Inilah 5 Kesalahan yang Sering Dijumpai Pada Halaman Kontak Sebuah Blog

Image dari Studentguidewebdesign.com

Image dari Studentguidewebdesign.com

Sebuah blog saat ini memang tidak bisa lagi dianggap remeh. Dengan sebuah profesionalitas sebuah blog bisa saja dan sangat mungkin untuk mampu mendatangkan banyak peluang dan keuntungan bagi orang yang memilikinya. Dengan sebuah ketekunan serta strategi dan taktik jitu, seorang blogger bukan hanya bisa mendatangkan uang dari iklan, namun mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapat tawaran menarik atau undangan yang menguntungkan.

Bagaimana caranya ? Seperti yang disinggung sebelumnya, jika Anda memang ingin mendapatkan banyak peluang, Anda harus tekun dan memiliki strategi. Salah satu strategi untuk bisa mendatangkan beberapa peluang tadi adalah dengan memasang halaman kontak pada blog.

Kenapa harus memasang halaman kontak? Karena dengan adanya halaman ini seorang blogger bisa berinteraksi lebih lanjut dengan pengunjung dan bahkan bisa mendapatkan berbagai macam peluang yang telah disebutkan sebelumnya. Meski telah mengetahui banyak keuntungannya, sayangnya masih banyak para blogger yang tidak terlalu serius serta tak memberikan perhatian khusus terhadap halaman ini.



Artikel lain: Inilah 7 Karakteristik Template yang Baik Untuk Blog Anda

Akibatnya, mereka tidak berhasil menggaet brand-brand yang potenial karena kesalahan yang dibutanya pada halaman kontaknya tersebut. Berikut beberapa bentuk kesalahan yang sering dijumpai pada halaman kontak disebuah blog tersebut.

1. Tidak Memiliki Halaman Kontak

Kesalahan pertama dan utama dari pembahasan ini adalah tidak adanya halaman kontak pada blog. Tentu hal ini kesalahan paling mendasar dari blog. Anda yang ingin mendapat peluang dihubungi dan ditawari sesuatu oleh brand tentu mensyaratkan keberadaan halaman ini. Tanpa adanya halaman kontak ini tentu saja Anda seperti sesuatu yang sia-sia.

Memang beberapa #blogger masih saja yang menampilkan kontak mereka pada bagian footer atau di sidebar blog. Ada pula blogger yang mencantumkan detail kontaknya bersamaan dengan halaman about. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar netizen membutuhkan informasi kontak yang lebih detail dan pasti pada sebuah halaman atau menu tersendiri. Dan halaman yang berisi informasi mendetail seperti alamat email, akun-akun social media dan kontak form disebut dengan halaman kontak.

2. Hanya Mencantumkan Alamat Email

Jika pun Anda telah memiliki halaman kontak, Anda tetap harus memsatikan bahwa halaman kontak yang Anda miliki sudah baik. Beberapa blogger yang masih hanya mencantumkan alamat #email saja pada halaman kontak tentu bukan contoh yang baik.

Lebih dari itu sebaiknya Anda mencantumkan banyak informasi kontak guna memberikan pilihan bagi pengunjung supaya bisa menghubungimu dengan lebih mudah bagi mereka. Beberapa informasi kontak selain email yaitu akun media sosial, #WhatsApp, BBM, Line dan lain sebagainya.

3. Hanya Menyertakan Kontak Form

Penggunaan kontak form memang terasa lebih mudah dan cepat. Saat pengunjung mengisi dan mengirim form, maka email otomatis akan terkirim. Tapi Anda harus ingat bahwa tidak semua pengunjung blog ingin interaksi yang instan seperti ini. Beberapa dari mereka juga ingin berkomunikasi dengan Anda lebih panjang dan lama melalui sebuah obrolan. Maka dari itu jadikan halaman kontak blog Anda ini tetap berisi informasi lengkap tentang kontak Anda.

4. Kontak Form yang Tidak Bekerja

Bagi Anda yang tetap menyediakan kontak form pada halaman ini, maka Anda harus waspada dengan kasus error. Ini memang kelemahan yang ada pada kontak form. Anda harus mau tak mau terus melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kontak form Anda tetap aktif.

Kontak form yang error bisa menyebabkan pengunjung tertipu, karena mereka menduga emailnya sudah terkirim, tapi kenyataannya karena error maka email tadi tidak terkirim. Dari sini bisa saja peluang Anda mendapatkan tawaran dari brand bisa melayang.

Baca juga: 7 Kesalahan Blogger Saat Menulis Judul Postingan Blog

5. Tidak Menyertakan Link Ke Akun Media Sosial

Terakhrir, kasus kesalahan dari halaman kontak ini adalah tidak menyertakan akun #media sosial. Anda tak perlu gengsi untuk menampilkan akun media sosial Anda pada halaman kontak blog Anda. Hal ini dikarenakan saat ini sudah zamannya penggunaan akun media sosial. Jadi dengan mengikutsertakan akunmedia sosial pada halaman kontak, Anda akan memudahkan pengunjung yang ingin bekerjasama dengan Anda untuk menghubungi Anda lewat akun media sosial mereka.





3 total comments on this postSubmit yours
  1. Termasuk saya ini mh…hehe

    Ok mas bos…terimakasih atas pencerahannya…mulai sekarang akan saya perbaiki halaman contact di blog saya

  2. Ternyata sedikit mengabaikan page contact akan berpengaruh pada traffic, tapi masa sih ?

  3. wah saya cuma satu doang kesalahan pada halaman contact di blog yaitu : Tidak Menyertakan Link Ke Akun Media Sosial pada halaman contact di blog hehe…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud