Inilah 5 Shortcut Bermanfaat dari OS Android yang Patut Diketahui Penggunanya

shortcut Android

Image dari Wonderhowto.com

Operating System (OS) Android saat ini memang sudah sangat populer dan memiliki pengguna yang sangat banyak. Saat keberadaan Android sudah makin diminati dan digemari maka seharusnya sudah banyak orang yang tak asing dengan pengoperasiannya. Namun sayangnya ternyata tidak semua orang pengguna Android tahu pengoperasian #sistem operasi ini secara lengkap dan detail.

Mungkin mereka para pengguna Android ini tahu pengoperasian secara umum tapi banyak dari mereka yang belum tahu beberapa menu dan fitur pengaturan detail lainnya. Operating System Android memang menyimpan banyak seluk beluk fitur dan pengaturan lain dalam sebuah #smartphone.

Nah dari sinilah maka Anda yang merupakan salah satu pengguna ponsel pintar berbasis Android maka sangatlah perlu untuk mengetahui fitur pengaturan lain ini. Untuk Apa? Tentu saja dengan mengetahui fitur dan pengaturan lain ini bisa jadi aktivitas Anda akan jauh lebih cepat terselesaikan. Dan berikut ini beberapa pengaturan shortcut di perangkat #Android yang wajib Anda ketahui tersebut.

1. Buka Kunci Ponsel

Pengaturan shortcut pertama dari OS Android yang perlu Anda ketahui adalah pengaturan buka kunci ponsel. Pada OS Android memang ada fitur Smart Lock yang memungkinkan Anda melakukan otomatisasi penguncian ponsel. Jadi dengan fitur ini ketika Anda berada ditempat yang lokasinya tidak Anda percayai maka fitur ini akan otomatis melakukan penguncian layar ponsel. Dan untuk membukanya seseorang perlu mengetikkan PIN atau pattern dan password.

Namun sebaliknya saat Anda telah meninggalkan lokasi ini dan kemudian memasuki area  yang Anda percayai maka secara otomatis dengan fitur ini ponsel Anda akan membuka kuncinya. Untuk mengaktifkan fitur ini sendiri Anda tinggal menuju ke menu pengaturan (settings) lalu pilih Security -> ketuk Smart Lock -> Trusted Places. Sayangnya fitur ini masih tersedia hanya di OS Android Lollipop versi 5.0.




Artikel lain: Inilah 7 Perubahan Terpenting Pada Sistem Operasi Terbaru iOS 9

2. Tolak Panggilan dengan Pesan

Berikutnya fitur shortcut pada OS Android adalah pengaturan menolak panggilan dengan sebuah pesan. Jadi bila Anda memang sedang sangat sibuk dan tak mau ada yang mengganggu Anda bahkan oleh telepon masuk sekalipun maka Anda bisa mengaktifkan fitur shortcut yang satu ini.

Jadi dengan fitur ini Anda tidak perlu khawatir akan panggilan yang masuk. Karena dengan fitur ini maka penelepon akan dikirimi pesan bahwa Anda memang sedang berada pada situasi tak memungkinkan untuk menjawab panggilan. Dengan demikian maka si penelopon akan memahami dan mengerti alasan mengapa Anda tak menjawab panggilan.

Untuk mengaktifkan ftur ini Anda bisa menuju ke menu settings lalu pilih call rejection dan kemudian pilih rejection messages. Tapi satu hal yang perlu diingat dari fitur ini bahwa ternyata tidak setiap merek ponsel memilikinya.

3. Trik Cepat Buka Kamera 

Ketika mendapatkan momen bagus memang membuat kita harus cepat-cepat mengeluarkan ponsel kita dan memfotonya. Sayangnya dari awal mengeluarkan ponsel sampai memfoto kita tak jarang kehabisan waktu untuk memfoto momen tersebut. Akhirnya momen bagus itu pun berlalu juga tanpa sempat kita memfotonya.




Nah untuk masalah ini Android punya solusinya yaitu dengan memanfaatkan fitur buka #kamera cepat. Caranya tergantung masing-masing merk smartphone. Ada yang dengan cara lakukan tap dua kali (double-tap) tombol “Power” ada juga yang double-tap tombol fisik “Home” atau ada juga yang dengan cara double-tap tombol bawah “Volume”.

4. Tambah Widget Kontak

Dari sekian banyak kontak telepon tentu saja akan ada satu kontak favorit untuk Anda, entah itu kontak ibu, istri, pacar, ayah, adik atau orang spesial lainnya. Nah untuk cepat melakukan dial atau panggilan pada kontak favorit atau spesial ini Anda bisa memanfaatkan fitur shortcut di Android ini.

Bagaimana caranya? Pertama-tama tekan dan tahan pada layar Home (beranda). Setelah itu pilih “Widgets”, dan lihat widget “Contacts” berukuran 1×1. Setelah itu ketuk shortcut contacts ini untuk memunculkan detail kontak untuk Anda langsung menelepon, mengirimkan pesan atau email.

Baca juga: Marshmallow, Akhirnya Menjadi Nama Resmi Sistem Operasi Android M

5. Aktifkan ‘OK, Google’

Terakhir, pengaturan shortcut yang wajib Anda ketahui pada OS Android adalah fitur ‘OK, Google’. Ya seperti pada iklan Google akhir-akhir ini di layar Televisi, dengan perintah suara, Anda memang bisa membuat Google bekerja untuk Anda sebagai asisten virtual OK Google.

Untuk mengaktifkan fitur ini sendiri Anda cukup membuka aplikasi pencarian Google, kemudian pilih settings -> Voice -> OK Google Detection -> kembali ke layar opsi. Nah setelah itu ucapkan saja kata-kata ajaib Anda tiga kali untuk menyalakan fitur keren ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud