Inilah 5 Ciri Blog Anda Disukai Oleh Visitor, Sudah Tau Belum?

blog yang disukai pengunjung

Image dari Students4bestevidence.net

Sebagai #blogger tentu saja kita mengharapkan blog yang yang kita miliki bisa disukai dan disenangi banyak orang. Mengapa? Tentu saja ketika blog kita disukai dan disenangi banyak orang maka apa yang kita akan rencanakan pada blog kita seperti popularitas atau monetisasi blog akan semakin berpeluang untuk terwujud. Tapi bagaimana kita bisa mengetahui bahwa blog kita disukai atau tidak oleh netizen? Berikut adalah tanda-tanda atau ciri bahwa blog yang kita miliki disukai oleh banyak orang.

1. Return Visitor

Ciri atau tanda pertama bahwa blog Anda disukai banyak orang adalah adanya return visitor. Apa itu return visitor? Return visitor adalah visitor atau pengunjung blog yang melakukan kunjungan kembali ke suatu blog. Ini artinya setelah seseorang datang untuk pertama kali, ia kemudian tertarik untuk datang untuk kedua kalinya dan seterusnya.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui visitor datang lebih dari satu kali (return visitor)? Caranya Anda cukup menginstall Google Analytics pada blog Anda. dari Google Analytics ini kemudian Anda perlu melihat indikasi return visitor ini di bagian audience overview.



Artikel lain: Ingin Tetap Eksis di Tengah Persaingan Blog? Terapkan 4 Tips Berikut Ini

2. Bounce Rate dan Avg. Session Duration

Berikutnya, ciri dan tanda bahwa blog Anda disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya bounce rate dan avg. session duration. Apa itu bounce rate dan avg. session duration?

  • Bounce rate sendiri adalah persentase banyaknya visitor yang hanya mengunjungi 1 halaman atau pages dari situs Anda dan setelah itu pergi meninggalkan blog Anda.
  • Sedangkan Avg. session duration merupakan lamanya waktu yang dihabiskan oleh visitor dalam 1 sesi kunjungan (dimana umumnya 1 sesi dihitung per 30 menit).

Dari sini diperoleh kesimpulan bahwa semakin rendah bounce rate suatu blog maka semakin baik pula nilai blog Anda, dan sebaliknya, Sedangkan untuk avg. Session duration sendiri adalah berlaku ketentuan bahwa semakin lama waktu dari avg. session duration blog Anda maka artinya blog Anda bernilai baik, karena itu pertanda bahwa blog banyak disukai visitor yang banyak menghabiskan waktu untuk mengulik isi blog tersebut.

3. Komentar

Selanjutnya, ciri dan tanda bahwa sebuah blog disukai dan disenangi banyak orang yaitu banyak komentar yang muncul. Ya, komentar memang akan selalu menjadi ukuran atau standar bahwa visitor telah membaca dengan tuntas dan merespon isi blog. Nah dari sini berlaku ketentuan bahwa semakin banyak orang yang berkomentar di blog Anda maka itu artinya semakin mencerminkan bahwa blog tersebut disukai dan disenangi visitor.

Tapi khusus untuk komponen yang satu ini Anda perlu memperhatikan bahwa komentar yang dihitung sebagai pertanda disukainya suatu blog adalah komentar yang benar-benar sebuah komentar atas isi artikel blog, bukanlah komentar yang berupa promosi atau spam lainnya atau juga komentar berupa link blog yang hanya ingin sekedar meninggalkan backlink untuk blognya sendiri.

4. Share atau Back link

Hal yang juga mencerminkan bahwa blog Anda disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya back link blog Anda yang dilakukan orang lain yang mungkin tidak Anda kenali. Tidak hanya sekedar back link, adanya sharing artikel atau tulisan yang Anda tulis oleh visitor Anda juga menunjukkan bahwa blog Anda disukai dan disenangi orang. Satu hal lagi jika ada visitor yang kemudian merekomendasikan blog Anda maka itu juga sebuah tanda bahwa blog Anda disukai dan disenangi netizen.

Baca juga: Ini Lho Susahnya Ngeblog, Masih Minat Jadi Blogger?

5. Subscriber atau Followers

Terakhir, ciri dan tanda bahwa blog disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya jumlah subscriber atau followers yang banyak. Apa itu subscriber? Subscriber adalah orang-orang yang mendaftarkan email mereka untuk berlangganan dan mengikuti blog Anda. Subscriber ini bisa dibilang semacam follower atau pengikut dalam media sosial, namun di blog istilahnya adalah subscriber. Subscriber juga bisa diibaratkan sebagai pelanggan artikel-artikel blog Anda.

Nah maka dari itu subscriber ini adalah hal yang penting untuk siapapun yang ingin blognya populer atau menghasilkan pendapatan. Maka dari itu cobalah membuat konten-konten yang orisinil dan bermanfaat bagi banyak orang agar kemudian banyak visitor yang mendaftarkan emailnya sebagai tanda ia menjadi subscriber.





52 total comments on this postSubmit yours
  1. untuk poin nomer 3 tidak saya lakukan di blog saya , saya menyembunyikan fitur komentar untuk menghindari komentar – komentar yang merugikan karena itulah saya tidak menampilkan fitur komentar pada blog saya

  2. Salah satu blog kesukaan saya adalah erickimphotography.com. Dalam salah satu blognya, Eric yang fokus pada niche street photography mengaku salah satu hal yang membuat blognya dikenal orang dan muncul di halaman terdepan untuk kata kunci ‘street photography’ di Google adalah karena ketekunannya menerbitkan tulisan setiap senin, rabu, dan jumat. Tanpa mengiklankan diri, ia mulai menonjol setelah dua tahun. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Carol Tice yang mengasuh blog makealivingwriting. Menurut dia, dengan konten baru yang terbit setiap minggunya, butuh waktu sekitar dua tahun agar blog bisa dikenal, dengan catatan tanpa mengiklankan blog tersebut.

  3. memang sangat sulit sekali membuat blog yang populer seperti yang sudah agan jelaskan di atas, namun bagi saya artikel yg original sudah cukup untuk menarik perhatian visitor dengan artkel yg menarik, meskipun tidak ramai-ramai amat .hehe

  4. Ya kayak Blog, eh Website Maxmanroe ini, 5 poin diatas udah banyak disukai orang – orang! Mantap sekali, jadi iri.

  5. waaaaah.. masih jauh dari harapan.. tapi manfaat banget ilmunya .. suwun

  6. wah .. sepertinya blog saya jauh dari ciri – ciri diatas

  7. baru tahu istilah no 1 dan 2.. berarti memang kualitas artikel tidak boleh sembarangan

  8. Wah, saya harus meningkatkan kualitas blog lagi dong

  9. Sangat bermanfaat, mkasih

  10. Tulisan anda sangat bagus mas,terimakasih jadi tambah ilmu krn
    Sya bru belajar ngeblog nih mas

  11. menurut saya blog yang disukai visitor adalah bahwa pembaca akan berlama-lama di web tersebut, balik lagi suatu hari/jadi bacaan rutin/tunggu update, suka berkomentar (seperti saya tentunya)

  12. wahhh kalau blog saya masih banyak tuh bounce-nya. mungkin harus giat lagi kali yah ngeblognya.

  13. Lumayan, dapat kisaran 20% return visitor dari total harian

  14. Salah satu yang membuat saya semangat dalam mengeblog adalah banyak yang berkomentar dan membagikannya ke media sosial. Maka dari itu, saya juga harus giat dalam menyajikan konten yang berkualitas dan berbobot bagi mereka, tentunya agar mereka juga senang dan merasa diperhatikan. Karena konten dan visitor adalah nomor satu. Salam sukses

  15. Share nya om Maxmanroe emg gurih2 enyoyy terus :D

    Tinggal dipraktekin, cm ane masih belum bisa design blog biar terlihat menarik and ringan/fast reload nih.

    btw, thanks Om :)

  16. Apalah daya bounce rate blog gue masih tinggi :D

  17. Salam sejahtera mas Max, bagaimana pendapat anda dengan blog yang memiliki tema lebih dari satu, apakah dari segi pendapatan bagus, mengingat dengan seiring perkembangan jaman menurut saya kemungkinan iklan yang keluar akan relevan dengan artikel yang saat itu di bahas. Ngomong-ngomong blog mas Max ini termasuk lebih dari satu tema bukan ? jika iya, mungkin bisa sharing apa kelebihan dan kekurangan mengelola website lebih dari satu topik, Terima Kasih :)

    • Halo pak Abdul. Blog ini memang membahas lebih dari 1 tema, tapi core nya masih tetap di seputar bisnis/ usaha. Kelebihannya adalah kita bisa mengembangkan konten lebih luas dan berpeluang mendapatkan trafik lebih banyak, tapi tentunya ini tantangan tersendiri ya karena belum tentu semua penulis menguasai tema. Kekurangannya, membuat konten jadi kurang fokus sehingga banyak konten yang isinya kurang lengkap. Untuk optimasinya menurut saya kurang lebih sama dengan blog yang niche nya fokus pada 1 tema saja.

  18. Saya uda coba terapkan untuk share media sosial dan backlink bang. Tapi sperti nya belum sebanyak pengunjung blog abg nih blog saya. Tapi tetap mau belajar kok bang, makasih artikelnya bang. salam blogger

  19. berarti punya saya belum disukai oleh visitor :D duh kudu sabar

  20. kalau saya pribadi belum bisa ngeblog dengan baik maklum pemula,,tapi saya terus belajar kok,,,hehe

  21. wah saya masih punya blog baru mas, masih cari cari pengunjung….

    …baru 1 hari.

    mudah-mudahan bisa seperti 5 ciri diatas kedepannya, doain ya mas.

  22. Mas, saya tertarik dengan pembahasan kali ini. Sebelumnya saya melihat kepopuleran blog hanya dari DA dan PAnya saja, tanpa melihat faktor humannya. Ijin rewrite ya mas, sekaligus sebagai bahan refrensi saya.

  23. mas, saya mau sebuah artikel yang sudah di publish di blog orang saya ikutan publish juga di blog sya. soalnya bagus isinya. bagaimana? boleh ng ya.?
    kalau saya tetap ngotot gy mana ya caranya?

    kalau saya daur ulang, takutnya malah hilang esensi tulisannya.

    tolong pncrahan.

    • Ditulis ulang saja mas, kalau artikelnya copy paste pasti jadi duplikat konten dan akhirnya blog mu akan bermasalah di Google.

      • artikel copy paste dan artikel meniru namun di ketik ulang itu beda dampak ya mas ?

    • di rewrite aja mbak. dibuat dengan gaya bahasa sendiri.

  24. Mas, bukannya kalau banyak return visitor jadi bahaya.?
    ada batasan ng berapa persen dari return visitor yang menandakan bukan bot?
    terima kasih atas jawabnnya mas

    • Banyak return visitor justru bagus mas Astronot. Itu artinya blog kamu punya banyak penggemar yang balik lagi ke blog mu tanpa harus buka Google.

  25. saya sangat kagum sama artikel yang ada di blog ini, semuanya berkualitas dan bikin saya pengen baca terus. O iya mas, teknik seo kan selalu berkembang dari waktu ke waktu, saya pengen tahu teknik seo yang masih ampuh sampe saat ini apa ya mas ?. kalau bisa bikin artikel yang membahas itu dong mas…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud