Inilah 5 Faktor Pendukung Kesuksesan Developer Lokal di Indonesia

Image dari Tempo.co

Image dari Tempo.co

Dunia #teknologi yang semakin bertumbuh saat ini memang telah menciptakan peluang besar dan potensial. Dari sini maka akan banyak orang yang akan tertarik untuk terjun ke dalamnya. Tak berlebihan jika kemudian banyak anak bangsa yang tak mau ketinggalan untuk ikut mencoba menekuninya. Dengan kreativitas yang dimilikinya, mereka mengakutuaisasikan dirinya sebagai developer lokal, mulai produk aplikasi hingga software program.

Pada awal-awal kemunculannya, para developer lokal ini disangsikan akan bisa bersaing dengan developer asing. Apalagi saat itu perkembangan teknologi dan komunikasi di tanah air yang sangat jauh tertinggal dari negara lain.

Hal ini membuat banyak pengamat merasa pesimis dengan industri digital di tanah air. Namun seiring dengan pertumbuhan dan pesatnya teknologi yang datang, pasar digital Indonesia pun menjadi aktif dan bergirah lagi.

Artikel lain: 8 Startup Developer Game Smartphone Tersukses Di Indonesia

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar kebangkitan para developer lokal untuk meyakinkan bahwa mereka bisa mencapai kesuksesan. Selain dengan adanya pertumbuhan di bidang teknologi dan komunikasi, beberapa faktor dukungan lain juga semakin menguatkan mereka para developer Indonesia untuk bisa meraih kejayaan. Lalu apa saja faktor pendukung developer lokal tersebut? Berikut ulasannya.

1. Demografi 

Indonesia yang memiliki jumlah penduduk besar dan diiringi pertumbuhan pengguna #internet yang tinggi menjadi faktor pendukung suksesnya developer lokal. Sebuah data dari agensi marketing We Are Social bisa menjadi rujukan yang menyatakan bahwa pada awal tahun 2015 Indonesia memiliki 28 persen pengguna aktif internet dari total populasinya atau sekitar 72,7 juta.

Angka ini tentu saja sangat fantastis mengingat pertumbuhannya juga ikut mendorong pertumbuhan pengguna #smartphone yang akan menjadi faktor penting dalam dunia teknologi.

2. Perkembangan Industri Digital

Seperti disinggung sedikit diatas, perkembangan industri digital memang sangat pesat. Di Indonesia sendiri pertumbuhannya sangat signifikan. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) tercatat bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta. Dari data ini tentu saja menggambarkan bahwa pertumbuhan industri #bisnis digital di Tanah Air memiliki prospek yang sangat baik.

Namun yang perlu dipahami bahwa seiring pertumbuhan industri digital yang sangat pesat ini pasti akan muncul tantangan dan rintangan. Tapi yang jelas, tren digital yang berkembang pesat ini akan menjadikan faktor pendukung cerahnya masa depan bisnis digital seperti #startup dan e-commerce.

3. Sambutan pasar

Industi atau bisnis tanpa adanya pasar tentu sebuah keniscayaan. Maka dari itu berkembangnya industi digital tanah air ini dikatakan memiliki potensi masa depan yang cerah karena telah didukung oleh pasar yang menyambutnya dengan baik. Buktinya saat ini telah banyak #aplikasi yang digunakan masyarakat, khususnya kaum urban untuk memudahkan rutinitasnya.




Berkat kemajuan teknologi, hampir semua sudut kehidupan manusia seperti urusan belanja, kuliner, layanan transportasi hingga kebutuhan liburan juga tak luput dari penggunaan aplikasi. Maka, inilah kesempatan baik bagi developer lokal untuk mencari peruntungan dan kesuksesan di ranah teknologi.

4. Dibidik Asing 

Faktor pendukung lain yang bisa mendukung kesuksesan para developer lokal adalah industri digital Indonesia yang banyak dilirik oleh pihak asing. Saat ini perusahaan digital asing memang tak lagi bisa memandang remeh pasar digital Indonesia. Mereka telah menyaksikan sendiri bagaimana pertumbuhan teknologi yang ada di Indonesia.

Maka dari itu mereka kemudian berlomba-lomba untuk menanamkan modalnya dalam berbagai bentuk investasi. Situasi Indonesia yang menjadi salah satu pasar ponsel terbesar di dunia, termasuk pertumbuhan pengguna, serta pembangunan infrastruktur internet yang menjanjikan ini, membuat para pelaku developer lokal optimistis menggeluti bisnis digital di tanah air.

Baca juga: Panduan Proses Pembuatan dan Peluncuran Aplikasi Mobile yang Efektif 

5. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi memang menjadi modal utama di era teknologi dan komunikasi saat ini. Setiap insan yang hidup di zaman ini mau tak mau harus kreatif dan inovatif. Hanya dengan kreativitas dan inovasi inilah sebuah usaha dan industri bisa bertahan dan terus berjalan.

Di Indonesia sendiri pembuktian terkait kreativitas dan inovasi ini telah banyak dibuktikan oleh para pelaku di dunia digital. Beragam aplikasi, startup dan #e-commerce yang bermunculan menjadi saksi tak terbantahkan untuk menunjukkan betapa Indonesia telah siap menyambut era digital yang penuh tantangan dan rintangan ini.

Kini pertanyaannya, siapkah kita ikut berkembang sejalan dengan besarnya potensi tersebut?



1 comment on this postSubmit yours
  1. Developer Indo memang masih menjanjikan, AYo kita juga janga ketinggalan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud