Inilah 6 Pola Pikir Oprah Winfrey yang Mengantarkannya Pada Kesuksesan Luar Biasa

Image dari Oprah.com

Image dari Oprah.com

Bicara tentang sosok Oprah Winfrey memang selalu membuat kita berdecak kagum. Bagaimana tidak dengan ketekunan dan kemampuan yang dimilikinya, kehidupan masa kecil yang kurang baik darinya mampu diubah menjadi sebuah cahaya yang mengantarkannya pada kesuksesan.  Sebagai seorang presenter yang mumpuni serta seorang #entrepreneur, Oprah kini telah mampu menjadi salah seorang wanita terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sekitar $ 2,7 miliar.

Satu hal lagi yang membuat kita harus mengacungkan jempol pada Oprah Winfrey adalah meski kaya, ia adalah dermawan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat dan wanita paling berpengaruh di dunia. Lalu apa yang bisa membuat seorang Oprah menjadi sosok berpengaruh dan sukses dalam bisnis ini? Berikut enam sikap dan pola pikir yang diungkap Oprah untuk mengantarkannya pada kesuksesan seperti sekarang.

1. Melihat Dalam Sisi yang Berbeda

Sikap dan pola pikir pertama dari Oprah Winfrey yang kemudian mengantarkannya pada kesuksesan adalah melihat segala halnya dari sisi yang berbeda. Dalam sebuah sesi wawancara, Oprah pernah menjelaskan bahwa saat dirinya sudah lelah dengan mendudukkan orang di kursi dan menanyai masalah yang itu-itu saja, maka kemudian Oprah menemukan jenis talkshow yang berbeda.

Oprah kemudian mengurangi cerita tabloid dan lebih luas membahas isu-isu seperti kesehatan, politik, dan spiritualitas. Dengan sikapnya yang demikian maka Oprah menemukan jalan kesuskesannya yang lebih besar. Bagaimana tidak setelah pola pikir dan sikapnya yang demikian itu membuat ‘Oprah Winfrey Show’ memimpin rating televisi sehari-hari sampai tahun 2011.

Artikel lain: Oprah Winfrey, Perjuangan Seorang Host Tersohor Dunia

2. Menjawab Keraguan dengan Keunggulan

Saat banyak orang meremehkan dirinya yang akan menjadi news Anchor di depan #kamera, Oprah Winfrey membuat anggapan ini menjadi sebuah lecutan. Dengan ketekunan dan keahlian yang dimilikinya akhirnya Oprah mampu memukau penonton dan menjalankan pekerjaannya dengan sangat baik.

Bahkan dalam majalah TIME ditulis bahwa, “Dalam bidang yang didominasi oleh laki-laki kulit putih, dia adalah perempuan hitam yang sangat sukses.”Oprah bisa saja menyerah. Tapi Winfrey percaya bahwa dia bisa mengatasi keraguan dengan menjadi yang terbaik di industrinya.

3. Temukan Kebaikan di Dalam Kemalangan

Menurut Oprah, akan ada banyak pelajaran yang bisa dipelajari saat kita berada pada posisi yang tidak menguntungkan. Masa lalu Oprah yang penuh dengan kemalangan inilah yang membuat dirinya selalu sigap dan siap ketika berada pada keadaan yang sulit.

Saat menjadi co-anchor berita malam di Baltimore, ia mendapati keadaan sulitnya ini ketika rambutnya rusak  dan membuatnya benar-benar botak. Winfrey memang patah hati, namun di sisi lain ia melihat sisi terangnya. Bertahun-tahun kemudian, Oprah mengatakan, “Anda belajar banyak tentang diri sendiri ketika Anda botak.” Ia pun kembali dengan penampilannya yang mengagumkan dan mempesona penonton.

4. Bantu Diri Anda Dengan Membantu Orang Lain

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Oprah Winfrey adalah seorang dermawan yang luar biasa. Ini terbukti dari kegiatan amalnya yang tidak hanya terbatas pada yayasan amalnya sendiri  yaitu Oprah Angel Network. Namun Oprah ternyata juga memberikan banyak uangnya untuk filantropi (diperkirakan sebesar $ 303.000.000 pada tahun 2007).




Alasan utama Oprah melakukan hal ini adalah agar ia bisa membuat dampak positif dalam kehidupan orang lain, meskipun ia juga memiliki alasan lain, “Cara yang paling baik untuk membawa kebaikan pada diri sendiri adalah dengan berbuat baik untuk orang lain.”

5. Berterimakasih Lebih Banyak

Menurut Oprah “Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki akan berakhir dengan mendapatkan lebih. Jika Anda berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, Anda tidak akan pernah punya cukup.” Itulah salah satu pola pikir Oprah yang juga menjadikannya sukses seperti sekarang ini. Pada saat ia merayakan dua dekade di televisi nasional, Winfrey mengucapkan terima kasih pada staf dengan mengajak mereka dan keluarga mereka berlibur ke Hawaii (totalnya 1065 orang).

Baca juga: Berhasil Move On Dari Penolakan, 5 Orang Ini Akhirnya Mampu Raih Kesuksesan Luar Biasa

6. Oprah Winfrey Paham Pentingnya Menikmati Hidup

Terakhir, sikap dan pola pikir dari Oprah yang kemudian mengantarkannya pada kesuksesan adalah tahu kapan ia harus rileks dan menikmati hidup. Meski jadwal Oprah tergolong sangat padat ketika menjalani pekerjaannya, namun Oprah mengerti bahwa ia tidak boleh stress dan harus tetap rileks.

Untuk mencapainya, Oprah terkadang memanfaatkan beberapa waktu luangnya (meskipun sedikit) untuk sekedar berhenti sejenak, sendirian, menghela nafas panjang, melihat pohon, bunga, cahaya matahari yang terpantul di jendela. Dengan cara ini Oprah dapat menjaga fokusnya untuk membawakan acaranya sekaligus jadi CEO Harpo Productions.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud