Inilah 5 Perilaku yang Sering Jadikan Keuangan Hancur Lebur Pada Saat Lebaran Tiba, Wasapadalah!

Image dari Mokapos.com

Image dari Mokapos.com

Lebaran memang selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim di seluruh dunia. Bagaimana tidak, pada hari kemenangan ini, kaum muslimin merasakan keriangan dan keceriaan dengan perayaan disana-sini.

Keceriaan pada hari lebaran ini sendiri makin didukung dengan kondisi keuangan yang baik. Ini disebabkan pada hari lebaran umumnya seseorang telah mendapatkan uang THR (Tunjangan Hari Raya) ditambah dengan gaji bulanannya. Sayangnya kondisi keuangan yang baik ini lantas membuat seseorang tidak menjadi bijak dan sembarangan.

Walhasil saat sikap tidak bijak ini muncul, kondisi keuangan yang baik ini seketika menjadi hancur lebur ketika perilaku konsumtifnya jadi tak terkendali dan tak beraturan. Dan berikut ini adalah beberapa sikap dan perilaku yang bisa jadikan keuangan hancur lebur saat lebaran tersebut.

1. Belanja Hal-hal yang Tidak Perlu

Perilaku pertama yang menjadikan keuangan hancur lebur saat momen lebaran adalah kegiatan belanja yang tak bijak. Saat memiliki uang lebih, kita memang cenderung akan terdorong melakukan hal-hal yang yang semau kita. Tak jarang kemudian kita mengeluarkan uang untuk keperluan belanja hal-hal yang sebenarnya tidak kita perlukan. Ya, dengan perilaku ini memang akan membuat kondisi keuangan kita jadi hancur lebur.

Pasalnya, ketika kita menuruti hawa nafsu untuk membeli hal-hal yang kita ingini, dan bukan pada hal yang kita butuhkan maka hal ini akan membuat finansial jadi goyang. Sebab, hal-hal yang diinginkan manusia berdasarkan hawa nafsu ini tidak akan ada batasnya.

Artikel lain: Sehatkan Isi Dompet Anda Usai Lebaran Dengan Cara Ini

2. Baju Lebaran yang Berlebihan

Lebaran memang identik dengan baju baru. Maka dari itu kemudian banyak orang yang membeli baju baru untuk dikenakan pada masa lebaran. Membeli baju baru untuk lebaran memang sah-sah saja. Tapi yang perlu pahami dari pembelian baju lebaran ini adalah kepastian bahwa Anda membelinya dengan sewajarnya.

Bila Anda melakukan pembelian baju baru ini dengan cara yang tidak wajar dengan membelinya secara berlebihan maka pasti hal ini akan membuat keuangan Anda terganggu dan lalu hancur lebur. Maka dari itu pastikan saja saat membeli baju baru untuk lebaran ini adalah wajar dan tidak berlebihan.

3. Gaya Walau Hutang

Berikutnya, hal yang bisa menjadikan keuangan jadi hancur lebur ketika momen lebaran adalah berhutang. Kebanyakan orang Indonesia memang memiliki gengsi yang besar. Mereka tidak mau dirinya dipandang sebelah mata karena tidak bisa berhias diri pada hari lebaran. Dari sini mereka pun tak segan untuk berhutang demi bisa tampil gaya di hari lebaran. Tentu saja hal ini adalah tindakan yang sangat amat salah.

Mengapa? Sebab dengan mudahnya Anda mengambil hutang maka dengan cepat pula Anda akan mendapati kondisi #keuangan atau finansial yang hancur lebur. Ya, hutang memang harus Anda bayar setelah momen lebaran yang hanya berlangsung beberapa hari saja. Nah dari sini apakah Anda memang sudah siap membayar hutang tersebut pasca lebaran?




4. Tidak Menabung dan Tidak Berinvestasi

Alangkah baiknya jika uang THR yang Anda dapatkan, Anda tabung atau investasikan. Bisa jadi memang Anda harus mengeluarkan uang untuk keperluan lebaran. Tapi apakah tidak ada sedikit pun sisa uang yang bisa Anda sisihkan.

Sepertinya jika Anda memang serius untuk menyisihkan uang dari pendapatan Anda di hari lebaran maka akan ada sisa yang pasti bisa ditabung atau diinvestasikan. Maka dari itu cobalah untuk menabung atau melakukan #investasi pada uang yang Anda miliki agar finansial Anda tetap terjaga dengan baik pada masa dan terutama paska lebaran.

Baca juga: 4 Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Mudik

5. Sikap Boros

Terakhir, perilaku yang bisa membuat keuangan dan kondisi finansial jadi hancur lebur pada momen lebaran adalah sikap boros. Ya, dengan keuangan yang baik, orang memang cenderung bersikap boros dengan membeli ini dan itu.

Padahal jika Anda bisa melakukan penghematan pada uang Anda dengan tidak membeli hal-hal yang bermacam-macam maka finansial Anda akan bisa aman hingga pasca lebaran. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan hal ini dengan baik.  Saat uang sedang banyak, mereka cenderung boros dengan membeli barang-barang yang beraneka macam.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Setuju banget di 5 point di atas…
    Dimana jika tidak BIJAK dalam melakukannya maka akan terjadi kebangkrutan dalam sepekan…
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud