Inilah 5 Rasa Takut yang Sering Di Alami Oleh Calon Para Pengusaha Baru

mengatasi ketakutan memulai usaha

Image dari Time.com

Pada hakikatnya setiap manusia yang terlahir ke bumi pasti pernah merasakan rasa takut yang berlebihan. Misalnya saja ketika ingin memulai sesuatu hal, kadang sebagian besar orang belum juga merealisasikan keinginannya sudah takut terlebih dulu. Sama halnya di dunia bisnis, banyak dari calon pengusaha baru yang tadinya ingin merintis bisnis baru malah tidak jadi, dengan berbagai alasan yang dikemukakan antara lain, takut mengalami kegagalan, takut untuk menghadapi resiko yang tinggi, takut tidak bisa mengatur arus keuangan dengan baik dan sebagainya.

Kegagalan merupakan hal yang wajar apabila terjadi di bisnis yang kita jalankan, karena justru dengan kegagalan tersebutlah kita bisa lebih belajar dan menginstropeksi diri juga menganalisa kekurangan apa saja yang harus segera diperbaiki, agar bisnis yang kita inginkan bisa berjalan sesuai harapan. Dibutuhkan keberanian besar untuk memulai sesuatu yang baru, mengubah nasib dan gaya hidup. Apakah itu beralih profesi hingga keputusan untuk menjadi seorang pengusaha.

Artikel lain: Inilah 6 Alasan Klasik yang Seringkali Muncul dari Seseorang yang Menunda Jadi Pengusaha

Banyak dari para professional yang akhirnya tetap untuk memutuskan tetap bekerja sebagai pegawai atau tertahan di posisi yang ada. Karena kurangnya mental berani yang dimiliki. Rasa takut yang tiada ujungnya bisa menghambat seseorang untuk memulai sesuatu hal yang baru, terutama jika langkah baru yang telah diambil memiliki resiko begitu besar serta harus membuat seseorang mempertaruhkan segalanya pada hal tersebut, seperti misalnya keraguan akan prospek dalam kurun waktu panjang untuk ke depannya.

Maka akan lebih baik sebelum memutuskan untuk menjadi calon pengusaha baru, kenali 5 rasa takut yang biasanya menghantui para calon pengusaha ketika hendak mulai melakukan inovasi dan mengambil keputusan besar dalam kehidupannya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.




1. Takut Mendapatkan Kritikan

Ketika kita mau menjalankan sesuatu hal baru atau melakukan perubahan besar di kehidupan yang dijalani, kalangan terdekat dari kita seperti orang tua, keluarga, dan teman merupakan orang yang pertama kali memberi tanggapan bahkan mengkritisi keputusan yang hendak kita ambil. Jika seseorang atau bahkan kita bisa meyakinkan mereka bahwa keputusan yang diambil adalah benar dan tepat, bisa jadi langkah awal juga penentu ketika nanti seseorang tersebut telah memiliki perusahaan sendiri atau baru memulai untuk membangun sebuah usaha.

Tidak hanya itu, apabila kita telah terbiasa mendapatkan kritikan bukan tidak mungkin akan menjadikan pemacu semangat agar lebih dan lebih baik lagi untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang.

2. Takut Akan Kegagalan

Untuk hal yang satu ini, pasti kebanyakan orang pernah mengalaminya. Kekhawatiran akan kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha, atau memimpin sebuah tim hingga menghadirkan sebuah produk, bukan perkara mudah untuk bisa menghindarinya. Perlu untuk kita ingat bahwa sudah banyak pengusaha sukses yang telah mengalami kegagalan di awal karier dan usahanya, namun akhirnya banyak juga di antara mereka bangkit dan menuai kesuksesan.

Inti dari semuanya adalah kegagalan itu datang agar kita bisa lebih belajar dan memperbaiki segala kekurangan diri, coba untuk lebih memahami, menganalisa, dan paling penting menumbuhkan kembali motivasi dalam diri kita.

3. Takut Akan Kehilangan Penghasilan

Umumnya semua orang di dunia ini pasti memiliki kepentingannya masing-masing, seperti memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, bertahan hidup. Tapi penghasilan yang tetap terkadang membuat seseorang enggan untuk memulai sebuah usaha baru dari awal.




Kondisi tersebut bisa terjadi karena kita takut kehilangan uang dan penghasilan, itu merupakan alasan yang bisa menghambat perkembangan diri. Memiliki insting untuk bisa bertahan hidup akan menyulitkan seseorang untuk lebih maju dan membawa perubahan yang signifikan pada kehidupan yang kita jalani saat ini. Langkah terbaik untuk bisa mengatasinya dengan keluar dari kebiasaan atau zona nyaman, dan mulailah untuk menggali potensi yang lebih pada diri kita agar bisa keluar dari rasa takut tersebut.

4. Takut Terlihat Kurang Cerdas

Terkadang kita jika ingin memulai usaha baru, pasti memiliki segudang ide besar dan bahkan tidak masuk secara nalar. Apabila seseorang yakin terhadap produk yang dimiliki dan nantinya akan dipakai pada bisnis baru, pada akhirnya nanti bisa membuktikan fungsi serta menimbulkan manfaat, maka tidaklah salah untuk merealisasikan dari ide yang Anda ciptakan. Semua itu dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing, sejauh mana kita bisa melemparkan ide tersebut dan tampil baik di hadapan publik.

Baca juga: Mengenal 3 Karakter Seseorang Ketika Memulai Sebuah Usaha

5. Takut Untuk Menjadi Sukses

Tidak dari setiap orang mau mengambil resiko besar untuk bisa mendapatkan kesuksesan yang lebih. Karena hal tersebut pastinya membutuhkan waktu yang lama dan proses panjang dalam mewujudkannya. Kegigihan dan kemampuan terbaik yang kita miliki, merupakan asset penting untuk bisa menjalaninya dengan baik tanpa harus takut terjadi apa-apa ke depannya. Banyak dari kita yang telah diajarkan untuk bisa menerima semua hal apa adanya dan tidak perlu untuk bermimpi setinggi langit untuk meraih sebuah kesuksesan.

Hal tersebutlah yang biasanya sering mengurangi motivasi dan semangat kita untuk bisa menjalankan hal besar yang belum pernah dicoba sebelumnya. Tidak ada salahnya jika kita memimpikan hal-hal yang sifatnya besar, tetapi alangkah lebih baik juga harus dibarengi dengan semangat dan rela untuk berkorban agar bisa menggapai semua impian itu.  



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud