Inilah 5 Alasan Para Pengusaha Sukses Selalu Menggunakan Pakaian yang Sama

Inilah 5 Alasan Para Pengusaha Sukses Selalu Menggunakan Pakaian yang Sama

penampilan pengusaha sukses
Image dari News.com.au

Kita mungkin masih ingat beberapa waktu yang lalu saat Presiden Joko Widodo mendatangi markas Facebook. Ketika itu Presiden Joko Widodo yang berpakaian batik disambut oleh Mark Zuckerberg sebagai CEO #Facebook dengan pakaian kaos dan celana jeans. Gaya berpakaian Mark memang kita ketahui dari dulu seperti itu-itu saja. Selain itu ada juga pengusaha sukses lain yang juga memiliki kebiasaan yang sama seperti Mark Zuckerberg dengan gaya berpakaian yang itu-itu saja.

Pengusaha sukses yang juga meniru gaya yang sama dengan Mark tersebut adalah Steve Jobs yang merupakan mantan CEO #Apple. Berbeda dengan Mark yang selalu mengenakan kaos warna abu-abu, Steve selalu terlihat tampil dengan baju turtleneck warna hitam juga dipadukan dengan celana jeans. Selain Mark dan Steve ada juga perancang busana di Chanel & Fendi Karl Lagerfeld selalu tampil dengan setelan hitam ke mana-mana.

Artikel lain: Aaron Levie – Sang Founder Box, Drop Out Kuliah Hingga Sukses Menjadi Triliuner Di Usia 30 Tahun

Melihat fenomena ini tentu saja agak aneh, sebab dengan kekayaan yang mereka miliki seharusnya mereka bisa saja membeli segala jenis dan merek baju yang diinginkan untuk dikenakan. Tapi ternyata mereka lebih memilih gaya berpakaian yang sama di sepanjang waktu. Tentu saja hal ini dilakukan para pengusaha tadi bukan tanpa alasan. Lalu apa saja alasan para pengusaha sukses ini mengenakan pakaian yang sama ini terus-menerus? Berikut ulasannya.

1. Memudahkan dalam Memilih Pakaian

Alasan pertama para pengusaha sukses ini mengenakan pakaian yang sama adalah untuk memudahkan dalam memilih waktu. Pebisnis yang sukses memang tidak ingin direpotkan dengan masalah pemilihan baju di setiap harinya. Mereka menganggap memilih baju yang tepat dikenakan pada hari itu membuat waktunya terbuang sia-sia.

Maka dari pada memikirkan dan merepotkan diri untuk memilih baju yang akan dikenakan, mereka para pengusaha sukses ini akan lebih nyaman dengan pakaian yang sama seperti hari-hari sebelumnya. Selain tidak mau ribet dana memudahkan memilih pakaian, dengan pakaian yang sama para pengusaha sukses ini secara tidak langsung akan menciptakan trademark dan identitas khas mereka.

2. Mengurangi Stres

Jangan anggap sepele dampak orang memilih baju di pagi hari. Jika Anda orang yang terlalu perfeksionis terhadap penampilan, maka bisa jadi pemilihan baju di pagi hari bisa membuat Anda mengalami stres. Stres ini memang sangat mungkin terjadi terutama di pagi hari pada orang-orang yang selalu ingin tampil memukau di tempat umum.

Pasalnya, di pagi hari dengan waktu yang sedikit untuk persiapan pergi ke kantor membuat sebagian orang akan mengalami stres karena ia harus menyesuaikan diri dengan memilih baju yang tepat dan menarik. Namun hal ini akan mampu diatasi jika kita memiliki ‘seragam’ tersendiri. Sebab kita tak akan memiliki beban masalah dan pikiran lagi saat kita mau mengenakan pakaian.

3. Mengurangi Konsumsi Energi

Memilih pakaian bukan saja akan membuat kita stres namun hal ini akan membuat kita akan kehilangan banyak energi. Memilih puluhan bahkan ratusan baju yang berbeda di lemari memang bukan perkara yang mudah. Hal ini sendiri membutuhkan energi  yang besar dan tak jarang melelahkan.

Pengusaha-pengusaha sukses sendiri sangat menghindari dirinya dari hal-hal yang tidak menguntungkan serta mengurangi energi. Maka dari pada mengeluarkan energi yang tidak perlu dalam hal pemilihan pakaian lebih baik mereka menghindarinya dan memilih mengenakan pakaian yang sama.

4. Lebih Mudah Dicari, Nyaman dan Fleksibel

Dengan mengenakan pakaian dengan jenis yang sama setiap harinya maka saat pagi hari Anda tak akan mengalami kesulitan dalam menemukan dan mendapatkan baju itu. Selain lebih mudah dicari, Anda juga akan lebih fleksibel dan nyaman dalam mengenakannya.

Sebab dengan jenis pakaian yang sama pengusaha sukses akan mampu menyesuaikan diri pada momen apapun termasuk pada kasus kedatangan presiden sekalipun. Apalagi bila pakaian yang dikenakannya berupa kaos seperti yang dikenakan Mark Zuckerberg, ini tentu akan membuat nyaman penggunanya. Dengan rasa nyaman tentu saja produktivitas akan bertambah.

Baca juga: Nicholas Woodman ~ Kisah Sukses Founder Brand Kamera Fenomenal GoPro

5. Menciptakan Identitas yang Ikonik

Terakhir, alasan pengusaha sukses mengenakan pakaian yang sama adalah untuk menciptakan identitas khas yang ikonik. Karakter dan sifat seseorang memang akan dikenal pada pakaian yang dikenakan. Jadi semakin sering seseorang mengenakan sebuah pakaian tertentu maka ia akan dikenal identitas khasnya yang mewakili pakaian tersebut. Inilah yang juga menjadi alasan para pengusaha sukses mengenakan pakaian yang sama.

3 KOMENTAR

  1. Saya juga hampir setiap keluar memakai jeket, kancing depan dibuka dan lengan di gulung, berarti saya juga calon orang sukses…. :D
    Amin….

    • Amin mas, semoga sukses ya. Tapi jangan lupa bajunya dicuci juga, jangan dipake terus-terusan wkwkwk

  2. berarti saya termasuk orang-orang yang akan sukses seperti mereka-mereka… :)

Tinggalkan Balasan