Inilah 5 Trik Cerdas untuk Jadikan Produk Terjual Otomatis dengan Sendirinya

tips meningkatkan penjualan

Image dari Digitalwebmanager.com

Dalam dunia entrepreneur, teknik menjual produk atau jasa memang harus dikuasai dengan baik oleh sang pebisnis. Sebab tanpa ada penguasaan tentang hal ini maka bisnis bisa tak bergerak dan lumpuh atau bahkan gulung tikar karena tidak adanya pemasukan. Maka dari itu kemudian muncul berbagai cara dan strategi untuk bisa menjual produk ini dengan efektif dan efisien.

Sayangnya untuk mencapai target penjualan yang efektif dan mampu diterima konsumen dengan sendirinya ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh beragam usaha dan kerja keras yang harus dilakukan untuk mencapai hal ini. Tapi untuk Anda yang memang menginginkan produk Anda bisa terjual dengan otomatis atau dengan sendirinya ada sebuah trik cerdas berikut ini untuk bisa Anda coba.

1. Tingkatkan Kualitas Produk 

Trik pertama untuk menjadikan produk mampu terjual dengan sendirinya dan otomatis adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Ya, kualitas produk memang selalu menjadi salah satu komponen bisnis yang paling diperhatikan oleh konsumen. Jika selama ini produk Anda masih belum saja terjual dengan memuaskan maka cobalah untuk mengkoreksi komponen ini. Bisa jadi yang terjadi pada keadaan bisnis Anda disebabkan oleh kualitas produk Anda yang belum baik.



Maka dari itu bila memang hal ini yang terjadi cobalah untuk mengupgrade kualitas dari produk Anda dengan lebih baik dan usahakan juga kualitas ini bisa bersaing atau melebihi dari produk pesaing (kompetitor).

Artikel lain: Inilah 4 Hal yang Harus Perhatikan Sebelum Memasarkan Produk Kelas Premium

2. Berikan Harga yang Bersaing

Meski Anda telah meningkatkan kualitas, namun Anda harus berhati-hati dalam menentukan harga produknya. Ya, peningkatan kualitas memang bisa jadi mengharuskan harga naik. Tapi ingat tidak ada konsumen yang ingin membeli sesuatu dengan harga terlampau mahal. Bila mereka mendapati barang yang berkualitas sama namun harganya jauh lebih murah maka pastinya mereka akan membeli barang berkualitas dengan harga yang murah.

Maka dari itu sebelum menentukan harga pastikan Anda sudah melakukan riset harga di lapangan terutama pada harga produk pesaing. Lalu Anda sebaiknya menjual produk berkualitas Anda tadi dengan harga yang bersaing.

3. Tunjukkan Kelebihan Produk

Salah satu cara untuk membuat konsumen berpindah dari produk lain ke produk Anda adalah dengan menampilkan kelebihan dari produk Anda yang tidak ada pada produk lain. Ya, saat konsumen melihat dan mengetahui bahwa produk Anda memiliki kelebihan dengan yang lainnya maka Anda akan berpeluang untuk menarik konsumen. Namun pastikan Anda benar-benar mengetahui bahwa kualitas produk lain untuk membuat pembedanya.

Jangan lupa juga setelah Anda membuat pembeda dan kelebihan pada produk, pastikan bahwa konsumen mengetahui kelebihan produk tersebut. Dalam hal ini maka peran marketing dan #promosi menjadi penting untuk dilakukan. Terakhir, pastikan Anda juga menjaga harga dari produk dengan kelebihannya ini juga karena faktor harga juga masih berpengaruh dalam proses penjualan ini.

4. Tawarkan Layanan Ekstra

Layanan juga merupakan hal yang paling disukai konsumen. Semakin baik bentuk layanan konsumen yang ditawarkan sebuah bisnis maka akan semakin berpeluang juga bisnis Anda mendapatkan konsumen secara otomatis. Penjualan yang menurun dan tak pasti memang bisa jadi memang terjadi karena layanan yang Anda berikan kurang baik atau kurang maksimal.

Maka dari itu bila Anda mendapati hal ini yang membuat konsumen membeli produk pesaing maka sesegera mungkin Anda memperbaiki bentuk layanan bisnis Anda. Jika perlu Anda juga bisa menambahkan layanan ekstra untuk para konsumen Anda. Dan saat konsumen telah merasakan berbagai layanan utama maupun layanan ekstra dengan puas maka peluang Anda untuk mampu menjual produk dengan sendirinya pun makin terbuka lebar.

Baca juga: Mau Jadi Penjual yang Berkualitas dan Andal? Terapkan 6 Hal Berikut Ini

5. Selalu Jalin Hubungan Baik dengan Customer

Terakhir, trik cerdas membuat produk mampu terjual secara sendirinya dan otomatis adalah dengan selalu menjalin hubungan baik dengan konsumen. Ya, tak jarang memang banyak bisnis yang tidak memandang konsumen sebagai rencana jangka panjang. Jadi mereka para pebisnis ini hanya akan melayani pembelian satu kali dan tidak memikirkan hubungan lagi dengan konsumen yang telah membeli dari tempatnya.

Nah dari sini para konsumen pun merasa tidak diperhatikan dan akhirnya tidak mau lagi membeli dari tempat Anda. Maka dari itu menjalin hubungan yang baik dengan konsumen pasca pembelian harus terus dilakukan agar mereka mau terus membeli dari tempat Anda dan menjadi pelanggan setia Anda.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Menjalin hubungan baik dengan customer penting ya bang… ini salah satu faktor yang bikin repeat order berkali- kali

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud