Inilah 6 Fitur dan Layanan ‘Tersembunyi’ Facebook yang Jarang Diketahui Penggunanya

fitur facebook

Media sosial yang satu ini memang tak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Bagaimana tidak sejak kemunculannya tahun 2004, perusahaan digital yang berpusat di Menlo Park, California Amerika Serikat ini terus tumbuh dan berkembang pesat. Selain memimpin perolehan jumlah pengguna #media sosial dengan merangkul 1,5 milyar pemakai sedunia, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini juga telah memiliki banyak cabang bisnis yang membuat perusahaannya tumbuh signifikan.

Penggunaan #Facebook yang masih sangat populer di Indonesia juga menjadi sebuah keuntungan sendiri untuk Facebook. Banyak di antara pengguna di Indonesia yang masih gemar menggunakan Facebook sebagai pilihan komunikasi online karena dianggap sederhana dan paling mereka pahami.

Namun meski Facebook telah rutin dipakai, namun ternyata masih banyak pengguna yang tidak mengetahui beberapa fitur ‘tersembunyi’ Facebook yang lain. Lalu apa sajakah fitur ‘tersembunyi’ Facebook yang jarang diketahui tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pelafalan Nama

Fitur Facebook pertama yang jarang diketahui pengguna adalah fitur pelafalan nama (name pronounciation). Fitur yang bisa diaktifkan pada bagian “about” di profil dan dengan mengklik “details about you” ini akan membuat Anda mampu mengucapkan atau melafalkan nama teman-teman luar negeri Anda dengan ejaan yang sesuai dan tepat. Dengan pengejaan dan pelafalan nama yang tepat tentu Anda dapat berkomunikasi dengan lebih lancar dan sesuai keinginan.

Artikel lain: 4 Fitur Facebook yg Harus Diketahui Oleh Tim Marketing Online

2. Kata Kunci Sekali Pakai

Seringkali pengguna teledor untuk log out saat menggunakan akun Facebook mereka diperangkat umum seperti di kantor, kampus, atau tempat lainnya. Penggunaan akun Facebook di perangkat umum ini jelas mengandung risiko seperti penyalahgunaan akun oleh pihak kedua atau terjangkitinya akun oleh virus dari perangkat umum tersebut.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan layanan atau fitur password sekali pakai (one-time password). Dengan mengiirim pesan singkat (SMS) ‘otp’ ke 32665, Anda akan mendapat delapan karakter kata kunci yang hanya berfungsi untuk 20 menit dan selanjutnya tidak bisa digunakan. Dengan memanfaatkan fitur ini maka kekhawatiran tentang hal-hal dalam pemakaian perangkat umum ini bisa Anda buang jauh-jauh.

3. Berhenti Berlangganan

Apakah Anda seringkali mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi dari komentar teman atau postingan grup yang sangat intens dan mengganggu? Jika jawabannya iya, tentu hal ini tidak bisa dibiarkan jika hal ini berlangsung secara berlebihan dan terus-menerus. Lalu bagimana cara menghentikan notifikasi yang mengganggu karena terus-terusan muncul ini?

Caranya adalah dengan mengklik ikon di sudut kanan atas web browser Anda, kemudian klik “X” tepat di sebelah tiap-tiap pemberitahuan maka notifikasi yang mengganggu ini akan hilang. Pengaturan ini juga berfungsi untuk mendapatkan lebih sedikit atau lebih banyak pemberitahuan untuk masing-masing grup.

4. Menyembunyikan Status Hubungan

Tidak semua orang suka mengumbar status hubungan mereka dengan pasanganya di media sosial, terutama Facebook. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan perubahan pada pengaturan yang disediakan. Caranya  Anda bisa menuju ke profil Anda dan klik pada bagian “about“. Setelah itu klik bagian “familiy and relationship“.




Dari sana arahkan pointer Anda ke “relationship” dan klik pada bagian tersebut. Di sinilah Anda bisa mengubah setting ke “only me” untuk menyembunyikan status hubungan Anda ke publik. Dengan melakukan pengaturan ini maka status hubungan Anda hanya akan diketahui oleh Anda sendiri sebagai pemilik akun.

5. Foto Sempurna

Mau foto unggahan Anda terlihat lebih menarik? Gunakan saja fitur foto sempurna yang dimiliki Facebook. Caranya adalah pilih foto untuk yang akan diunggah, lalu klik ikon tongkat sihir (magic wand).

Di sini, Anda akan menemukan pilihan beragam pilihan teks dan stiker yang dapat Anda gunakan untuk melakukan editing foto seperti ‘merapikan’ atau ‘mempercantik’ foto yang akan Anda unggah dengan menambahkan teks atau stiker-stiker unik semisal gambar dari peralatan selam hingga kacamata hitam. Namun, sayangnya fitur ini baru tersedia pada perangkat bermesin iOS dan akan segera meluncur ke #Android.

Baca juga: Facebok Rilis Fitur Baru Penangkal Aksi Hacking

6. Pemeriksaan Keamanan

Terakhir, fitur atau layanan Facebook yang masih jarang diketahui orang adalah layanan pemeriksaan keamanan. Fitur atau layanan ini tentu saja sangat berguna dan bermafaat bagi Anda untuk menjadikan akun lebih aman dari gangguan hacker.

Dengan melakukan pengaturan checklist pada keamanan yang diinginkan, maka pengguna bisa melakukan log out dari Facebook di web #browser dan aplikasi yang tidak mereka gunakan atau menerima peringatan ketika seseorang mencoba untuk masuk ke akun mereka dari browser atau perangkat yang tidak dikenalnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud