Inilah 6 Tanda Ponsel Anda Sedang Disadap, Waspadalah!

Inilah 6 Tanda Ponsel Anda Sedang Disadap, Waspadalah!

tanda ponsel disadap
Image dari Theguardian.com

Sadap menyadap memang sudah bukan menjadi rahasia akhir-akhir ini. Tercatat sudah beberapa kali aksi penyadapan dilakukan untuk bisa membongkar tindak kejahatan atau mungkin untuk tindakan kriminal. Jika digunakan untuk kepentingan yang baik seperti untuk membongkar tindak kejahatan mungkin tindakan penyadapan ini bisa bermanfaat.

Sayangnya ada beberapa tindak penyadapan yang dilakukan oknum untuk tindak kejahatan dan kriminalitas. Nah inilah bentuk tindak penyadapan yang tidak dibenarkan, karena sangat meresahkan dan merugikan pihak lain. Untuk itulah kita harus tetap berhati-hati dan waspada dengan tindak penyadapan yang bisa merugikan kita ini.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa percakapan melalui ponsel kita sedang disadap? Berikut penjelasan mengenai tanda-tanda bahwa memang ponsel Anda sedang disadap.

1. Suara-Suara Mengganggu

Tanda pertama bahwa ponsel Anda sedang disadap adalah adanya suara-suara yang mengganggu. Memang jika kita masih berada di jaman dulu suara-suara mengganggu ini bisa terjadi dalam jaringan telepon karena sistemnya yang masih analog.

Tapi saat ini ketika ponsel sudah terhubung dengan sistem digital sepertinya tidaklah wajar bila muncul suara-suara yang mengganggu pembicaraan kita. Nah maka dari itu jika dalam percakapan Anda muncul suara-suara yang tidak biasa dan mengganggu, maka bisa jadi Anda sedang dipantau atau disadap.

Artikel lain: Dapat Telepon Mencurigakan? Waspadalah, Modus Penipuan Lewat Telepon Kini Makin Beragam!

2. Kapasitas Baterai Menurun

Berikutnya tanda bahwa ponsel Anda sedang disadap pihak lain adalah menurunnya daya baterai secara drastis. Ya, saat ponsel disadap, daya baterai akan cepat terkuras. Hal ini dikarenakan seluruh aktivitas di ponsel tersebut akan terus menerus direkam dan dikirimkan mereka kepada pihak ketiga. Tentu saja saat seluruh aktivitas diponsel terus-menerus dipantau maka hal ini akan membuat penggunaan daya baterai  meningkat dan cepat terkuras.

Untuk memastikan hal ini Anda bisa melakukan perbadingan hasil antara baterai ponsel Anda di ponsel lain dengan model dan software yang sama. Nah jika hasilnya ponsel Anda menguras daya baterai lebih banyak daripada ponsel dengan model dan #software yang sama maka bisa jadi ponsel Anda memang benar-benar sedang disadap atau juga bisa jadi baterai Anda sedang rusak.

3. Ponsel Menunjukkan Aktivitas Saat Tidak Digunakan

Hal selanjutnya sebagai tanda bahwa ponsel sedang disadap adalah adanya aktivitas dari ponsel meski saat ponsel tidak digunakan. Beberapa aktivitas yang tiba-tiba muncul dari ponsel yang diam tersebut adalah adanya suara-suara atau menyala nya layar. Aktivitas ponsel lain yang menunjukkan kondisi sedang disadap adalah ponsel yang kerap kali reboot atau restart secara tiba-tiba. Penyadapan memang bisa saja dilakukan pihak atau oknum yang memiliki akses jarak jauh terhadap ponsel Anda.

4. Proses Shutdown Berlangsung Lebih Lama

Setelah Anda sudah menutup semua #aplikasi dan selesai dengan seluruh aktivitas bersama ponsel Anda maka melakukan shutdown (mematikan) seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Tapi jika Anda mendapati saat shutdown prosesnya berlangsung lama maka bisa jadi ponsel Anda sedang disadap.

Mengapa demikian? Karena bisa jadi lamanya proses mematikan ini disebabkan karena ponsel Anda sedang bekerja menyelesaikan pekerjaan mengirimkan informasi dari kegiatan-kegiatan tersebut ke pihak ketiga atau penyadap.

5. Menerima Teks Aneh

Para penyadap dalam melakukan aksinya bisa saja memanfaatkan fitur remote control dari sebuah software untuk memata-matai. Dengan ini maka perangkat lunak tadi akan bekerja dengan cara mengirimkan pesan teks tersandi rahasia ke ponsel Anda. Nah saat software tidak bekerja maksimal maka bisa jadi teks aneh yang bisa berupa nomor, simbol dan karakter acak akan terkirim dan terlihat di ponsel. Bila hal ini terjadi secara teratur, mungkin ada aplikasi mata-mata di ponsel Anda.

Baca juga: Lewat Media Sosial, Hacker Makin Sering Curi Nomor Ponsel Pengguna, Waspadalah!

6. Penggunaan Data Meningkat

Terakhir, tanda bahwa ponsel Anda sedang disadap adalah adanya penggunaan data yang meningkat drastis. Beberapa software atau aplikasi mata-mata memang bisa saja membuat penggunaan data ponsel Anda meninngkat drastis. Hal ini dikarenakan perangkat lunak atau aplikasi mata-mata mengharuskan ponsel untuk mengirim informasi yang ada dan yang telah dikumpulkan oleh ponsel Anda.

Nah pengiriman file inilah yang menjadikan penggunaan data meningkat. Untuk itulah ketika Anda memeriksa ponsel dan menemukan penggunaan data yang tidak wajar maka bisa jadi ponsel Anda telah disadap.

3 KOMENTAR

  1. jalaluddinblogger

    Sekarang lagi musimnya sms broadcast dari website2 gede kayak kapanlagi.com, dan lainnya…

    Kalau ane pribadi sih hp ane root terus pasang adblock biar aman dari malware :D

  2. Baterai ppnsel ane cepet habis Karena software Android kena malware, yg selalu menampipkan iklan bila konveksi internet aktif

Tinggalkan Balasan