Inilah 5 Hal yang Menjadikan Game Pokemon Go di Indonesia Begitu Fenomenal

game Pokemon Go

Image dari Duniaku.net

Meski tak mendapatkan bagian awal dalam peluncuran game Pokemon Go, tapi masyarakat Indonesia menjadikan game ini sebagai terpopuler dan terfavorit. Tentu saja hal ini adalah fenomena yang cukup mengesankan. Dimana saat belum ada versi resmi yang beredar dari pengembang namun permainan ini sudah sangat massif dimainkan.

Akibatnya, pihak pengembang #game Pokemon dalam hal ini Niantic Labs tak bisa membendung hasrat besar dari para penggemar Pokemon Go di Indonesia yang kemudian meluncurkan versi resminya pada hari Sabtu, tanggal 6 Agustus 2016 kemarin. Dari sini kemudian muncul pertanyaan mengapa game kreasi John Hanke ini begitu fenomenal di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Efek Nostalgia

Hal pertama yang menjadikan game #Pokemon Go ini begitu fenomenal di Indonesia adalah karena adanya kegiatan nostalgia di dalamnya. Pokemon memang merupakan serial televisi dari masa lalu yang begitu disukai anak-anak di era tahun 1990-an. Nah ketika kemudian Pokemon ini hadir kembali saat ini dalam bentuk sebuah permainan yang begitu menyenangkan, maka para penggemar Pokemon yang merupakan generasi 90-an ini langsung menyambutnya dengan suka cita.

Menurut CEO Touchten, Anton Suharyo kepopuleran dan fenomenalnya game Pokemon di Indonesia ini selain  disebabkan karena adanya keinginan nostalgia juga dikarenakan oleh banyaknya orang yang ingin merasakan pengalaman bermain Pokemon Go yang sebelumnya hanya bisa mereka liat di tayangan televisi saja.

Artikel lain: Game Pokemon Go Capai Kesuksesan, Ini 4 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil

2. Penantian panjang

Berikutnya hal yang menjadikan game Pokemon Go ini begitu fenomenal di Indonesia adalah karena adanya penantian panjang yang tentunya sangat ditunggu-tunggu. Ya, saat ini dengan kecanggihan teknologi pada #smartphone maka membuat game Pokemon yang berbasis augmented reality bisa tercipta.

Tapi tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan penciptanya, John Hanke untuk mendesain game ini? tidak kurang  dari 20 tahun proses proses pembuatan dan pengembangan game Pokemon Go ini. Dari sinilah maka game Pokemon Go yang sangat menarik terutama bagi orang Indonesia yang juga selalu tertinggal dalam hal teknologi langsung mendapat tempat di hati para penggemarnya setelah penantian panjang.

3. Tak Perlu Spesifikasi Tinggi

Kebanyakan orang Indonesia memang masih banyak yang memiliki smartphone dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Namun untungnya game Pokemon Go ini tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi.

Nah dari sinilah penyebab game Pokemon Go di Indonesia jadi sangat fenomenal dan banyak yang menggemarinya. Untuk bermain Pokemon Go sendiri di perangkat Android Anda hanya perlu menyediakan spesifikasi OS Android versi 4.4, resolusi yang disarankan 720 x 1280 piksel, koneksi internet kuat (Wi-Fi, 3G, 4G) serta fitur GPS dan layanan lokasi.

Bahkan di beberapa forum menyatakan bahwa game ini bisa dimainkan di Android dengan prosesor quad core 1Ghz dan RAM 1GB. Ddan bahkan tanpa adanya kamera dan giroskop pun game ini masih dimainkan dengan konsekuensi tidak dapat menikmati fitur augmented reality.




4. Gameplay Menarik dan Menantang

Selanjutnya hal yang menjadikan game Pokemon Go ini begitu fenomenal di Indonesia adalah karena game ini yang sangat menarik dan menantang. Hal ini disebabkan pemain diharuskan bergerak dan berjalan serta berkeliling ke luar rumah untuk bisa mendapatkan banyak Pokemon. Pada akhirnya dari sini orang Indonesia yang suka bermain di luar rumah merasa sangat mendapatkan game yang cocok dengan dirinya yang mengharuskan mereka menjelajahi berbagai tempat.

Baca juga: Mulai Jenuh Main Pokemon Go? Jangan Kuatir John Hanke dan Niantic Labs Sudah Siapkan Solusinya

5. Efek Viral dan Ikut-ikutan

Terakhir, hal yang menjadikan game Pokemon Go ini begitu fenomenal di Indonesia adalah karena adanya efek viral dan ikut-ikutan dari orang-orangnya. Ya, sudah bukan hal yang aneh bila di Indonesia sesuatu yang dibicarakan beberapa kali di media sosial akan menjadi viral (meluas) di berbagai forum dan media online lain. Dari hal viral inilah maka kemudian orang-orang indonesia jadi penasaran untuk mencobanya.

Walhasil dari orang yang sebenarnya awalnya tidak tertarik kemudian jadi ingin mencoba dan akhirnya jadi pemain game Pokemon Go. Inilah efek dari ikut-ikutan yang memang biasanya muncul pada orang Indonesia pada sesuatu yang viral hingga menjadikan game Pokemon Go jadi populer dan fenomenal.



1 comment on this postSubmit yours
  1. waduh, lama juga ya, 20 tahun proses pembuatan dan pengembangan game Pokemon GO nya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud