Inilah 6 Tips Bisnis Kuliner dari Perosnil AB Three Cynthia Lamusu

tips bisnis kuline dari Cynthia Lamusu

Image dari Omarniode.org

Setelah kita sebelumnya membahas resep sukses usaha kuliner dari Bondan Winarno maka saat ini kita akan membahas tips suskes #bisnis kuliner dari Cynthia Lamusu, seorang artis personil dari AB Three. Sejak bulan Juni 2011, Cynthia memang telah membuka usaha kulinernya yang diberi nama “Nasi Kepel Dapur Mama Thia”.

Bisnisnya ini sendiri terinspirasi dari konsep nasi angkringan Jawa dan nasi kuning khas Gorontalo. Dapur Mama Thia ini menyajikan menu masakan rumahan yang memadukan menu khas dari Sulawesi, Jawa, dan Betawi. Kini setelah empat tahun berdiri, usaha kuliner yang diawali dengan modal Rp 500 ribu telah sukses melayani pemesanan 50-100 kilogram beras per pekan dengan meraup untung rata-rata Rp 75 juta sampai Rp 100 juta per bulan.

Lalu seperti apakah tips bisnis kuliner sukses ala Cynthia Lamusu ini? Berikut ulasannya.

1. Lakukan Eksperimen Terlebih Dahulu

Sebelum benar-benar melaunching produk nasi kepel-nya, Cynthia terlebih dahulu melakukan eksperimen untuk menciptakan produk yang lezat, berkualitas dan bergizi. Eksperimen ini sendiri menurutnya telah dilakukannya sejak menikah tujuh tahun silam. Ketertarikan Cynthia akan memasak juga yang akhirnya mendorong keinginan Cynthia untuk membuat masakan yang enak. Inilah yang menjadi tips bisnis kuliner agar sukses yang pertama dari Cynthia.

Akhirnya ia pun mencoba meramu beberapa resep kuliner warisan leluhur untuk dibuat sebagai resep kuliner. Resep yang telah dikreasikanya ini pun diuji coba dulu ke suaminya yaitu Surya Saputra dan teman-teman suaminya di lokasi shooting. Setelah mendapatkan respon yang baik maka Cynthia pun berani membuka bisnisnya.




Artikel lain: Mau Jalankan Bisnis Kuliner? Coba Terapkan 7 Resep Sukses ala Bondan Winarno Berikut Ini

2. Utamakan Kualitas Rasa dan Gizi

Dari resep warisan ini lahirlah nasi kepal yang sudah melalui proses eksperimen dan uji coba yang cukup lama. “Nasi Kepal Dapur Mama Thia” sendiri merupakan resep yang dibuat dengan menjaga kualitas rasa dan gizi. Masyarakat yang saat ini memang sudah mulai fokus memilih makanan yang bergizi dan sehat membuat produk kuliner “Nasi Kepal Dapur mama Thia” dengan kemasan sederhana ini makin digeamri.

3. Layani Segala Jenis Pemesanan

Tips bisnis kuliner berikutnya adalah terkait pelayanan konsumen. Dalam pemasarannya, Cynthia menjual nasi kepal-nya dengan pilihan reguler special dan jumbo. Selain ukuran mini, di sini Cynthia juga melayani pemesanan tumpeng beragam ukuran, parsel dan stall sudah termasuk perlengkapan dan pramuniaga serta nasi kotak.

Dengan melayani segala jenis pemesanan maka ia bisa meraih simpati dan perhatian pubilk secara lebih luas. Pemesan nasi kepal-nya sendiri sebagian besar berasal dari pegawai perkantoran di wilayah Jakarta terutama wilayah perkantoran Jalan Kuningan, Gatot Subroto dan Sudirman.

4. Utamakan Kepuasan Konsumen

Menurut Cynthia kesuksesan bisnisnya tidak terlepas dari strateginya untuk selalu mengutamakan kepuasan konsumen. Bahkan wanita kelahiran Jakarta, 12 April 1978 ini memberi patokan atau standar sukses bila usahanya telah mampu membuat para konsumennya puas dari pelayanan dan rasa masakannya.




Kepuasan konsumen memang selalu menjadi perhatian khusus Cynthia sebab dari sinilah menurutnya konsumen bisa menjadi agen #promosi yang bagus dengan membagi pengalamannya makan enak dan puas dengan “Nasi Kepal Dapur mama Thia”.

5. Lakukan Manajemen Waktu dan Penghitungan Harga yang Efektif

Dengan melayani jasa pesan antar (delivery), bisnis Cynthia kini ditantang oleh ketepatan waktu pengantaran. Apalagi bisnis ini dijalankan di kota besar metropolitan Jakarta yang sudah terkenal dengan kemacetannya.

Maka dalam hal ini ia selalu berhitung dengan jumlah pesanan yang harus diantar. Jika memang pesanan sedang banyak, maka Cynthia akan merekrut tenaga tambahan untuk mengurusi layanan antar makanan ini. Selain manajemen waktu, Cynthia juga sangat concern untuk menghitung harga bahan-bahan makanan yang seringkali naik turun.

Baca juga: 5 Teknik dan Trik Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Khas Daerah

6. Manfaatkan Media Sosial dan Jaringan Online Restoran

Terakhir, tips bisnis kuliner dari Cynthia Lamusu adalah dengan memanfaatkan #media sosial dan jaringan online restoran.  Dengan perkembangan teknologi yang makin tumbuh, media sosial memang selalu menjadi pilihan banyak orang.

Dari sinilah Cynthia kemudian memanfaatkan media sosial sebagai salah satu #strategi pemasaran bisnisnya. Selain media sosial, “Nasi Kepal Dapur Mama Thia” juga dipasarkan melalui konsep online restoran.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud