Inilah 6 Proyek Spektakuler Google yang Pernah Dijalankan Di Google X Lab

Google X Labs

Perusahaan digital raksasa asal Amerika, Google memang sudah tak asing lagi bagi banyak orang di dunia ini dengan proyek-proyek besarnya. Dengan sokongan dana tak terbatas yang dimilikinya sepertinya takkan ada seroang pun yang bisa menyangkal dan menafikan jika dikatakan #Google sedang atau akan mengerjakan proyek yang luar biasa dan spektakuler.

Terlepas dari misi dan motivasi yang ada, proyek-proyek yang dijalankan Google memang selalu terbilang mencengangkan. Anehnya, jika banyak perusaahaan yang akan menutup serapat mungkin proyek yang dijalankan, maka pihak Google sepertinya tak ada beban atau ketakutan apapun saat mengungkap proyek-proyek spesial ini kepada publik.

Meskipun ada juga beberapa proyek yang hingga kini masih belum diungkap, Google yang mengerjakan beberapa proyek spesialnya di Google X Lab ini terbilang sangat berani dengan keputusannya untuk mempublikasikannya kepada publik. Mengenai keuntungan, dari beberapa proyek ambisius Google yang ada ini, sebagian keuntungan mereka sisihkan untuk mendanai penelitian dan pengembangan proyek inovatif yang memakai #teknologi canggih.

Artikel lain: Google Project Vault, Teknologi MicroSD Anti-Hacker

Dari sini, secara tak langsung keadaan ini secara tak langsung akan meningkatkan nilai perusahaan Google, sehingga para investor pun akan selalu merasa yakin dengan masa depan Google. Lalu proyek-proyek spektakuler apa saja yang pernah dijalankan dan beberapa sedang disempurnakan Google di Google X lab ini. Berikut ulasannya.




1. Mobil Tanpa Sopir

Proyek spektakuler pertama yang telah dijalankan Google dan sedang disempurnakan adalah mobil yang dapat berjalan tanpa sopir. Selain bisa berjalan tanpa sopir, mobil pintar yang dilengkapi teknologi sensor canggih ini memiliki kemampuan untuk parkir sendiri dan tetap memberi rasa aman untuk orang atau kendaraan lain di sekelilingnya.

2. Kacamata Pintar Google Glass

Meski dalam perkembangannya, proyek kacamata pintar Google Glass ini dianggap gagal dalam bisnis, namun peluncuran dan inovasinya perlu diacungi jempol. Ini karena kacamata pintar berbasis Android memiliki teknologi canggih yang bisa diperintah dengan suara ataupun dengan trackpad. Penggunaan kacamata ini sendiri menggunakan salah satu mata yaitu mata kanan.

Dengan layar di depan mata kanannya ini pengguna akan melihat gambar augmented reality sebagai pengganti layar perangkat komputer. Hebatnya lagi, perangkat yang trendy ini ternyata juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas di internet, jejaring sosial, memotret, sampai merekam #video.

3. Generator Tenaga Angin

Generator tenaga angin merupakan proyek spektakuler Google yang muncul dari sebuah akuisisi Google atas Makani Power, sebuah perusahaan pengembang turbin angin yang dipasangkan di sayap pesawat, layang-layang atau robot. Dengan pengambil alihan ini, CEO Google Larry Page terus mengembangkan sebuah teknologi generator yang bisa digerakkan oleh tenaga angin.

4. “Otak Buatan” Dari 16.000 Prosesor Komputer

Jika kita mengenal sebuah prosessor sebagai otak dari sebuah perangkat komputer, maka bagaimana jika ada 16.000 prosesor yang dipasang secara langsung di satu tempat. Inilah proyek “otak buatan” dari Google yang menjadikan 16.000 prosesor sebagai jaringan saraf sebagai simulasi “otak”.




Dalam proyeknya sendiri, 16.000 prosesor #komputer ini dihubungkan dengan miliaran koneksi internet. Jaringan simulasi “otak” ini kemudian disuguhi gambar acak dari 10 juta video YouTube selama tiga hari dan dibiarkan mempelajari algoritmanya sendirinya. Hasilnya cukup mengejutkan, “otak buatan” ini mampu mengenali gambar kucing.

5. Balon Udara Pemancar Wi-Fi

Demi misi perluasan #internet secara gtatis, Pada 15 Juni 2013, Google melepas 30 balon udara pemancar Wi-Fi di wilayah Christchurh, Selandia Baru. Proyek yang kemudian dinamakan dengan Project Loon ini memang memiliki tujuan meluaskan akses internet ke berbagai belahan dunia, terutama di daerah yang tidak memiliki infrastruktur internet dengan cara menyebarkan koneksi Wi-Fi melalui balon udara.

Baca juga: Google Project Jacquard dan Project Soli ~ Revolusi Interaksi Perangkat Digital 

6. Teknologi Blood-screening

Terakhir, proyek spektakuler dari Google yang dijalankan di Google X lab bernama Blood -Screening. Meskipun proyek ini telah dijalankan Google, namun perjalannya sampai saat ini masih dirahasiakan. Proyek Blood-screening ini sendiri adalah proyek Google dengan bekerjasama dengan Andrew Conrad, yang merupakan mantan Kepala Ilmuwan LabCorp, sebuah perusahaan yang berfokus pada penelitian dan memindai darah sampai gen.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud