Inilah 8 Perintis Facebook Serta Keberadaannya Saat ini

perintis facebook

Sebagai perusahaan digital raksasa, Facebook tentu tidak tumbuh pesat dengan tiba-tiba seperti sekarang ini. Facebook yang kini telah menjadi #media sosial terbesar di dunia juga memiliki sejarah awal mula pendiriannya.

Selain kisah-kisah menarik seputar lahirnya Facebook, jejaring sosial yang mulai dikembangkan pada tanggal 4 Februari 2004 tersebut juga punya cerita tersendiri mengenai para pekerja awal yang ikut merintis Facebook. Sebagian ada yang masih bertahan dan sebagian lagi ada yang telah pergi meninggalkan Facebook dengan bergabung pada perusahaan #teknologi lain atau membangun perusahaannya sendiri.

Lalu siapa saja mereka yang merupakan para pekerja awal di perusahaan Facebook? Berikut ulasannya.

1. Dustin Moskovitz

Perintis Facebook yang pertama adalah Dustin Moskovitz. Sebagai teman sekamar (roommate) Mark Zuckerberg, Dustin adalah orang pertama yang memutuskan untuk keluar dari Universitas Havard demi merintis Facebook bersama sang sahabat. Pada saat perintisan tersebut, Dustin menjabat sebagai CTO pertama Facebook.

Kini pria yang pernah bekerja di Facebook sejak Februari 2004 – November 2009 ini mendirikan #startup bernama Asana pada tahun 2008 bersama Justin Rosenstein, rekannya yang dulu menjabat sebagai manager engineering di Facebook. Selain mendirikan Asana, Dustin juga melakukan investasi di startup teknologi lain seperti Path, Venmo, Flipboard dan NationBuilder.




Artikel lain: Sheryl Sandberg ~ Petinggi Wanita Media Sosial Facebook

2. Andrew McCollum

Sebagai seorang co-founder dan engineer di #Facebook sejak Februari 2004 – September 2006, Andrew dikenal sebagai orang yang mendesain logo Facebook untuk pertama kalinya. Pria yang ternyata juga memiliki proyek lain bersama Zuckerberg yaitu Wirehog ini sekarang telah bergabung dengan Flybridge Capital Partners sebagai pengusaha pada tahun 2011. Selain itu, Andrew juga menjadi salah satu direksi di perusahaan VC, NEA dan juga banyak berinvestasi dan terlibat dalam startups Quilt dan JobSpice.

3. Mark Zuckerberg 

Nama ini tentu sudah tak asing lagi. Ya, salah satu pioner Facebook yang masih bertahan dan menjadi CEO Facebook hingga saat ini adalah Mark Zuckerberg. Pria yang mengidap buta warna itu sekarang telah menjadi miliarder yang kekayaannya mencapai US$ 34 miliar. Namun meski telah menjadi seorang miliarder, Zuckerberg selalu memilih duduk di meja kerja yang sama dengan para karyawannya saat berada di kantor Facebook.

4. Chris Hughes

Chris Hughes adalah seorang co-founder Facebook yang juga merangkap sebagai juru bicara media sosial populer tersebut. Kemampuan komunikasinya yang sangat baik telah terbukti saat ia mampu mensukseskan kampanye Barrack Obama. Meski menjadi salah satu pendiri Facebook yang tidak mengusai kompetensi di bidang coding, Hughes selalu menjadi andalan Mark untuk menelusuri apa-apa yang diinginkan pengguna Facebook hingga mengarahkan Facebook ke pasar yang tepat.

Kini Hughes telah meninggalkan Facebook dan pergi ke Jumo, sebuah startup yang mencoba memanfaatkan media sosial untuk mengubah dunia. Selain mengelola Jumo, Hughes juga menjadi investor di UpWorthy, sebuah startup berita viral. Pada tahun 2012, Hughes tercatat membeli saham mayoritas di majalah The New Republic dan menjabat sebagai Executive Chairman dari media massa tersebut.




5. Eduardo Saverin 

Eduardo adalah salah seorang co-founder yang banyak dibicarakan karena ia pernah menggugat Mark Zuckerberg dan dua pendiri Facebook lainnya. Sekarang ia telah keluar dari Facebook dan mulai berinvestasi di sejumlah startup seperti Qwiki dan Jumo milik Chris Hughes. Selain itu, Saverin juga melakukan investasi di perusahaan mayones tanpa telur, Hampton Creek.

6. Taner Halicioglu

Di luar para pendiri, Taner merupakan karyawan pertama Facebook. Taner adalah seorang senior sofware atau Operations Engineer yang membangun seluruh infrastruktur hardware awal di Facebook sejak Oktober 2004 – November 2009.

Sekarang Taner Halicioglu menjadi dosen di UC San Diego di jurusan Computer Science and Engineering. Sebelum menjadi dosen, Taner juga pernah menjadi Lead Reliability Engineer of Battle.net di perusahaan game, Blizzard Entertainment.

7. Sean Parker

Bekerja dari Juni 2004 hingga Januari 2006, Sean adalah seorang karyawan awal di Napster dan yang mendirikan presiden Facebook. Sekarang, Sean terlibat di perusahaan Spotify sebagai anggota dewan, salah satu dari banyak startup tempat ia berinvestasi. Sean juga pernah mencoba untuk membuat Airtime, sebuah startup #video, namun sayang usaha tersebut gagal.

Baca juga: Kevin Systrom ~ Pendiri Instagram, Aplikasi Photo Sharing Terpopuler Di Dunia

8. James Pereira

Menjadi seorang Engineer di Facebook dari Juli 2004 hingga Agustus 2007, James Pereira akhirnya harus pergi meninggalkan Facebook. Menurut halaman Facebook-nya, sekarang Pereira tinggal di Portland dengan pekerjaan yang tidak begitu jelas.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. lho ternyata banyak ya perintis facebook, saya kira cuma 1 aja.

  2. kalau ndak salah mereka disebut facebook mafia hehehe, saingan sama paypal mafianya peter thiel

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud