Inilah 5 Alasan Facebook-an di Kantor Akan Menjadi Hal yang Buruk untuk Para Pekerja

dampak buruk Facebook

Image dari LinkedIn.com

Bermain #Facebook memang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Bagaimana tidak dengan segala fitur yang ditampilkan kita bisa terhubung dengan teman-teman kita dengan berbagai interaksi yang seru. Dengan kesenangan dan keseruan bermain Facebook ini tak jarang kita terbawa keasyikan ini hingga ke kantor. Padahal kantor yang notabene berfungsi sebagai tempat bekerja ini seharusnya menjadi tempat yang membuat kita harus fokus pada pekerjaan.

Maka saat Facebook telah mampu menghantui dan mempengaruhi kita di sela-sela aktivitas kita di kantor maka Anda harus waspada. Kenapa? Sebab dengan penggunaan Facebook di kantor maka sebenarnya Anda akan sedang menyimpan potensi yang merugikan untuk Anda. Lalu apa saja hal buruk dan merugikan seseorang saat dirinya terlalu sering menggunakan Facebook di kantor? Berikut ulasannya.

1. Mengganggu Produktivitas

Alasan buruk pertama yang bisa muncul dari Facebook-an di kantor adalah terganggunya produktivitas. Saat Anda mengalihkan pandangan Anda ke Facebook saat bekerja maka seketika itu juga waktu bekerja Anda akan tersita. Dengan waktu yang tersita maka bisa jadi pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu 3 jam bisa molor hingga 5-6 jam.

Ini sangat mungkin terjadi sebab orang yang asyik bermain Facebook biasanya akan tak sadar bahwa waktunya sudah berkurang banyak. Ia akan baru sadar saat dirinya mendapati pekerjaannya yang masih banyak belum terselesaikan. Saat banyak pekerjaan yang belum terselesaikan dari target maka itu artinya produktivitas kerja Anda sedang terganggu.

Artikel lain: Tutup Akun Facebook Selama 1 Minggu, dan Lihat Perubahan dalam Hidupmu!




2. Menimbulkan Gangguan dan Penurunan Kualitas Diri

Bagi Anda yang sedang serius untuk meningkatkan nilai dan kualitas diri Anda di kantor atau Anda yang sedang serius merintis karir Anda di kantor maka bermain Facebook di waktu kerja akan bisa membuat apa yang Anda target akan meleset. Ya, nilai dan kualitas diri serta karir Anda akan terganggu dengan hal-hal yang Anda kerjakan di Facebook.

Di saat Anda harus mampu membuat bos gembira dengan pekerjaan Anda, dengan gangguan #media sosial Facebook maka bisa jadi orang lainlah yang mendapatkan promosi naik jabatan. Sedangkan Anda sendiri harus gigit jari melihat teman Anda yang memperoleh promosi.

3. Memecah Konsentrasi

Sekuat apapun daya konsentrasi yang dimiliki seorang karyawan dalam bekerja, mereka tidak akan sanggup menahan dirinya saat melihat adanya tanda merah notifikasi atau pesan yang muncul dari akun Facebook-nya.

Ketika Anda sudah merasa tak sanggup untuk ingin melihat notifikasi dan pesan pada akun Facebook Anda maka saat itu juga sebenarnya konsentrasi bekerja Anda terpecah. Anda yang sedang bekerja dan seharusnya menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, fokus dan konsentrasi Anda akan terpecah dan membuat pekerjaan pun jadi terbengkalai.

4. Menurunnya Daya Inovasi dan Kreativitas

Sebuah bisnis atau perusahaan tentu saja sangat mengharapkan karyawannya memiliki daya inovasi dan kreatifitas yang baik. Dengan adanya daya inovasi dan kreatifitas, perusahaan memang akan terbantu dalam menjadikan produk yang selalu dimintai pasar dan konsumen.




Sayangnya daya inovasi dan kreativitas ini akan menurun seiring dengan penggunaan Facebook pada jam kerja. Karena bisa saja terjadi ide-ide kreatif yang sudah muncul seketika lenyap ketika Anda sudah mulai membuka situs Facebook via laptop maupun #smartphone. Apalagi jika kegiatan membuka Facebook ini Anda lakukan terus-menerus maka hal ini akan membuat daya inovasi dan kreativitas perlahan-lahan berkurang dan lenyap meninggalkan Anda.

Baca juga: Ini Tanda Seseorang Menderita Facebook Addiction Disorder, Waspadalah!

5. Merusak Karir Anda

Terakhir, alasan dan dampak buruk Facebook-an di dalam kantor pada saat jam kerja adalah membuat karir Anda hancur berantakan. Mengapa demikian? Sebab jika Anda teralu sering facebook-an di kantor dan kemudian ada pimpinan perusahaan yang mengetahuinya tentu saja bos akan marah. Dan saat bos marah maka bisa jadi Anda akan terkena SP (Surat Peringatan)-1, SP-2 atau mungkin juga langsung dipecat.

Seorang pemimpin perusahaan dimana-mana memang selalu ingin karyawannya produktif bekerja dan tidak melakukan hal yang sia-sia seperti bermain Facebook di kantor. Jadi umumnya bos perusahaan akan tidak suka dan bisa jadi marah pada karyawan yang menggunakan waktu kerja untuk keperluan yang tidak penting ini.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Semua yang berlebihan pasti efeknya negatif,, Facebook sebenarnya klo digunakan seperlunya, tapi klo udah berlebihan pasti ga bagus,,, kalo ga salah, ada tuh perusahaan yang nilai karyawannya dari akun Facebook

  2. Tapi sekarang sepertinya di perkantoran juga sudah mulai menggunakan sosmed lain berbasis mobile

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud