Inilah 5 Kejahilan April Mop Google Tahun ini

google april mop

April Mop merupakan sebuah perayaan seseorang atau sekolompok orang dengan memberi lelucon, kebohongan atau tipu-menipu yang diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Tradisi yang  awalnya banyak dilakukan di dunia nyata ini ternyata kini juga mulai marak dunia maya. Salah satu pihak yang seringkali melakukan April Mop di dunia digital ini adalah perusahaan raksasa Google.

Pada tanggal 1 April 2015 kemarin, Google kembali hadir dengan aksi jahilnya di perayaan April Mop yang cukup membuat penggunanya kebingungan bahkan kewalahan. Lalu apa saja candaan dan guyonan dari perusahaan yang bermarkas di California pada April Mop tahun ini? Berikut daftar sejumlah canda menarik yang dilontarkan April Mop Google tahun ini.

1. Google Maps Jadi Arena Main PacMan

Pada pagi hari awal bulan April 2015, tampilan Google Maps tampak berbeda. Fitur peta dari Google Map yang biasanya langsung tersaji saat akses pertama, saat itu tiba-tiba muncul sebagai arena untuk bermain #game lawas, PacMan. Dalam kasus ini ternyata Google memang sengaja membuatnya sedemikian rupa untuk memeriahkan April Mop agar pengguna bisa mengubah tampilan peta menjadi arena permainan PacMan.

Pacman yang khas dengan permainan memakan “titik-titik” sembari menghindar dari musuh yang terus mengejar, tentu akan sangat menyenangkan bagi yang mengetahui bahwa Google sedang melakukan April Mop. Namun bagi yang tidak tahu-menahu tentang April Mop, hal ini jelas akan membuatnya kebingungan dan panik. Menariknya, selain dari PC, tampilan arena PacMan saat itu juga bisa dinikmati di perangkat #smartphone dan tablet meski hanya bisa dimainkan di lokasi-lokasi tertentu.

Artikel lain : Inilah 5 Proyek “Gila” yang Gagal Diwujudkan Google

2. #Chromeselfie

Lelucon berikutnya yang dihadirkan Google adalah chrome selfie. Lelucon yang dinilai paling keren tahun ini membuat perayaan April Mop Google menjadi amat kental dan terasa. Chrome yang merupakan aplikasi peramban atau #browser milik Google saat itu menghadirkan fitur “selfie” yang cukup mengagetkan. Maksud dan tujuan Google memasang fitur selfie yang bernada iseng ini adalah agar pengguna Chrome bisa “berbagi reaksi wajah atas sebuah situs web”.

Foto-foto yang telah dihasilkan dari jepretan chrome selfie ini  kemudian bisa dibagikan ke beberapa #media sosial dengan hastag #ChromeSelfie. Dan di media sosial Goggle+ sendiri, sejumlah foto hasil selfie dari para pengguna Chrome seluruh dunia ini sudah mulai mengemuka dan meriah dengan kode tagar #Chromeselfie tersebut. Untuk mengakases chrome selfie ini, pengguna bisa memilih pop-up berbunyi “New: Share Your #ChromeSelfie” yang muncul di sisi bawah window browser Chrome atau dengan memilih opsi “Share a Reaction” dari menu “Settings” dalam aplikasi peramban Chrome.

3. Google Panda

Lelucon April Mop berikutnya datang dari Google Jepang yang merilis sebuah produk bernama Google Panda. Sesuai namanya, produk ini berwujud panda yang sangat imut. Boneka yang dapat ditaruh di lengan tangan dan dielus-elus ini dapat berbicara dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan penggunanya secara tepat dan cepat. Namun yang membuat boneka ini menjadi lelucon adalah bahwa waktu respon yang boneka ini bisa lakukan hanya 0,3 detik dari pertanyaan pengguna.

4. Keyboard Tanpa Tombol

Satu lagi lelucon April Mop dari Google negeri sakura tahun ini adalah peluncuran produk perangkat keyboard tanpa tombol. Produk lelucon yang berbentuk terompet pesta ini dinyatakan bisa digunakan untuk mengetik dengan cara meniup perangkat tersebut. Dan menurut kabar, kenapa produk ini bisa melakukan proses pengetikan adalah karena terhubung dengan Bluetooth untuk menginput teks. Menurut pengembang Google, perangkat ini sangat optimal untuk digunakan ketika pengguna tidak bisa mengetik menggunakan tangan. Canggih! tapi sayang sekali hanya bohongan.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Google Menjadi Perusahaan Impian Banyak Orang




5. Smartbox

Lelucon terakhir dari google pada April Mop tahun ini adalah peluncuran produk Smartbox. Peluncuran Smartbox sendiri memang berasal dari keinginan Google untuk kembali ke produk surat zaman dulu dalam bentuk fisik. Menurut kabar, Smartbox yang berbentuk kotak surat ini merupakan sebuah perangkat yang sangat canggih. Kecanggihan ini terlihat dari kemampuan Smartbox untuk mengirimkan pesan langung kepada pengguna saat ada surat fisik yang masuk. Kecanggihan lain dari produk lelucon ini adalah kemampuannya membedakan dan memilah antara surat yang penting dan surat yang hanya merupakan spam belaka.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud