Inilah 8 Selebriti Dunia yang Sukses Berinvetasi Pada Perusahaan Rintisan

Image dari Techstory.in

Image dari Techstory.in

Dalam bisnis termasuk usaha rintisan, keberadaan investor atau orang-orang yang melakukan pendanaan memang akan selalu ada. Apalagi jika kita berbicara perusahaan rintisan yang kini sedang marak dan kian populer, para investor ini akan semakin tertarik karena mereka melihat potensi dan peluang yang besar didalamnya.

Bahkan di antara para investor tadi muncul dari kalangan selebritis. Meski tidak semua investasi akan bisa sukses, namun beberapa para investor dari kalangan selebritis ini ada yang mencapai keberhasilan dengan investasinya. Lalu siapa saja meraka para selebriti sekaligus investor yang sukses mendanai sebuah perusahaan rintisan ini? Berikut ulasannya.

1. Bono

Selebriti pertama yang sukses dengan investasinya di bidang perusahaan rintisan adalah Bono. Bono adalah vokalis band U2 yang berinvestasi pada perusahaan Elevation Partners di 2004. Startup ini sendiri berfokus pada bidang media, hiburan, dan teknologi, dengan aset US$ 1,9 miliar. Pada tahun 2010, Elevation Partners membeli US$ 120 juta saham Facebook.

Dan pada tahun 2012 ketika Facebook melepas saham ke publik, Elevation partners melepas 11,5 persen saham tersebut. Saat itu Bono berhasil meraih keuntungan sebesar US$ 10 juta dari aksi penjualan tersebut.

Artikel lain: 6 Artis Cantik Indonesia yang Punya Bisnis Sendiri




2. Leonardo DiCaprio

Sebuah #startup aplikasi foto asal Tel Aviv, Israel bernama Mobli pada tahun 2011 mendapatkan kucuran dana sebesar US$ 4 juta dari aktor dan bintang film Leonardo DiCaprio. Dengan keterlibatan dan partisipasi Leonardo dalam memasarkan branding Mobli kini juga banyak mendapat dukungan dari teman selebriti lainnya. Meski kini penguna Mobli tidak lebih dari 10 persen pengguna Instagram, namun pencapaiannya sudah cukup bisa diacungi jempol untuk ukuran sebuah startup.

3. Aston Kutcher

Asthon Kutcher adalah salah satu tokoh selebriti yang telah lama berkecimpung di dunia investasi startup. Selama beberapa tahun terakhir Kutcher telah menjadi investor untuk banyak perusahaan. Pada 2009, ia menginvestasikan uangnya di Skype yang dua tahun kemudian dibeli Microsoft. Melalui perusahaannya bernama A-Grade Investment, sudah lebih dari dua lusin perusahaan ia danai, termasuk Uber, Airbnb, dan Spotify.

4. Jared Leto

Meski tidak pernah menunjukkan diri sebagai investor, peraih oscar Jared Leto ternyata telah melakukan #investasi pada lebih dari 40 perusahaan. Beberapa perusahaan startup yang pernah ia danai adalah Blue Bottle Coffe, Zenefits, dan Meerkat. Dari sekian banyak investasi yang diberikan menurutnya investasi terbaiknya ada pada Invternet of Things yang kemudian dibeli Google sebesar US$ 3,2 miliar di tahun 2014.

5. Nas

Tidak hanya Asthon Kutcher dan Jared Leto yang melakukan investasi dibanyak perusahaan startup. Selebriti sekaligus penyanyi rap Nas ternyata diketahui juga sering berinvestasi di banyak perusahaan. Kesuksesan Nas di dunia tarik suara juga tidak terlepas dari sistem pendanaan serupa. Bahkan untuk mengelola dana-dana investasi tersebut, Nas kemudian mendirikan  perusahaan QueensBridge Venture Partners.

6. Madonna

Investasi yang dilakukan oleh Madonna dilakukan pada tahun 2010 saat ia minum Vita Coco selama turnya. Dalam investasinya ini Madonna mengucurkan dana tak kurang dari US$ 1,5 juta ke produk Vita Coco tersebut.




Tak dinyana tak sangka ternyata investasinya ini membuahkan hasil karena kepopuleran minuman air kelapa itu terus menanjak. Vita Coco kemudian berhasil meraih pangsa pasar sebesar 40 persen di Amerika Serikat. Penjualan produk Vuta Coco ini akhirnya mencakup ke 30 negara dengan total US$ 421 juta tahun lalu.

7. Magic Johnson

Selebriti selanjutnya yang sukses melakukan investasi pada perusahaan rintisan adalah adalah Magic Johnson. Setelah pensiun sebagai pemain basket NBA, Johnson memang terlihat banyak terlibat dalam berbagai bisnis. Beberapa bisnis mulai dari bioskop, klub fitness, dan waralaba Burger King pernah didanai oleh Johnson. Pada 2010 ia melakukan investasi terbaiknya ke Starbuck dan Los Angeles Lakers senilai US$ 100 juta.

Baca juga: Beberapa Artis Indonesia yg Sukses Berbisnis Online Shop

8. Justin Bieber

Terakhir, selebriti yang sukses melakukan investasi pada perusahaan rintisan adalah Justin Bieber. Bintang pop yang mempopulerkan lagu Baby ini teryata secara diam-diam pada tahun 2009 mulai pendanaan bisnis startup. Sejak itu Bieber telah mengalokasikan uangnya untuk pengembangan beberapa bisnis aplikasi pesan singkat TinyChat, aplikasi rating Stamped, dan streaming #musik Spotify.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud