Inilah 8 Aplikasi Rahasia Apple yang Hanya Bisa Diakses Oleh Karyawannya

Image dari CNN.com

Image dari CNN.com

Sebagai perusahaan dan insutri yang bergerak di bidang #teknologi, Apple selalu menjadi kiblat dan perhatian bagi setiap orang. Produknya yang banyak diminati oleh hampir seluruh masyarakat di dunia inilah yang menjadi penyebab mengapa produk Apple selalu menarik dan ramai dibahas di bidang tekno.

Entah mengapa dari setiap produk dan atau perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook seperti tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Lihat saja betapa hebohnya pembahasan tentang iPhone 6s dan operating system #iOS 9 bahkan jauh sebelum produk diluncurkan.

Dengan segala kemampuan dan kecanggihan yang dimiliki #Apple memang tak mengherankan jika perusahaan yang berpusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat ini selalu menjadi topik dan tema diskusi masyarakat pecinta tekno. Dan satu hal lagi yang selalu membuat orang penasaran pada perusahaan yang didirikan 1 April 1976 ini adalah adanya sebuah kerahasiaan yang selalu dijaga oleh tim dan semua pekerja di Apple.

Apple Mengembangkan Aplikasi  Rahasia

Diketahui bahwa semua proyek pengembangan produk dijaga kerahasiannya di sebuah fasilitas lab top-secret milik Jon Ive, Chief Design Officer (CDO) Apple, dimana tak akan ada seorang pun dari orang di luar perusahaan yang bisa mengaksesnya.

Namun, ternyata pepatah yang menyatakan bahwa sepandai-pandainya tupai melompat pada akhirnya jatuh juga berlaku pada Apple. Ditambah rasa penasaran yang tinggi dari orang penggiat tekno akhirnya terungkap beberapa hal seperti bocornya produk terbaru sebelum peluncuran hingga beberapa aplikasi rahasia yang hanya bisa diakses kareywan Apple.




Artikel lain: Inilah 4 Produk Terbaru Apple yang Diumumkan Pada 9 September 2015 Kemarin

Berdasarkan informasi yang dilansir Business Insider, #aplikasi tersebut rupanya hanya bisa diakses khusus oleh karyawan Apple  untuk mempermudah mereka melakukan komunikasi, menguji perangkat terbaru dan juga melakukan proses dealing dengan konsumen. Setidaknya tercatat ada sekitar 12 aplikasi yang terkategori rahasia untuk publik ini. Lalu apa saja aplikasi rahasia tersebut? Berikut ulasannya.

1. AppleConnect

Aplikasi rahasia pertama yang hanya bisa diakses oleh karyawan Apple adalah AppleConnect. AppleConnect sendiri adalah aplikasi layanan sekuritas yang berfungsi untuk memudahkan karyawan Apple sign in ke aplikasi dan layanan Apple lainnya. Dengan sistem password encryption dengan mode swipe yang mirip dengan #Android, maka aplikasi ini memang akan tepat untuk digunakan pada aplikasi yang bersifat internal saja.

2. Daily Download

Daily Download adalah aplikasi newspaper internal yang diperuntukkan untuk para karyawan agar mereka tetap update terkait kabar dan informasi terbaru apa yang ada di Apple. Aplikasi ini sebenarnya sudah pernah bocor dan dibahas di situs 9to5Mac pada tahun 2011 silam.

3. GKTank

Dengan aplikasi GKTank, developer yang ingin mengembangkan #game di iOS bisa mengetahui seperti apa seluk beluk serta persyaratan game yang setidaknya bisa dipenuhi agar dapat dimainkan di perangkat iOS. Aplikasi ini memang seperti sejenis `game` internal yang akan berfungsi untuk mendemonstrasikan kapabilitas tool developer GameKit.




4. Inferno

Dengan aplikasi inferno seseorang akan mampu mengetahui spesifikasi mendalam terkait hardware dan software iPhone. Para karyawan Apple akan diberikan akses menggunakan Inferno yang akan melakukan checking untuk mengetahui status hardware dan software iPhone secara mendetail.

5. MobileGenius

Khusus aplikasi MobileGenius ini yang bisa menggunakannya adalh para ahli yang bekerja di Apple Store. Para ahli ini akan bertugas mengecek informasi customer dan log test yang ditunjukkan lewat perangkat yang rusak tersebut untuk memperbaiki iPhone milik konsumen.

6. MobileRadar

MobileRadar merupakan aplikasi tracking system yang dipakai Apple untuk mendeteksi adanya internal bug diperangkat iOS. Dengan adanya ikon `Anteater` (pemakan serangga) yang terdapat pada aplikasi, `bug` yang ditemukan pun akan otomatis termakan atau terhapus.

Baca juga: Inilah 5 Paten Teknologi Milik Apple yang Paling Ditunggu Kehadirannya

7. Operator

Beberapa ragam komponen dan sensor iPhone, iPad dan iPod seperti proximity, buttons, speaker, microiphone, camera, touch dan lainnya bisa diuji oleh karyawan Apple dengan menggunakan aplikasi operator ini.

8. Receipts

Terakhir, aplikasi rahasia yang hanya bisa diakses oleh karyawan Apple adalah receipts. Karyawan Apple memang mendapatkan fasilitas makan di resto jika sedang mengadakan pertemuan dengan partner bisnisnya. Nah saat akan mengabarkan bahwa mereka telah mengguanakan dana untuk membeli makanan dan minuman, karyawan Apple itu bisa memotret receipt (struk pembayaran) dengan aplikasi receipts guna dikirim dan nantinya akan dikalkulasikan ke dalam penghitungan pembiayaan karyawaan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya kerja di aple ajah…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud