Inilah 5 Jurus Jitu Jadi Pengusaha Meski Dengan Minim Modal

bisnis modal kecil

Image dari Ptpower.com

Menjalankan sebuah bisnis memang menjadi banyak impian banyak orang dewasa ini. Dengan beberapa tawaran keuntungan yang ada memang kemudian banyak orang tertarik menekuni profesi sebagai entrepreneur ini. Dari sekian banyak orang yang coba melangkahkan kakinya ke bidang wirausaha ini, beberapa di antaranya memutuskan untuk tidak melanjutkan karena tidak adanya dana atau modal.

Modal memang selalu menjadi batu penyandung beberapa pengusaha untuk bisa menggeluti bisnis impiannya. Meski sebenarnya faktor modal ini harus sudah dipahami oleh siapapun yang ingin menjadi pengusaha, namun memang harus diakui tidak semua orang mampu memenuhinya dengan baik.

Maka bila keadaan nihil atau keterbatasan modal ini terjadi menimpa calon pengusaha, sebenarnya niat dan langkah ada harus tetap dipertahankan. Sebab dengan sedikit trik dan jurus tertentu maka sesungguhnya faktor keterbatasan dana ini bisa diatasi. Lalu seperti apakah trik dan jurus untuk tetap bisa melangkah menjadi seorang pengusaha meski tanpa adanya modal ini? Berikut ulasannya.

1. Ciptakan Produk dengan Kreativitas

Jurus pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pengusaha meski nihil atau minim modal adalah dengan menciptakan produk melalui kreativitas. Meski tidak menjamin Anda tidak akan mengeluarkan modal, namun dengan kreativitas setidaknya Anda akan mampu menciptakan hal atau produk baru yang membutuhkan dana minim.

Keuntungan lain selain hanya membutuhkan dana minim, dengan produk hasil kreativitas, Anda akan lebih untung karena banyak biaya yang bisa dieliminasi. Jika Anda mampu membuat produk dari hasil kreativitas ini maka usahakan untuk segera mendaftarkan produk tersebut ke pihak yang memiliki wewenang membuat hal paten untuk produk Anda. Hak paten sendiri dibutuhkan untuk menjaga dan mengapresiasi ide dan hak intelektual dari karya Anda.




Artikel lain: Memulai Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil Rp 5.000 Per Hari, Seriously?

2. Jual Produk Orang Lain

Jika Anda tak punya kemampuan membuat produk sendiri Anda masih tetap bisa menjadi pengusaha meski nihil dan minim modal. Caranya adalah dengan menjual produk orang lain. Dengan menjual produk orang lain maka Anda tak perlu membutuhkan banyak dana bahkan tanpa dana untuk bisa menjadi pengusaha.

Tentunya meski Anda menjual produk orang lain Anda akan tetap bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi dari setiap produk yang terjual. Namun untuk bisa menjual produk orang lain ini Anda perlu menjalin kerjasama terlebih dahulu dengan pengusaha yang membutuhkan pemasaran yang lebih luas.

3. Cari Investor yang Bisa Membantu Anda

Jika Anda tak punya uang atau dana sama sekali dan Anda tetap sangat ingin menjadi pengusaha, maka Anda bisa mencari pemodal atau investor yang bisa mendanai usaha Anda. Nah dengan mendapatkan Investor maka Anda akan mampu mendapatkan dana atau modal yang Anda butuhkan. Namun untuk mencari investor ini Anda harus berjuang dan bekerja keras untuk membangun kepercayaan pada investor.

Ya, hanya dengan kepercayaanlah investor mau membiayai merealisasikan impian Anda menjadi pengusaha. Selain membangun kepercayaan, kemampuan komunikasi dan negosiasi juga sangat penting untuk bisa membujuk para investor mau mendanai usaha Anda.




4. Pertemukan Dua Pihak yang Saling Membutuhkan

Pilihan selanjutnya agar usaha Anda bisa berjalan meski tanpa atau minim modal adalah dengan mempertemukan dua pihak yang saling membutuhkan antara penjual dan pembeli. Dalam istilah lain disini Anda memposisikan diri sebagai perantara atau makelar. Dengan hal ini Anda akan mampu mendapatkan uang dan menjadi pengusaha seperti apa yang Anda inginkan meski nihil atau minim modal.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

5. Meminjam Uang ke Bank

Terakhir, jurus untuk menjadi pebisnis hebat meski nihil atau minim modal adalah dengan meminjam uang ke bank. Ya, ini adalah solusi akhir jika Anda tetap bersikukuh ingin menjadi pengusaha. Meski demikian untuk bisa mendapatkan dana segar dari bank untuk berbisnis, maka Anda perlu melengkapi berbagai persyaratan dan kelengkapan dokumen yang ditentukan. Mendapatkan dana dari bank memang tidak semudah yang dibayangkan.

Selain persyaratan yang banyak, proses untuk peminjaman ini bisa dibilang cukup rumit. Dari sini maka Anda harus bisa bersabar untuk waktu yang cukup lama dan proses yang panjang untuk mendapatkan dana dari bank. Tapi seiring banyaknya program bank untuk #UMKM maka hal ini akan menjadi peluang besar untuk mewujudkan impian menjadi pengusaha.



1 comment on this postSubmit yours
  1. meminjam sejumlah uang ke bank merupakan pilihan yang paling banyak di pilih oleh orang yang ingin membuka sebah usaha, namun memiliki modal yang minim. :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud