Inilah 5 Ritual Penting yang Seharusnya Dilakukan Seseorang Sebelum Belanja Online

belanja online aman

Image dari Lava360.com

Belanja secara online saat ini memang telah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat dunia dan Indonesia. Dengan beragam kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan, belanja secara online memang memberikan hal yang lebih daripada belanja secara konvensional. Dengan #belanja online pastinya kita tidak perlu keluar rumah dan tetap bisa mengerjakan aktivitas Anda.

Inilah yang membuat situs belanja online makin banyak disukai banyak kalangan. Namun jika memang Anda adalah orang yang hobi belanja online atau orang yang akan melakukan belanja online maka seharusnya Anda melakukan 5 ritual penting sebelum menjalankannya. Ritual? Untuk apa? Tentu saja untuk membuat belanja online Anda nyaman, aman dan menyenangkan.

Dan inilah beberapa ritual penting yang memang seharusnya dilakukan oleh seseorang sebelum berbelanja online.

1. Riset Sebelum Belanja Online

Ritual pertama yang seharusnya dilakukan seseorang yang akan melakukan belanja online adalah melakukan riset. Melakukan riset terhadap apa? Tentu saja pada situs web yang akan Anda tuju untuk belanja online. Lalu bagaimana cara melakukan riset pada situs web ini?

Pertama-tama Anda harus mencari tahu identitas penjual dan informasi detail toko online tersebut seperti nomor telepon, alamat email, dan alamat perusahaannya, pastikan semuanya tidak fiktif atau rekayasa alias palsu. Melakukan riset ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan terlebih untuk Anda yang mau berbelanja di situs web yang belum familiar. Maka dari itu jika Anda akan berbelanja pada situs yang belum populer, lakukan saja dengan memeriksa terlebih dahulu nomor telepon si penjual.




Artikel lain: Waduh, Kebiasaan Belanja Online Di Kantor Bisa Membuat Anda Dipecat!

Jika memang terhubung dan menyatakan bahwa situs ini memang menjual barang maka Anda bisa melangkahkan kepercayaan Anda dalam selangkah. Untuk menguatkan kepercayaan Anda bisa melihat eksistensi atau kredibilitas situs ini melalui mesin pencari #Google atau Yahoo. Pastikan bahwa banyak orang yang mengulas situs itu dengan review atau ulasan yang baik.

2. Baca Kebijakan Situs Terhadap Keamanan Data Pribadi

Berikutnya, ritual yang harus Anda jalankan sebelum belanja online adalah membaca dengan teliti kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda. Pastikan disana tidak ada kebijakan yang menyebutkan jika pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Jika Anda mendapati hal ini maka segeralah tinggalkan situs tersebut.

3. Baca Juga Kebijakan Pengembalian Barang

Selain membaca kebijakan terhadap keamanan data pribadi, Anda juga harus membaca kebijakan situs terhadap pengembalian barang. Ya, belanja online memang tak selalu membuat harapan kita sesuai dengan keinginan kita pada barang yang ada. Lebih-lebih saat barang yang Anda terima tersebut terdapat kecacatan. Hal ini memang bisa saja terjadi karena barang online tidak bisa dilihat dan dirasakan secara fisik.

Maka dari itu ketika barang yang Anda terima tidak sesuai dengan harapan Anda maka seharusnya ada jaminan atau garansi yang didapat. Nah untuk memastikan hal ini Anda mau tak mau harus mau membaca ketentuan atau kebijakan pengembalian di situs tersebut. Jika memang Anda tidak menemui jaminan ini maka sebaiknya Anda mencari situs belanja yang lain.




4. Baca Deskripsi Barang Dengan Benar

Berikutnya ritual sebelum belanja online yang seharusnya dilakukan adalah membaca deskripsi barang yang akan Anda beli dengan benar. Pastikan bahwa barang yang akan Anda beli memiliki kesesuaian dengan produk yang seharusnya.

Jadi bacalah dengan teliti deskripsi atau spesifikasi barang tersebut dan jangan lupa juga hubungkan dengan spesifikasi barang yang seharusnya. Jangan sampai Anda tertipu dengan barang yang akan Anda beli karena tidak mengetahui deskripsi barang sesungguhnya.

Baca juga: Meski Tawarkan Banyak Kemudahan, Belanja Online di Indonesia Masih Banyak Kelemahan

5. Cermati Harga yang Ada

Terakhir, ritual yang perlu Anda lakukan sebelum berbelanja online adalah dengan mencermati harga yang ada. Ya, Anda memang perlu waspada dengan tawaran harga murah pada situs belanja online. Jangan sampai Anda tertipu dengan harga murah tapi barang yang didapat adalah palsu. Maka dari itu jika Anda ingin membeli barang dari situs online maka selain membaca deskripsi barang, Anda juga perlu mencermati harganya. Pastikan harga yang tertera di situs online tidak berbanding jauh dari harga di pasaran.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud