bisa mempersiapkan diri dengan beragam inovasi. Di dalam buku ini juga di ulas tentang bagaimana kita mengatasi stagnansi teknologi dengan cara membangun konsep bisnis yang unik dan berbeda dengan pesaing lain.

3. Originals: How Non-Conformists Move the World

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Jika rekan-rekan mencari buku bertema bisnis namun yang masih kental dengan unsur menghibur, buku berjudul Originals karya Adam Grant ini sangat cocok untuk Anda. Karena di dalamnya sang penulis mencoba meramu hasil studi dan penelitian dengan sejumlah anekdot tidak hanya terkait ranah bisnis namun juga politik, hiburan serta beberapa ranah lain.

Selain itu penulis juga mencoba untuk mengubah mindset para pembaca tentang bagaimana membuat jati diri yang sebenarnya dan bisa meledakkan potensi dalam diri Anda.




4. Superbosses: How Exceptional Leaders Master the Flow of Talent

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Buku “Superbosses” ini disusun oleh Sydney Finkelstein berdasarkan studi akademik selama 10 tahun terakhir. Meneliti berbagai macam karakter dan kebiasaan dari pemimpin industri besar di dunia, di dalamnya kita akan disuguhkan contoh nyata bagaimana para pemimpin tersebut menjalani kehidupan. Dan tentunya di sela-sela halaman, kita bisa menemukan berbagai inspirasi dan motivasi bisnis yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya.

5. The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail

Image dari Entrepreneur.com

Bagi rekan-rekan yang bergerak di bidang #marketing digital, buku Clayton Christense ini nampaknya sangat tepat untuk Anda baca. Di dalamnya menyuguhkan tentang bagaimana pengaruh dari perkembangan teknologi yang selalu memiliki dua sisi yakni dapat mengembangkan sekaligus mampu menghancurkan bisnis kita. Sang penulis juga menyertakan beberapa contoh nyata bagaimana brand atau perusahaan yang sudah sangat besar, bisa runtuh karena kesalahan penerapan atau ketidak pahaman terhadap perkembangan teknologi.

6. Work Rules! Insights from Inside Google That Will Transform How You Live and Lead

Image dari Entrepreneur.com

Siapa yang tidak kenal dengan #Google, dan kini salah satu petingginya yakni, Laszlo Bock yang menjabat sebagai Head of People Operations Google menelurkan buah pikir pengalaman serta filosofi kerja dari perusahaan tempatnya bekerja selama ini. Lewat bukunya, Laszlo berupaya untuk memaparkan bagaimana seorang entrepreneur dapat merangkul banyak potensi besar dan mengembangkan potensi tersebut untuk mencapai kesuksesan bisnis. Dalam buku ini, kabarnya kita juga bisa sedikit mengintip ” daleman” mbah Google lho.

7. Small Data: The Tiny Clues That Uncover Huge Trends

Image dari Entrepreneur.com

Buku karya Martin Lindstrom ini sangat cocok bagi rekan-rekan yang suka dengan sesuatu yang detail. Sebelumnya Martin juga telah merilis sebuah buku berjudul Big Data yang menerangkan bagaimana banyak hal besar bisa mempengaruhi sebuah bisnis. Dan kini sesuai dengan judulnya, Martin mencoba kembali membongkar rahasia di balik pengaruh hal hal kecil yang ada di sekitar bisnis kita. Di dalamnya telah disuntikkan banyak contoh nyata yang bisa mengingatkan kita betapa pentingnya memperhatikan hal-hal detail.

8. Blink: The Power of Thinking Without Thinking

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Dalam berbisnis kita terkadang dituntut untuk bisa membuat keputusan secara spontan dalam waktu yang sangat pendek, jika Anda tipe pengusaha yang masih sulit melakukannya, buku karya Malcolm Gladwell ini nampak sangat sempurna untuk Anda.

Pasalnya di dalam buku ini sang penulis mencoba memaparkan secara ilmiah, bagaimana otak kita mengambil keputusan meski tanpa harus berpikir. Untuk mengetahui keputusan mana yang benar, membutuhkan intuisi dan latihan tersendiri yang nantinya bisa menjadi kebiasaan berpikir kita.

Baca juga: Inilah 5 Penyanyi Wanita Terkaya di Dunia yang Juga Sukses Karena Kegiatan Bisnisnya

9. The Happiness Track: How to Apply the Science of Happiness to Accelerate Your Success

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Sebagai penutup, buku terakhir yakni The Happiness Track bisa jadi adalah salah satu buku yang paling unik yang layak untuk Anda baca. Pasalnya di dalam buku ini sang penulis Emma Seppala yang juga berprofesi sebagai psikologi kesehatan, memaparkan ada sebuah jalan kebahagiaan yang bisa mengantar seseorang menuju kesuksesan bisnis. Hal ini praktis mematahkan stereotip yang berkembang selama ini, bahwa jika ingin sukses besar maka harus menderita dan berkorban terlebih dahulu. Seperti apa ya trik sukses bahagian tersebut?.

Beberapa buku di atas memang dirilis dalam versi bahasa Inggris, saya sendiri belum mengetahui apakah ada versi terjemahan bahasa Indonesia dari buku buku tersebut. Namun yang pasti setiap dari buku tersebut memiliki keunikan yang bisa membantu kita untuk berkembang sebagai pebisnis yang lebih baik. Jadi tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu membaca beberapa buku tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud