Inilah 5 Tugas CEO dalam 100 Hari Pertama Kerjanya

Image dari inc.com

Image dari inc.com

Setelah sebelumnya kita telah membahas lebih mendalam tentang seluk beluk kerja dari seorang CEO, maka kali ini kita akan membahas tugas CEO dalam 100 hari pertama kerjanya. CEO atau Chief Executive Officer memang bukanlah sebuah posisi atau jabatan yang nyaman dan enak di sebuah perusahaan. Beragam tugas yang tentunya tidak mudah haruslah diemban seorang CEO untuk membuat perusahaannya maju dan sukses. Sebagai pemimpin dalam sebuah bisnis dengan posisinya yang sangat strategis, CEO akan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perusahaan.

Beratnya tugas yang harus dipikul CEO ini kemudian tercermin dari sebuah survei yang menyatakan bahwa peluang untuk gagal dalam setahun pertama kepemimpinan bisnis setinggi 20%. Dan risiko Anda kehilangan posisi CEO hampir 40% dalam dua tahun berikutnya.

Maka dari itu jika seseorang ditunjuk sebagai CEO dalam perusahaan, ia harus sesegera mungkin bertindak dan bergerak jika tak ingin gagal. Bulan-bulan awal memang menjadi waktu yang sangat krusial bagi seorang CEO. Layaknya seorang presiden dan menteri yang baru dilantik, seorang CEO baru akan dituntut untuk mampu menghadirkan perubahan yang positif bagi perusahaan. Maka kerja keras adalah jalan yang wajib ditempuh CEO untuk bisa bertahan diawal-awal kerjanya.

Artikel lain: Jadi CEO Keren dan Enak? Tunggu Dulu, Coba Pahami Tugas CEO Lebih Mendalam

Namun sayangnya, tidak banyak CEO yang bisa melakukan hal ini. Mereka terjebak pada sebuah tujuan utama untuk menghadirkan perubahan dengan citra diri yang instan dan semu. Ini tentu saja hal yang kurang baik buat Anda dan perusahaan.

Jika Anda mau sukses menjadi CEO yang sejati maka Anda harusah bekerja dengan sepenuh hati dan totalitas. Untuk lebih memperjelas apa-apa saja kerja CEO diawal-awal karirnya, berikut disajikan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk bisa sukses menjadi CEO baru.

1. Membangun dan Membina Hubungan

Tugas CEO yang pertama dalam awal karirnya adalah membangun dan membina hubungan. CEO memang tak akan bisa bekerja sendirian tanpa dukungan tim. Maka dari itu saat Anda ditunjuk menjadi CEO, Anda harus mampu membuat hubungan yang baik dengan seluruh tim yang ada di perusahaan. Saat Anda berhasil membuat atau membina hubungan yang baik dengan semua rekan kerja, maka Anda akan lebih mudah untuk mengaplikasikan atau mengeksekusi segala rencana dan strategi bisnis Anda.

2. Jangan Terlalu Kritis dan Agresif

Meski Anda adalah seorang pemimpin bisnis, anda tak bisa berbuat sewenang-wenang. Apalagi Anda adalah orang yang sebelumnya berada diluar perusahaan. Dalam hal ini Anda harus mampu mengenali seluk beluk perusahaan dengan baik terlebih dahulu.

Setelah Anda mengetahui dan memahami sistem dan batasan serta budaya yang ada diperusahaan, Anda bisa mulai menjalankan segala rencana-rencana Anda. Ingat sebagai orang baru di perusahaan atau orang dengan jabatan baru, Anda tak boleh terlalu kritis dan agresif saat memimpin. Anda harus mampu menjalankan kepemimpinan Anda dengan mendapat sebuah kepercayaan penuh dari bawahan-bawahan Anda.

3. Tugas CEO untuk Terus Belajar

Tak sedikit kasus dari gagalnya seorang CEO adalah karena ia yang merasa paling pintar dari lainnya. Tentu saja jika Anda menganggap bahwa diri Anda yang paling pintar, maka Anda tak akan bisa bertumbuh.




Ini karena Anda sudah tak mau lagi belajar dan merasa ilmu Anda sudah mumpuni. Sebagai pemimpin, Anda tak bisa bersikap demikian untuk bisa sukses. Sebaliknya, Anda haruslah bersikap rendah diri dan mau terus belajar dari apapun, siapapun dan dari manapun, apalagi jika Anda adalah orang baru di perusahaan.

4. Pecahkan Masalah yang Ada Di Depan Mata

Jangan menunda sesuatu yang bisa dikerjakan hari ini. Pepatah ini seakan mengajarkan kepada kita semua, termasuk juga tugas CEO untuk selalu bertindak cepat ketika menemui sebuah permasalahan. Seorang CEO yang memiliki tugas yang tidak sedikit seharusnya membuat dirinya sadar bahwa ia harus selalu tanggap dan cepat bertindak dalam menyelesaikan permasalahan.

Baca juga: Intip Tips 3 CEO Dunia Bebas dari Stress Berat

5. Berikan Penghargaan Jika Berhasil, Tanggunglah Beban Jika Gagal

Sebagai pemimpin sejati, sudah selayaknyalah jika Anda dituntut menjadikan tim berkerja optimal. Untuk ini, sudah menjadi tugas CEO memberikan penghargaan pada tim yang telah berhasil menyelesaikan tugas dan project-nya dengan sangat baik.

Dengan adanya apresiasi ini maka tim akan merasa dihargai oleh perusahaan sehingga mereka akan selalu bekerja dengan optimal. Namun saat ada project  yang gagal, maka sebagai pemimpin bisnis, Anda tak boleh melimpahkan kegagalan pada tim. Namun sebaliknya, Anda harus mau berani menanggung beban kegagalan tersebut bersama tim.



1 comment on this postSubmit yours
  1. yang paling sulit itu point no 4, menurut saya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud